Comscore Tracker

5 Tips Mengejutkan untuk Dapatkan Promosi Pekerjaan, Bisa Dicoba!

Terapkan yuk sekarang!

Promosi pekerjaan yang disertai dengan kenaikkan gaji adalah impian setiap orang. Ketika kamu sudah menunjukkan kinerjamu selama ini di perusahaanmu bekerja, sudah sepantasnya kamu mendapatkan sebuah promosi. Namun, terkadang ada banyak hal yang menghalangimu untuk mendapatkan promosi pekerjaan itu, atau terkadang kamu hanya tidak tahu saja apa yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan promosi.

Bekerja dengan baik adalah syarat utama untuk mendapatkan promosi pekerjaan. Namun, ada berbagai macam hal yang harus kamu perhatikan juga supaya kamu bisa mendapatkan promosi pekerjaanmu lebih cepat dan lebih mudah. Di bawah ini ada 5 tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan promosi pekerjaan di tempatmu bekerja sekarang.

1. Pahami tujuan atasanmu atau perusahaanmu 

5 Tips Mengejutkan untuk Dapatkan Promosi Pekerjaan, Bisa Dicoba!Ilustrasi pemimpin perusahaan (Pexels/fauxels)

Setiap perusahaan memiliki tujuan, biasanya tujuan itu tertuang di visi misi sebuah perusahaan. Meskipun demikian, terkadang mengandalkan visi dan misi perusahaan yang tertulis saja tidaklah cukup. Kamu harus memperhatikan lebih dalam lagi apa tujuan yang benar-benar diinginkan oleh perusahaan. Kamu bisa meluangkan waktu untuk mendiskusikannya dengan rekan kerjamu atau bahkan atasanmu.

Setelah kamu mengetahui apa tujuan perusaahnmu, semuanya akan menjadi lebih mudah. Kamu bisa mulai bekerja dengan informasi baru yang sudah berada di tanganmu. Informasi ini harus kamu manfaatkan dengan sebaik-baiknya agar kamu bisa mendapatkan promosi dengan cepat dan mudah.

2. Peduli 

5 Tips Mengejutkan untuk Dapatkan Promosi Pekerjaan, Bisa Dicoba!Ilustrasi dua orang rekan kerja yang sedang berbincang (Pexels/Anna Shvets)

Kepedulian akan sangat dihargai di lingkungan kerja. Mulailah dengan rasa penasaran tentang apa yang sedang terjadi di perusahaanmu, dan bukan hanya fokus kepada pekerjaanmu saja. Teruslah ketahui informasi terkini tentang perusaahnmu dan cobaah bantu jika ada masalah yang sedang terjadi.

Peduli juga tidak hanya perlu dilakukan terhadap perusahaanmu saja. Kamu bisa lebih peduli lagi dengan rekan-rekan kerjamu dan atasan-atasanmu. Luangkanlah waktu untuk menyapa mereka, dan berbicaralah dengan mereka jika kamu memiliki waktu luang. Kepedulian akan bermanfaat untuk waktu yang panjang, karena kamu akan dihargai lebih di mata orang-orang yang sudah kamu pedulikan.

3. Buat kehebatan dan antusiasmemu diketahui 

5 Tips Mengejutkan untuk Dapatkan Promosi Pekerjaan, Bisa Dicoba!Ilustrasi dua orang yang bekerja dengan antusias (Pexels/Christina Morillo)

Tunjukkan keahlianmu, tunjukkan juga antusiasmemu. Hal-hal ini sangat penting untuk membuatmu terlihat di mata orang-orang yang bertanggung jawab akan promosimu. Kamu akan lebih mudah mendapatkan promosi pekerjaan jika pekerjaanmu di kerjakan dengan baik dan berpengaruh terhadap perusahaan.

Antusiasme juga tidak kalah pentingnya. Meskipun terkadang pekerjaan di kantor bisa menumpuk dan terasa melelahkan, kamu bisa saja memasang tampang muka yang terlihat antusias, agar antusiamemu menyebar dan akhirnya antusiasmemu itu akan kembali kepadamu juga. Jadilah lebih bahagia di kantormu.

Baca Juga: 5 Ciri Pegawai yang Layak Memperoleh Promosi Jabatan, Panutan!

4. Jadilah hebat dalam pekerjaanmu 

5 Tips Mengejutkan untuk Dapatkan Promosi Pekerjaan, Bisa Dicoba!Ilustrasi orang-orang yang sedang bekerja (Pexels/fauxels)

Melakukan pekerjaan sesuai dengan standar, bahkan melebihi standar pekerjaanmu adalah hal yang vital dalam mendapatkan promosi pekerjaan. Jika kamu bisa menunjukkan keahlianmu dalam pekerjaan yang ditugaskan kepadamu, sudah pasti promosi pekerjaan akan datang lebih cepat ke pangkuanmu.

Menjadi unggul di perusahaan adalah hal yang harus kamu kejar. Jadikanlah target untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Meskipun kamu hanya berkembang 1% sehari, pada jangka waktu yang lama, 1% persen itu akan memiliki efek penggandaan yang akan menguntungkanmu untuk mendapatkan promosi pekerjaan yang kamu impi-impikan.

5. Carilah perusahaan yang sedang berkembang dengan peluang mobilitas ke atas yang lebih besar 

5 Tips Mengejutkan untuk Dapatkan Promosi Pekerjaan, Bisa Dicoba!Ilustrasi pegawai sebuah perusahaan (Pexels/Matheus Bertelli)

Terkadang, meskipun kamu sudah melakukan semua tips yang sudah disebutkan di atas, kamu tetap saja akan terjebak di posisi yang sama untuk waktu yang lama. Itu mungkin saja diakibatkan oleh perusahaan yang sudah tidak memiliki mobilitas ke atas yang baik. Perusahaan-perusahaan seperti ini sudah nyaman dengan pegawai-pegawai yang mereka miliki, sehingga untuk mendapatkan promosi pekerjaan sangatlah sulit untuk didapatkan.

Oleh karena itu, carilah perusahaan yang sedang berkembang dan membutuhkan pegawai-pegawai baru yang unggul di bidangnya. Meskipun kamu harus memulai di posisi yang lebih rendah di perusahaan yang baru, kamu akan diuntungkan karena perusahaan itu sedang berkembang, sehingga kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan promosi pekerjaan.

Itulah 5 tips untuk mendapatkan promosi di dunia pekerjaan. Teruslah untuk memperbaiki dirimu sendiri sampai pekerjaanmu berbicara dengan sendirinya. Teruslah kembangkan kemampuanmu, dan terus jaga koneksimu dengan rekan-rekan dan atasanmu. Teruslah berjuang dan manfaatkan 5 tips di atas untuk mendapatkan promosi pekerjaanmu!

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan saat Memperoleh Promosi Jabatan, Catat!

Rizky Adipratama Photo Verified Writer Rizky Adipratama

Halo (...) *anggap saja aku sedang memanggil namamu. Wattpad: https://www.wattpad.com/user/Rizkyfaj

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya