Comscore Tracker

Tanpa Sadar, 5 Penyebab Pekerjaanmu jadi Semakin Sulit Diselesaikan

Mungkin karena hal ini!

Kamu pernah merasa gak sih pekerjaan dan tanggung jawabmu di tempat kerja semakin ke sini semakin berat. Tugas yang diberikan atasan terasa sulit diselesaikan, kekurangan waktu, dan malas sekali untuk memulai.

Padahal nih ya pekerjaan tersebut tidak seberat yang dikira lho, tapi anehnya kamu menghadapi situasi di mana semua pekerjaan terasa sulit untuk diselesaikan. Nah kenapa hal itu terjadi, berikut lima alasannya. 

1. Pikiran yang bercabang

Tanpa Sadar, 5 Penyebab Pekerjaanmu jadi Semakin Sulit Diselesaikanpexels.com/@Anastasia Shuraeva

Alasan pertama kenapa pekerjaanmu terasa sulit diselesaikan dibandingkan dengan hari-hari biasanya yaitu karena pikiranmu yang bercabang. Saat melakukan tugas, kamu gak fokus menyelesaikannya ada saja hal yang kamu pikirkan. Entah itu mikirin urusan cinta, cicilan, utang, pekerjaan rumah, dan lainnya. Karena banyak hal yang kamu pikirkan dalam waktu bersamaan, alhasil pekerjaanmu ini jadi lebih lama dan sulit daripada biasanya. Oleh karena itu usahakan untuk fokus menyelesaikan satu pekerjaan dulu ya. 

2. Tidak membangun mood yang baik dari awal melakukan pekerjaan

Tanpa Sadar, 5 Penyebab Pekerjaanmu jadi Semakin Sulit Diselesaikanunsplash.com/@Amel Majanovic

Alasan selanjutnya yaitu, karena dari awal kamu tidak membangun mood dengan baik. Belum juga memulai bekerja kamu sudah ngeluh dulu, merasa pekerjaan sulit diselesaikan, hingga suka menunda waktu. Kalau di awal saja sudah begitu ya wajar saja kalau pekerjaan jadi sulit diselesaikan.

Kualitas mood dan suasana hati itu sangat memengaruhi tingkat produktivitasmu dalam bekerja lho, oleh karena itu usahakan bangun mood yang baik dari awal. Misalnya dengan mendengarkan musik relaksasi supaya bisa lebih fokus, menyiapkan camilan, membuat kopi, dsb.  

Baca Juga: 5 Tips Supaya Kamu Bisa Disiplin Menyelesaikan Pekerjaan Tepat Waktu 

3. Tidak butuh bantuan orang lain

Tanpa Sadar, 5 Penyebab Pekerjaanmu jadi Semakin Sulit Diselesaikanpexels.com/@Christina Morillo

Alasan selanjutnya yaitu karena kamu gak membutuhkan bantuan orang lain. Kamu merasa mampu melakukan semua pekerjaan. Namun kalau pekerjaanmu sulit diselesaikan, sudah usaha ini itu tetap merasa berat, adakalanya kamu gak perlu gengsi meminta bantuan. Gak usah malu bertanya dengan rekanmu yang lain, karena pada dasarnya kita gak bisa hidup sendiri di lingkungan kerja. 

4. Menunda melakukan pekerjaan yang tersulit

Tanpa Sadar, 5 Penyebab Pekerjaanmu jadi Semakin Sulit Diselesaikanpexels.com/@Vanessa Garcia

Biasanya kamu menyelesaikan pekerjaan dari yang mudah dulu bukan? Namun kali ini coba deh ubah caramu dengan bekerja dari yang tersulit dan terpenting dulu. Karena ketika berhasil menyelesaikan pekerjaan dari yang rumit, kamu nanti bakal terpacu dan termotivasi menyelesaikan pekerjaan yang lain. Seolah-olah tugas jauh lebih mudah dan ringan untuk diselesaikan. Jadi, mulai sekarang jangan menunda pekerjaanmu ya. 

5. Karena dari awal kamu membangun mindset bahwa pekerjaan tersebut sulit diselesaikan

Tanpa Sadar, 5 Penyebab Pekerjaanmu jadi Semakin Sulit Diselesaikanpexels.com/@Sam Lion

Alasan terakhir kenapa pekerjaan yang kamu hadapi jadi terasa sulit yaitu, karena dari awal kamu sudah membangun mindset kalau pekerjaan tersebut sulit diselesaikan. Padahal nih ya apa yang kita pikir dan khawatirkan terhadap suatu hal tersebut belum tentu jadi kenyataan lho. Biasanya apa yang terjadi, tidak semenakutkan yang ada dalam pikiran. Maka setiap kali memulai bekerja tanamkan sikap optimis bahwa kamu bisa melakukannya.

Menyelesaikan pekerjaan akan terasa berat jika diawali dengan pikiran yang berat pula. Mulailah untuk memberikan sugesti positif sebelum memulai bekerja dan awali dengan menyelesaikan pekerjaan tersulit. Bagaimana apakah alasan di atas sesuai dengan keadaanmu? 

Baca Juga: 8 Tips Supaya Kamu Bisa Multitasking dan Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Cepat

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya