Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Freelance Writer, Hindari Yuk! 

Agar tidak melakukan kesalahan yang sama 

Saat ini bekerja secara freelance menjadi salah satu pekerjaan favorit bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, pekerjaan ini menawarkan berbagai kemudahan seperti fleksibilitas waktu, tidak perlu masuk kantor, bahkan menawarkan penghasilan yang cukup menjanjikan.

Nah, salah satu pekerjaan freelance yaitu menjadi freelance writer atau penulis lepas. Karena dengan mengandalkan kemampuan menulis kita bisa mendapatkan penghasilan. Namun tidak jarang banyak penulis lepas pemula yang berguguran dan menyerah di tengah jalan karena berbagai faktor, salah satunya sering melakukan lima kesalahan ini. Berikut lima kesalahan yang sering dilakukan freelance writer. 

1. Malas untuk mengasah kemampuan menulis

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Freelance Writer, Hindari Yuk! Pexels.com/Andrea Piacquadio

Kesalahan pertama yaitu malas untuk mengasah kemampuan menulis. Kemampuan tersebut tidak datang dengan sendirinya, perlu latihan dan membiasakan diri secara berulang-ulang untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tulisan.

Salah satu cara mengasah kemampuan menulis yaitu dengan membiasakan menulis setiap hari entah itu di blog atau website pribadi. Jadi, jangan bosan untuk mengasah terus kemampuan menulismu ya! 

2. Menulis hanya ala kadarnya saja

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Freelance Writer, Hindari Yuk! pexels.com/Ivan Samkov

Jika kamu ingin berkarier sebagai freelance writer penting untuk meningkatkan kualitas tulisanmu. Jangan menulis hanya ala kadarnya tanpa memperhatikan isi dan konten di dalamnya.

Untuk meningkatkan kualitas tulisan kita bisa membuat kerangkanya terlebih dahulu sebelum memulai untuk menulis. Hal itu bertujuan agar informasi di dalamnya bisa tersampaikan dengan baik untuk pembaca.

3. Tidak mempublikasikan tulisan yang dibuat 

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Freelance Writer, Hindari Yuk! pixabay.com/StartupStockPhotos

Barangkali rasa takut atau minder dengan tulisan yang kita buat itu pasti ada. Apalagi ketika kita melihat karya orang lain yang berhasil terbit di berbagai media online, rasa rendah diri atau insecure sering datang menghampiri kita.

Mulai sekarang jangan ragu untuk mengunggah karyamu di internet atau blog pribadi. Tulis topik yang kamu kuasai terlebih dahulu, setelah itu kamu bisa coba mengirimkan karyamu di media online yang menerima penulis lepas. 

Baca Juga: 7 Jurnalis dan Penulis yang Dianugerahi Gelar Pahlawan Nasional

4. Malas untuk membaca ulang hasil tulisan 

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Freelance Writer, Hindari Yuk! pexels.com/Loe Moshkovska

Kesalahan selanjutnya dari seorang freelance writer yaitu ketika ia sudah menghasilkan suatu karya, ia malas untuk membaca ulang tulisan tersebut. Alhasil dia tidak mengetahui apakah ada kesalahan dalam penulisan seperti kesalahan tanda baca, banyak menggunakan kata yang berulang, kesalahan dalam menggunakan kata depan, dan lainnya.

Sebab jika hal itu terjadi maka akan menurunkan kualitas tulisan yang dibuat. Jadi, sebelum karya kamu kirim bacalah sekali lagi untuk meminimalisir kesalahan yang tidak perlu. 

5. Malu untuk mempromosikan tulisan

5 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Freelance Writer, Hindari Yuk! Pexels.com/Andrea Peacquadio

Mempromosikan hasil tulisan yang kamu buat itu sah-sah saja kok. Justru itu sangat diperlukan untuk meningkatkan jumlah pembaca tulisanmu. Nah, caranya kamu bisa berbagi link di media sosial pribadimu agar pengikutmu membaca tulisan yang kamu buat. Maka dari itu jangan ragu untuk mempromosikan karyamu ya. 

Itu dia lima kesalahan umum yang dilakukan freelance writer. Manfaatkan kemampuanmu menulis yang tidak hanya untuk dirimu saja, namun bagi pembaca. Semoga membantu dan semangat terus untuk berkarya!

Baca Juga: Tentang Self Improvement, 5 Rekomendasi Buku Karya Penulis Indonesia

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

Life is more than social media

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya