Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Melakukan Riset Perusahaan Saat Mencari Kerja

Biar kamu gak menyesal di kemudian hari!

Kamu tentu mendambakan untuk bekerja di tempat yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Usaha yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan riset calon perusahaan yang akan kamu lamar. Riset ini juga bisa kamu lakukan melalui pencarian berita atau press release terkait perusahaan tersebut di berbagai media atau media sosial.

Selain itu, kamu juga bisa mengumpulkan informasi melalui orang yang tahu tentang perusahaan tersebut. Berikut ini lima alasan kenapa kamu harus melakukan riset perusahaan ketika mencari pekerjaan.

1. Membantu menemukan jenis pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasimu

5 Alasan Kamu Harus Melakukan Riset Perusahaan Saat Mencari Kerjapaysa.com

Saat mencari pekerjaan, kamu pasti akan mengeksplorasi perusahaan mana saja yang sedang membuka lowongan kerja dan posisi apa saja yang sedang mereka cari. Dengan melakukan riset, ini akan mempermudah kamu dalam menentukan organisasi yang paling sesuai dengan minat dan kualifikasimu. Sebaliknya, perusahaan pun akan diuntungkan karena kamu sudah menyesuaikan skill dan pengalaman yang relevan dengan kebutuhan perusahaan.

2. Mengidentifikasi tujuan dan visi misi perusahaan serta menyesuaikannya dengan minatmu

5 Alasan Kamu Harus Melakukan Riset Perusahaan Saat Mencari Kerjamedium.com

Kamu tentu punya preferensi atau minat spesifik terhadap jenis perusahaan atau profesi yang akan kamu tekuni. Sebagai contoh, sebagian dari kamu mungkin ingin bekerja di sektor komersial dan sebagian lagi mungkin lebih ingin bekerja di ranah sosial.

Dengan melakukan riset, kamu bisa tahu tujuan serta visi dan misi perusahaan idamanmu, misalnya apakah perusahaan tersebut lebih cenderung bergerak secara komersial atau sosial. Kamu pun bisa mencocokannya dengan hati nuranimu, apakah sudah sejalan dengan visi dan misi personalmu selama ini?

Baca Juga: 5 Jurus Jitu Mencari Kerja ala Samuel Ray, Penulis Buku Lagi Probation

3. Membantu kamu menyelidiki berbagai hal lainnya terkait perusahaan tersebut

5 Alasan Kamu Harus Melakukan Riset Perusahaan Saat Mencari Kerjathebalancecareers.com

Dengan riset, kamu bisa mengulik lebih dalam berbagai hal mengenai perusahaan tersebut. Berbagai informasi yang belum kamu tahu sebelumnya bisa kamu cari, misalnya reputasi dan kondisi kestabilan finansial perusahaan, suasana kerja, peluang kenaikan jenjang karier, benefit yang akan didapatkan, kesejahteraan karyawan, dan masih banyak lagi. 

Dengan begitu, kamu pun bisa memperoleh gambaran mengenai pekerjaanmu di perusahaan tersebut. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena apa yang sebelumnya kamu bayangkan mengenai perusahaan itu terjadi di luar ekspektasimu.

4. Mempermudah proses aplikasi kerja

5 Alasan Kamu Harus Melakukan Riset Perusahaan Saat Mencari Kerjathebronxfreepress.com

Setelah melakukan riset dan sudah merasa yakin untuk bergabung di suatu perusahaan, maka saatnya untuk apply ke perusahaan itu. Dengan melakukan riset sebelumnya, proses melamar ke perusahaan tersebut pun akan lebih mudah.

Setelah kepo berbagai macam hal mengenai suatu perusahaan dan itu membuatmu tertarik, kamu sekarang jadi tahu apa alasanmu untuk bergabung dengan mereka, bukan? Ini tentu akan mempermudah kamu dalam menulis surat lamaran kerja (application letter).

Selain itu, saat dipanggil untuk mengikuti wawancara, kamu pun akan bisa menjawab berbagai pertanyaan wawancara dengan lebih percaya diri dan nyaman. Bukan gak mungkin, pewawancara akan menguji pengetahuanmu seputar perusahaan tersebut. Kalau kamu tahu banyak hal mengenai perusahaan itu, pewawancara tentu akan terkesan denganmu. Ini juga menunjukkan ketertarikan dan keseriusanmu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

5. Kamu bisa mengklarifikasi berbagai hal yang belum jelas dan ingin kamu tahu selama proses wawancara

5 Alasan Kamu Harus Melakukan Riset Perusahaan Saat Mencari Kerjacareers.govt.nz

Setelah melakukan riset calon perusahaan, mungkin ada beberapa informasi yang belum jelas atau bahkan belum berhasil kamu dapatkan. Kalau kamu tertarik untuk apply dan berkesempatan maju ke sesi wawancara, kamu bisa menanyakan berbagai hal tersebut kepada pewawancara untuk mendapatkan kejelasan. Biasanya, pewawancara akan memberikan kamu kesempatan untuk bertanya, bukan?

Nah, ternyata cukup banyak alasan kenapa kamu harus melakukan "riset perusahaan" ketika mencari pekerjaan. Memang, kamu perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan riset semacam ini. Tapi, itu semua tentu worth it dengan berbagai manfaat yang akan kamu rasakan nantinya. Jadi mulai sekarang, biasakan jangan asal melamar perusahaan tanpa melakukan riset mengenai perusahaan tersebut terlebih dahulu ya! Tetap semangat, guys!

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Frustrasi dalam Mencari Kerja dan Cara Mengatasinya

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya