Comscore Tracker

Sering Merasa Insecure di Kantor? Coba Atasi dengan 7 Tips Berikut

Stay positive, ya! 

Munculnya perasaan insecure atau rasa 'tidak aman' merupakan hal yang wajar terjadi pada siapa pun dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam dunia kerja. Ketika kamu berada di antara rekan pekerja keras di lingkungan kerja yang serba cepat, kamu mungkin akan lebih mudah untuk merasa insecure dan semuanya akan terasa seperti kompetisi.

Kalau kamu membiarkannya begitu saja, kamu akan menjadi stres dan bahkan menjadi pribadi yang mudah ragu dalam melakukan sesuatu. Ujung-ujungnya, produktivitas kerjamu pun bisa menurun. Berikut ini lima tips yang bisa kamu lakukan saat memiliki perasaan insecure di kantor.

1. Mencari tahu kelebihan diri sendiri

Sering Merasa Insecure di Kantor? Coba Atasi dengan 7 Tips BerikutPixabay.com/RobinHiggins

Saat sedang merasa insecure, coba ingat-ingat kembali kelebihanmu atau prestasi yang pernah kamu capai. Sekecil apa pun itu, tentunya kamu pernah punya kelebihan atau prestasi dong?

Kamu juga perlu mengingat lagi keberhasilanmu meraih ini semua. Merenungkan hal-hal yang paling kamu banggakan bisa membantu kamu untuk melupakan berbagai pikiran negatif.

2. Beri penghargaan untuk diri sendiri

Sering Merasa Insecure di Kantor? Coba Atasi dengan 7 Tips BerikutUnsplash.com/Bart LaRue

Tips ini sebenarnya masih berkaitan dengan poin pertama. Ketika kamu berhasil mendapatkan prestasi atau sukses mengejar target tertentu, gak ada salahnya untuk memberi penghargaan kepada diri sendiri.

Meski mungkin pencapaian kamu gak seberapa besar, tetap lakukan self reward karena ini bisa meningkatkan rasa percaya diri. Kapan pun rasa insecure datang menghampirimu, kamu bisa mengingat kembali momen self reward tersebut agar kembali percaya diri.

3. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Sering Merasa Insecure di Kantor? Coba Atasi dengan 7 Tips BerikutUnsplash.com/JESHOOTS.com

Penyebab insecure adalah takut melakukan kesalahan. Trauma pada kesalahan di masa lalu mungkin membuat kamu gak berhenti menyalahkan diri sendiri dan membuat kamu cemas terhadap kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Tapi yang perlu kamu ingat, menyalahkan diri sendiri gak akan membawa perubahan pada peristiwa yang sudah terjadi. Cobalah menulis berbagai pikiran negatif dan ketakutanmu, kemudian fokuskan pada solusi yang bisa dilakukan supaya kamu gak mengulangi kesalahan yang sama.

Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi Insecure, Coba Terapkan pada Diri Sendiri

4. Stop membandingkan dirimu dengan rekan kerja

Sering Merasa Insecure di Kantor? Coba Atasi dengan 7 Tips BerikutPixabay.com/RobinHiggins

Mulai detik ini, jangan pernah lagi membandingkan diri sendiri dengan rekan kerja lain. Membandingkan kekurangan diri sendiri dengan kelebihan orang lain hanya akan membuat kamu merasa semakin insecure. Setiap orang pasti punya kelebihannya masing-masing, bukan?

Sebaliknya, tetaplah fokus pada tujuan dan pekerjaanmu saat ini. Jangan lupa mengapresiasi kemajuan yang sudah pernah kamu capai, misalnya dengan mengukur posisimu saat ini dibandingkan sebulan atau setahun yang lalu.

5. Tingkatkan skill

Sering Merasa Insecure di Kantor? Coba Atasi dengan 7 Tips BerikutUnsplash.com/Brooke Cagle

Hal lain yang bisa jadi penyebab timbulnya perasaan insecure di kantor adalah keterbatasan skill yang dimiliki. Nah daripada terus menerus insecure, kenapa kamu gak mencoba belajar berbagai skill baru?

Temukan skill yang menarik minat kamu, lalu mulai pelajari. Kamu bisa mempelajari skill tersebut secara mandiri, ikut les, atau meminta bantuan teman yang ahli di bidang tersebut untuk mengajarimu. Asal kamu mau berusaha, skill tersebut akan berkembang seiring berjalannya waktu.

6. Mencari mentor

Sering Merasa Insecure di Kantor? Coba Atasi dengan 7 Tips BerikutUnsplash.com/Mimi Thian

Saat rasa insecure melanda, kamu tentu harus melawan perasaan tersebut. Kabar baiknya, kamu gak perlu berjuang sendiri untuk memerangi perasaan insecure.

Temukan seseorang di tempat kerja yang punya keterampilan dan sifat yang ingin kamu tiru. Tanyakan apakah ia bersedia menjadi mentormu. Kalau iya, cobalah untuk menghabiskan lebih banyak waktu bersamanya. Melalui mentor, kamu gak hanya akan belajar melalui pengamatan, kamu juga bisa mendapatkan sumber kekuatan positif.

7. Segera atasi kecemasanmu

Sering Merasa Insecure di Kantor? Coba Atasi dengan 7 Tips BerikutPexels.com/Bradley Hook

Saat tingkat kecemasanmu akibat insecure sudah cukup tinggi, kehidupan kerja dan pribadimu bisa menjadi sangat terganggu. Kamu.bisa mencoba melakukan yoga atau meditasi untuk mengurangi kecemasan tersebut. Namun apabila cara tersebut ternyata gak bisa mengurangi kecemasan yang berlebihan sepanjang waktu, maka kamu bisa mempertimbangkan untuk mencari sesi terapi. Yang terpenting, jangan tunda untuk mengatasi kecemasan tersebut.

Kalau kamu sudah bekerja, kantor adalah tempat di mana kamu menghabiskan hampir sepertiga dari waktumu seharian. Sudah sepantasnya kamu mengatasi rasa insecure atau perasaan gak nyaman lainnya. Karena hal tersebut turut memengaruhi kinerjamu ke depan.

Baca Juga: Karier 5 Zodiak Ini Diprediksi Membaik di Minggu Pertama Juni 2020

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya