Comscore Tracker

7 Tanda Tempat Kerja Memanfaatkanmu, Salah Satunya Lembur Gak Dibayar

Doktrin tertentu membuat kamu dimanfaatkan perusahaan

Mungkin kamu pernah mendengar kalimat jika kalian semua saudara saat di kantor. Ucapan tersebut pun biasa disampaikan oleh atasan maupun senior di kantor.

Padahal yang terjadi, dia selalu meminta bantuan untuk menyelesaikan tanggung jawabnya. Sebaliknya, ketika diminta bantuannya, seribu satu alasan dia katakan untuk menolaknya. Apakah kamu juga kerap mengalami kejadian di atas?

Sebenarnya, tak hanya senior memanfaatkan junior, bos yang memanfaatkan anak buahnya, sesama rekan kerja, atau kantor yang tidak adil terhadap karyawannya juga termasuk kasus 'memanfaatkan' di tempat kerja. Nah, agar "penindasan" tidak semakin menjadi-jadi, yuk sadari tanda-tanda tempat kerja sedang memanfaatkanmu berikut ini.

1. Hubungan dengan rekan kerja yang tidak saling memberi dan menerima

7 Tanda Tempat Kerja Memanfaatkanmu, Salah Satunya Lembur Gak Dibayarilustrasi rekan kerja (pexels.com/Anna S)

Hubungan tidak setara bisa jadi tanda kalau kamu dimanfaatkan di tempat kerja. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ketika ada yang membutuhkan bantuanmu, dia memelas padamu. Sedangkan ketika situasinya berbeda, dia gak membantumu.

Coba lihat ke belakang, apakah kejadian ini terjadi beberapa kali per minggu? Jika iya, bisa dipastikan hubungan memberi dan menerima (take-and-give) gak berjalan dengan baik.

Menurut Paychex, sesuai lansiran Hive, hampir setengah karyawan yang menjadi pengisi survei mengatakan bahwa sering membantu atasan mereka. Namun, hanya 43 persen yang menyebutkan jika atasan mereka mau membantu mereka sebagai balasannya.

2. Dapat tugas lebih banyak dengan gaji yang sama

7 Tanda Tempat Kerja Memanfaatkanmu, Salah Satunya Lembur Gak Dibayarilustrasi lembur di kantor (pexels.com/cottonbro)

Beban kerja yang terus meningkat, namun gaji tetap stagnan juga menjadi pertanda tempat kerja sedang memanfaatkanmu. Memang wajar jika semakin lama bekerja, maka pengalaman dan keterampilan pun makin meningkat. Jadi tak heran kalau atasanmu membutuhkan bantuanmu.

Namun, jika hal itu tidak diimbangi dengan uang lembur atau gaji yang bertambah, kamu berhak protes. Jika perusahaan menolak untuk membayar kompensasi tersebut, bisa dipastikan kalau tempat kerja sedang memanfaatkanmu. 

Baca Juga: 5 Tips Menolak Tawaran Lembur di Tempat Kerja, Jangan Ragu!

3. Dituntut harapan yang tidak realistis oleh kantor

7 Tanda Tempat Kerja Memanfaatkanmu, Salah Satunya Lembur Gak Dibayarilustrasi stres kerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)
Tak jarang dengan menyetujui keputusan untuk menghabiskan waktu lebih lama di tempat kerja menjadi cara supaya dianggap sebagai karyawan teladan. Namun, karena sudah terbiasa, atasan jadi lupa untuk meminta persetujuanmu mengambil lebih banyak pekerjaan.

Padahal, namanya manusia pasti ada kalanya lelah atau kondisinya tidak prima. Alhasil, ketika dipaksa mengambil tanggung jawab yang berlebih, kamu bisa mengalami stres dan kelelahan yang ekstrem. Jika berlangsung lama ini tidak sehat untuk kesehatan mental dan fisik, lho.

4. Kamu tidak mendapatkan informasi apa pun di kantor

7 Tanda Tempat Kerja Memanfaatkanmu, Salah Satunya Lembur Gak Dibayarilustrasi gak bahagia di kantor (unsplash.com/@jeshoots)

Kamu wajib merasa ada yang aneh jika kamu tidak pernah mendapatkan informasi apa pun dari kantor. Sebagai contoh, informasi tentang status kerja, rekan kerja yang lama merespon, hingga seberapa banyak tanggung jawabmu sebenarnya. Hal yang kamu tahu hanyalah tanggung jawab yang makin banyak dan jumlah kerja yang makin menumpuk.

Rekan kerja dan atasanmu memang sengaja menutup infomasi tersebut agar kamu fokus kerja. Lama-kelamaan, kamu jadi dikucilkan. Ini termasuk hubungan kerja yang gak sehat.

5. Tetap kerja meski kamu mengambil cuti

7 Tanda Tempat Kerja Memanfaatkanmu, Salah Satunya Lembur Gak Dibayarilustrasi bekerja dari rumah (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Kejadian ini sering terjadi sejak adanya work from home. Merasa sudah selesai mengerjakan semua tugas dan ingin santai saat cuti, tiba-tiba atasan atau rekan kerja menghubungimu untuk membantu mereka. Sepertinya mereka tidak mau tahu bahwa kamu sedang cuti.

Lebih sadisnya lagi, ketika kamu menikmati waktu liburmu dan lama membalas pesan, mereka memarahimu bahkan memakimu. Ini jelas red flag. Kalau orang-orang di tempat kerja tak ada yang menghargai waktu istirahatmu, berarti mereka tak ada yang menghargaimu sebagai manusia.

6. Hampir tidak pernah istirahat

7 Tanda Tempat Kerja Memanfaatkanmu, Salah Satunya Lembur Gak Dibayarilustrasi lelah dengan pekerjaan (unsplash.com/@christner)

Mempunyai momen tenang di tempat kerja untuk rileks sejenak itu sangat penting. Apalagi jika pekerjaanmu sedang menumpuk, waktu seperti ini terasa sangat berharga. 

Tapi, jika atasan tidak menghargai momen itu dan terus saja mendorongmu terus bekerja, jelas dia memanfaatkanmu dengan jahat. Padahal atasan yang cerdas akan memahami pentingnya istirahat untuk produktivitas, lho. 

7. Mendapatkan kritik di depan publik

7 Tanda Tempat Kerja Memanfaatkanmu, Salah Satunya Lembur Gak Dibayarilustrasi diskusi (pexels.com/Kampus Production)

Atasan dan rekan kerja yang profesional pasti tahu bagaimana caranya memberikan kritik yang baik. Dibandingkan mempermalukanmu di depan publik dengan kritikan tajam, alangkah baiknya memberikan masukan serta kritikan ketika tidak ada orang lain di sekitar kalian.

Mempermalukan orang menjadi cara memanipulasi secara emosional agar kamu mengikuti kemauan mereka. Apalagi jika sering melakukannya, maka bisa dipastikan kalau mereka ingin merusak kesehatan mentalmu. Lebih baik segera mengundurkan diri dari tempat kerja yang toksik seperti ini, ya.

Ajaklah mereka diskusi bahwa kamu tidak nyaman dengan keadaan ini, kalau perlu tetapkan aturan dasar yang membuat kamu, rekan kerja, dan atasan sama-sama nyaman. Tapi jika hal ini tak berhasil, mundur jadi jalan terbaik daripada membuatmu sakit hati, pikiran, dan fisik.

Baca Juga: 5 Tanda Lingkungan Kerja Didominasi Budaya Crab Mentality, Waspada!

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya