Comscore Tracker

Ini lho 5 Cara Bijak Menghadapi Kritikan di Tempat Kerja

Ambil sisi positif dari kritikan tersebut, ya!  

Pernah tidak kamu mendapat kritikan dari atasan atau rekan kerja? Mendapat kritikan adalah hal lumrah yang terjadi di dunia kerja kok. Biasanya kritikan tersebut dilontarkan ketika hasil pekerjaan tidak sesuai dengan harapan dari pihak yang membebankan tugas, atau ketika kita tanpa sengaja melakukan kesalahan.

Well, ketika kamu mendapat kritikan entah itu kritik ringan sampai pedas sekalipun, janganlah langsung keburu panas hati. Sebagai pekerja, kamu harus bisa bersikap profesional dan tetap tenang saat menghadapi kritikan yang ditujukan padamu. Berikut 5 cara bijak menghadapi kritikan di tempat kerja

1. Bersikaplah tenang, jangan keburu emosi  

Ini lho 5 Cara Bijak Menghadapi Kritikan di Tempat Kerjaunsplash.com/ Christina @ wocintechchat.com

Saat mendapat kritikan pedas dari atasan, jangan gegabah apalagi emosi ya. Bersikaplah tenang di tempatmu. Ambil nafas sebentar lalu hembuskan secara perlahan, agar emosimu bisa sedikit mereda.

Dengan bersikap tenang, kamu akan mengetahui mana titik masalah dari kritikan yang dilontarkan. Karena jika kamu tidak bisa menahan emosi, akibatnya bisa menimbulkan masalah baru hingga berdampak pada masa depan karier yang sudah kamu bangun. 

2. Jadikan kritikan tersebut sebagai motivasi 

Ini lho 5 Cara Bijak Menghadapi Kritikan di Tempat Kerjapexels.com/Ekaterina Bolovtsova

Di tempat kerja yang namanya kritikan akan selalu kita dapat. Entah karena pekerjaan yang kita lakukan terjadi kesalahan atau "teledor", hingga melakukan pekerjaan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Jadikan kritikan tersebut sebagai motivasi untuk memperbaiki kualitas pekerjaanmu. Tanpa adanya kritikan tersebut, kamu tidak akan mengetahui di mana letak kesalahan yang kamu buat. 

3. Pahami maksud dari kritikan tersebut 

Ini lho 5 Cara Bijak Menghadapi Kritikan di Tempat Kerjapexels.com/@mentatdgt

Jangan lihat kritikan menjadi suatu hal yang negatif. Dibalik kritikan dari atasan atau rekan kerja jangan langsung berburuk sangka. Pahami dulu maksud dari kritikan tersebut, karena di dalamnya menyimpan makna dan point penting untuk membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Menerima Kritikan Pedas Orang Lain

4. Belajarlah dari kesalahan 

Ini lho 5 Cara Bijak Menghadapi Kritikan di Tempat Kerjapexels.com/Tirachard Kumtanom

Ketika atasan mengkritik pekerjaan, tandanya ada yang tidak beres dengan pekerjaan yang kamu buat. Dari kesalahan tersebut ambillah sisi positifnya agar dirimu bisa memperbaiki kinerjamu dan buktikan pada atasan sebenarnya kamu mampu. Nah ketika sudah belajar dari kesalahan, hindari untuk melakukan kesalahan yang sama ya. 

5. Stop, jangan menyalahkan diri sendiri 

Ini lho 5 Cara Bijak Menghadapi Kritikan di Tempat Kerjapexels.com/pixabay

Manusia tidak luput dengan yang namanya kesalahan. Pernah melakukan kesalahan di tempat kerja adalah hal yang wajar kok, apalagi masih menjadi karyawan baru. Maka dari itu berhentilah untuk menyalahkan diri sendiri dan menyesalinya.  

Selain itu jika kamu sudah melakukan pekerjaan dengan sangat baik dan tidak ada hal yang harus dipermasalahkan, cobalah untuk berdiskusi dengan atasan. So, berhentilah untuk menyalah diri sendiri ya!

Itu dia lima cara bijak menghadapi kritikan di tempat kerja. Jangan langsung gegabah dan panas hati ya, ambillah sisi positif dari kritikan tersebut. Sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas pekerjaan yang kamu buat. 

Baca Juga: Berprinsip Kuat, 5 Zodiak Ini Gak Mudah Kompromi dengan Kritikan Orang

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya