Comscore Tracker

8 Skill yang Bisa Kamu Pelajari untuk Menambah Rupiah di Dompetmu

Daripada cuma nganggur, coba tambah keterampilan baru! 

Pada saat ini keadaan global sedang mengalami masalah yang sangat serius akibat dari wabah virus Covid-19, termasuk berdampak juga di Indonesia. Wabah virus ini mengakibatkan efek buruk di segala bidang kehidupan terutama bidang ekonomi yang semakin loyo. Banyak sekali perusahaan yang terus berusaha menjaga eksistensinya supaya tidak bangkrut dengan mengurangi jumlah karyawan.

Lapangan pekerjaan semakin menipis karena banyak perusahaan yang masih menunda proses perekrutan karyawan baru. Sedangkan dilapangan job seeker semakin banyak yang terdiri dari karayawan yang dirumahkan dan diberhentikan termasuk para fresh graduate lulusan baru yang kurang akan pengalaman kerja.

Dengan kondisi ekonomi seperti ini pastinya mendorong seseorang untuk harus bisa survive dalam memenuhi kebutuhan finasial mereka. Maka dari itu, selama kamu masih punya waktu luang yang banyak dan belum mendapatkan pekerjaan. Berikut kami rekomendasikan 8 skill yang dapat kamu pelajari selama menghadapi New Normal.

1. Yang suka kamera bisa mempelajari fotografi atau videografi

8 Skill yang Bisa Kamu Pelajari untuk Menambah Rupiah di DompetmuPixabay/Free-Photos

Menjadi seorang photographer ataupun videographer tidak harus menunggu untuk memiliki kamera yang bagus terlebih dahulu. Dengan hanya menggunakan kamera smarthphone kamu sudah cukup untuk bisa mempelajari ilmu photography dan videography. Pelajari saja terlebih dahulu dasar-dasar menggunakan dan menangkap gambar dari dari sebuah kamera. Jika kamu sudah mahir meggunakan kamera smarthphone, kalau sudah ada uang lebih kamu boleh-boleh saja membeli kamera digital yang kamu perlukan.

Mempelajari keahlihan dalam bidang kamera ini juga bisa menghasilkan uang. Kamu bisa mulai dari menjadi seorang freelance  terlebih dahulu bahkan profesional yang menawarkan jasanya di situs-situs khusus freelancer. Kamu juga bisa menjual hasil karyamu di beberapa situs yang mengkhususkan penjualan foto untuk keperluan tertentu sepeti halnya Unsplash, Pixabay, Pexels dan lainnya. 

2. Tertarik dengan dunia kepenulisan? Dengan menulis kamu juga bisa menghasilkan uang

8 Skill yang Bisa Kamu Pelajari untuk Menambah Rupiah di DompetmuPexels/Bongkarn Thanyakij

Kalau kamu tipe orang yang jarang sekali menuliskan idemu kedalam sebuah tulisan. Maka sekarang cobalah untuk membiasakannya. Jangan biarkan mindset "Saya gak bisa" mendominasi pikiranmu. Menulis merupakan kebiasaan yang bisa dipelajari, karena semakin terbiasa maka kamu akan semakin mahir.Kalau kamu berpikir sebelumya menulis bukan aktivitas yang menghasilkan, kamu salah besar.

Berkarier di dunia kepenulisan sangatlah luas dan tentunya kamu akan dibayar atas hasil karyamu. Kamu bisa menjadi Contentwriter dalam menciptakan sebuah artikel, menjadi Copywriter yang memiliki tugas penting dalam ranah marketing, bahkan seorang penulis yang dapat menciptakan karya bukunya sendiri. Modal utama yang kamu butuhkan dalam kegiatan menulis hanya satu yaitu jangan malas menuangkan isi pikiranmu ke dalam tulisan.

3. Jadi Voice Over atau Dubber Talent bisa kamu pelajari. Siapa tahu kamu punya potensi!

8 Skill yang Bisa Kamu Pelajari untuk Menambah Rupiah di Dompetmuindovoiceover.com

Seringkah kamu memperhatikan pengisi suara iklan-iklan di televeisi, radio, dan film yang sudah dialihkan bahasanya? Siapa orang yang berada dibalik suara-suara keren tersebut? Tidak lain profesi mereka sering disebut sebagai Voice Over atau Dubber Talent. Pekerjaan mereka sederhana, namun kesulitannya adalah mereka harus bisa menciptakan kesan tertentu dari iklan atau video yang mereka isi suaranya. Pekerjaan ini juga dapat menghasilkan jika ditekuni dengan serius dan profesional.

Apakah saya bisa? tentunya semua orang bisa berprofesi di bidang ini. Modalnya adalah hanya suara yang kamu miliki dan kemauan untuk mau terus belajar. Lalu dimana saya harus belajar? Gak perlu bingung, sudah banyak Voice Over dan Dubber Talent yang telah membuat dan membagikan ilmunya di chanel youtube mereka. Kamu juga bisa belajar langsung melaui artikel-artikel yang diposting melalui web indovoiceover.com. Di web tersebut juga mereka membantu mewadahi talent-talent yang ingin menjual suara mereka, jadi kamu bisa mengirimkan sample suaramu di sana.

Baca Juga: 5 Sisi Baik yang Bisa Dipetik Saat Tak Kunjung Mendapat Pekerjaan 

4. Belajar bahasa pemrograman? Siapa takut! 

8 Skill yang Bisa Kamu Pelajari untuk Menambah Rupiah di DompetmuIlustrasi web developer melakukan programming (Unsplash)

Dalam menghadapi era industri 4.0, peluang pekerjaan dalam bidang teknologi akan semakin terbuka luas. Banyak sekali perusahaan star up baru yang didukung dengan berbagai macam teknologi berbasis digital untuk membantu menjalankan bisnisnya. Tentunya jika sebuah perusahaan terus berkembang maka harus ditunjang dengan teknologi yang relevan untuk menopangnya maka kebutuhan akan programmer menjadi sangat dibutuhkan. Dan gajih seorang programmer juga patut diperhitungkan.

Melihat peluang tersebut, jika kamu memiliki ketertarikan dalam bidang pengembangan teknologi kamu bisa saja mencoba dulu mempelajari bahasa pemrograman. Kamu yang tidak memiliki basic IT pun bisa mempelajarinya, sehingga kamu tidak perlu mengenyam pendidikan formal di perguruan tinggi untuk bisa melakukan programming pada level pemula. Sudah banyak sekali kelas online dengan kurikulum yang disusun khusus untuk level beginer yang dapat kamu ikuti misalnya di Dicoding Academy dan platform lainnya.

5. Kalau ada aplikasi editing di komputermu, cobalah belajar graphic design

8 Skill yang Bisa Kamu Pelajari untuk Menambah Rupiah di DompetmuUnsplash/perloov

Coba kamu periksa komputer ataupun laptop yang kamu punya. Dan biasanya sebagian besar orang akan mendapati aplikasi editing bawaan yang sudah terinstal di komputer mereka. Kalau kamu ada waktu luang, tidak salahnya kamu belajar Graphic Design melalui aplikasi yang ada. Semakin mahir kamu menggunakan aplikasi editing maka keterampilan tersebut bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang. Kamu bisa membuka jasa seperti jasa desain cv, konten untuk media sosial, poster, dan lainnya. 

6. Buka barbershop sendiri juga menjanjikan, jadi jangan gengsi untuk belajar mencukur ya

8 Skill yang Bisa Kamu Pelajari untuk Menambah Rupiah di DompetmuPexels/mostafa meraji

Mempelajari keterampilan mencukur rambut selama kamu masih belum kerja juga sangat bermanfaat. Kamu bisa memulai belajar dengan mengikuti kursus mencukur. Supaya skill mencukurmu makin terasah, kamu juga bisa bisa magang atau kerja paruh waktu di barbershop yang telah ada. Jika kamu sudah yakin dengan kemampuanmu dalam hal mencukur sudah oke, selanjutnya yang kamu harus lakukan adalah membuka barbershop sendiri. 

7. Mempelajari skill menjahit juga gak ada salahnya

8 Skill yang Bisa Kamu Pelajari untuk Menambah Rupiah di DompetmuPexels/cottonbro

Apakah kamu tahu kalau keterampilan utama yang harus dimiliki seorang Fashion Designer? Jawabannya adalah keterampilan menjahit. Jangan sia-siakan waktu luangmu untuk hal yang tidak berguna. Mempelajari skill ini juga bukan sesuatu yang sulit jika kamu memang ingin serius mempelajarinya. Jika sudah mahir menggunakan mesin jahit kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk membeli baju baru, karena kamu hanya perlu menjahit pakaianmu sendiri. Kalau kamu tertarik dengan dunia fashion  , kamu bisa merancang dan menciptakan merek pakaian yang bisa kamu jual dan tentunya menghasilkan.

8. Suka kulineran tapi gak bisa masak? Saatnya belajar masak supaya bisa buka bisnis kuliner sendiri

8 Skill yang Bisa Kamu Pelajari untuk Menambah Rupiah di DompetmuPexels/Andre Piacquadio

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang harus selalu terpenuhi dan bisnis dalam dunia ini akan terus berkembang, tidak akan pernah surut dengan berbagai inovasi kuliner yang bisa memanjakan lidah para penikmatnya. Kalau kamu selama ini hanya menjadi penikmatnya saja dan ternyata tidak mahir dalam memasak. Maka, cobalah sekarang kamu mempelajari keterampilan ini. Kamu tidak perlu bingung untuk belajar memasak, sudah banyak sekali video tutorial gratis dan resep masakan yang bisa kamu unduh di internet. Jika kamu serius menekuni keterampilan ini, mungkin suatu saat nanti kamu bisa membuka usaha katering bahkanrestoran milikmu sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Hilangkan Stres Hadapi Deadline Pekerjaan di Depan Mata

Roni Yuliyanto Photo Writer Roni Yuliyanto

Aku Cinta Kamu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya