5 Cara Ampuh Tetap Produktif Tanpa Harus Merasa Tertekan dengan Checklist

Ayo coba!

Banyak diantara kita yang terobsesi dengan check list atau daftar apa saja yang ingin kita lakukan dalam hari ini. Seringkali kita berpandangan bahwa, misalnya, kita punya sepuluh daftar, kita ingin menyelesaikan semuanya selama satu hari. Dengan obsesi ini, saat kita hanya bisa melakukan tiga atau empat tugas, kita langsung merasa gagal untuk produktif.

Rupanya pola pikir seperti ini justru menghambat, lho. Mengapa? Karena memang kesempurnaan itu mustahil dicapai. Fokus untuk mengejarnya hanya akan menambah beban pikiran kita saja. Oleh karena itu, cobalah lima cara ini agar dalam bekerja kita bisa lebih produktif tanpa terbebani oleh obsesi melakukan semuanya dengan sempurna.

1. Konsumsi makanan sehat dan jangan lupa olahraga.

5 Cara Ampuh Tetap Produktif Tanpa Harus Merasa Tertekan dengan Checklistunsplash.com

Apa yang kita konsumsi itu adalah bahan bakar yang kita gunakan setiap hari. Ini mempengaruhi kesehatan dan ketahanan fisik, apalagi kalau work load kita terhitung berat. Selain itu, kita juga perlu memperhatikan tekanan gula dalam darah. Saat rendah, mood kita cenderung buruk.

Namun, kalau mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula cepat membuatmu merasa lelah dan bertendensi terjebak dalam kebiasaan impulsif. Nah, sebaiknya konsumsi makanan sehat, misalnya nasi jagung, daging dan buah-buahan. Kemudian, sempatkan waktu dua atau tiga kali dalam seminggu untuk berolahraga. Tak perlu angkat besi atau marathon, kita bisa berenang atau jogging.

2. Jangan lupa tidur cukup.

5 Cara Ampuh Tetap Produktif Tanpa Harus Merasa Tertekan dengan Checklistjuicemigourmet.com

Tidur cukup itu sangat penting. Kalau tak percaya tanyakan pada salah satu pendiri The Huffington Post, Arianna Huffington. Ia sampai membuat buku yang berdasarkan pengalaman pribadinya bahwa tidur itu salah satu faktor vital dalam menjaga kesehatan dan fokus. Kurang waktu tidur dapat membuat kita stres serta level fokus kita pun menurun. Padahal, untuk bisa produktif, fokus itu penting.

3. Fokus pada solusi.

5 Cara Ampuh Tetap Produktif Tanpa Harus Merasa Tertekan dengan Checklistunsplash.com

Saat menemukan masalah di jam kerja, sebaiknya pusatkan perhatian untuk menemukan solusinya. Ini lebih efektif daripada terlalu banyak fokus pada persoalan kenapa masalah itu bisa terjadi pada kita. Salah satu tanda orang-orang dengan intelejensi tinggi adalah mereka tak terjebak dalam persoalan karena mereka tahu bahwa satu-satunya jalan untuk membuat situasi baik adalah dengan fokus pada solusi. Tetaplah optimis saat mendapat persoalan.

Baca Juga: CEO Perusahaan Ternama Buka Rahasia Agar Perempuan Bisa Sukses di Tempat Kerja

4. Jangan berkata 'iya' kecuali memang benar-benar mau.

5 Cara Ampuh Tetap Produktif Tanpa Harus Merasa Tertekan dengan Checklistunsplash.com

Stress, lelah, dan depresi dalam pekerjaan itu bisa timbul akibat kita sulit menolak sesuatu karena mungkin kita takut akan mengecewakan rekan kerja atau atasan. Padahal, kita berhak berkata tidak bukan karena kita tak mau berusaha, tapi karena kita tahu saat ini ada prioritas lain yang harus dikejar. Ingat, kita tak bisa melakukan semuanya.

5. Belajar maafkan diri sendiri.

5 Cara Ampuh Tetap Produktif Tanpa Harus Merasa Tertekan dengan Checklistunsplash.com

Pernah merasa tak cukup baik dalam pekerjaan karena obsesi terhadap check list tersebut? Belajarlah untuk memaafkan diri sendiri karena memang kita tak mungkin menyelesaikan semua dalam 24 jam. Kita butuh makan, olahraga, bersosialisasi dan beristirahat -- sesuatu yang sangat berpengaruh terhadap ketahanan fisik dan mental. Jadi, jika bisa menyelesaikan lima dari delapan hal dalam check list, bersyukurlah.

Baca Juga: Hasil Survei Menunjukkan Anak Muda Sekarang Mudah Ganti Pekerjaan, Mengapa?

Topic:

Just For You