Comscore Tracker

5 Tips Jadi Pribadi yang Lebih Tekun di Tempat Kerja, Biasakan Dirimu!

Supaya karier kian cemerlang

Setiap orang yang berhasil meraih kesuksesan dibutuhkan kerja keras, pantang menyerah, dan tentunya ketekunan diri. Akan sulit untuk mencapai titik tersebut, jika kita tidak bisa menyeimbangkannya. Sikap ketekunan untuk memulai langkah demi langkah ternyata tidak mudah untuk dilakukan.

Memang sih, menjadi orang yang tekun bukanlah perkara yang mudah. Namun jangan khawatir, karena berikut lima cara membiasakan diri agar jadi orang yang lebih tekun di tempat kerja. 

1. Harus berani melawan rasa malas

5 Tips Jadi Pribadi yang Lebih Tekun di Tempat Kerja, Biasakan Dirimu!ilustrasi wanita bekerja (pexels.com/@Anna Shvets)

Tips pertama membiasakan diri agar jadi orang yang lebih tekun yaitu, berani untuk melawan rasa malas. Dalam melatih ketekunan, kamu harus bisa melawan rasa malas yang bisa menghambatmu untuk berkembang.

Selain itu, jangan cepat puas untuk terus meningkatkan kapasitas diri, karena dengan itu kita mampu meraih hal besar dan hebat dari ketekunan kita selama ini. Oleh karenanya, giatlah dalam melakukan pekerjaan yang sudah jadi tanggung jawabmu, ya. 

2. Cari sumber motivasi  

5 Tips Jadi Pribadi yang Lebih Tekun di Tempat Kerja, Biasakan Dirimu!ilustrasi orang bekerja (pexels.com/@Screen post)

Supaya jadi orang yang lebih tekun, mulai sekarang coba untuk cari sumber motivasi agar saat melakukan sesuatu, kamu bisa terus termotivasi untuk melakukannya. Nah, sumber motivasi itu bisa berasal dari keluarga, teman, atau dari target yang harus kamu capai di masa depan. Karena dengan memiliki sumber motivasi, akan membuatmu terus semangat untuk melakukan suatu pekerjaan.

Baca Juga: 5 Perbedaan Orang yang Tekun dan Cuma Menggebu-gebu

3. Jangan jadi pekerja yang mudah menyerah 

5 Tips Jadi Pribadi yang Lebih Tekun di Tempat Kerja, Biasakan Dirimu!Ilustrasi orang berpikir (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Orang yang tekun dirinya tidak akan mudah menyerah. Ketika menghadapi kegagalan, dia akan introspeksi mengenai apa kesalahan yang ia buat lalu tidak ragu untuk memperbaikinya.

Namun, ketika melihat orang lain berhasil dia tidak akan merasa rendah diri, justru hal itu menjadi motivasi untuknya agar terus berkembang dan tidak akan menyerah dengan keadaan. 

4. Tidak mudah menyalahkan diri sendiri 

5 Tips Jadi Pribadi yang Lebih Tekun di Tempat Kerja, Biasakan Dirimu!Ilustrasi orang bekerja (pexels.com/@Tima Miroshnichenko )

Tips selanjutnya yaitu mulai sekarang jangan mudah untuk menyalahkan diri sendiri dari setiap kegagalan yang terjadi. Saat menghadapi sebuah kesusahan atau kegagalan, jangan habiskan waktumu hanya untuk meratapi keadaan.

Justru, hal itu jadikan motivasi untuk bangkit dan kembali menekuni pekerjaan yang sempat tertunda. Selain itu, lakukanlah evaluasi dari kesalahan-kesalahan tersebut, agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudian hari. 

5. Tidak takut untuk mengambil resiko 

5 Tips Jadi Pribadi yang Lebih Tekun di Tempat Kerja, Biasakan Dirimu!ilustrasi tekun bekerja (pexels.com/@Andrea Piacquadio)

Setiap keputusan yang kita ambil besar atau kecil pasti memiliki risiko dan tantangannya masing-masing. Maka dari itu, ketika mengambil keputusan yang tepat, dibutuhkan pemikiran dari berbagai perspektif.

Karena dengan begitu kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari setiap keputusan yang diambil. Ambillah risiko dengan pertimbangan yang matang agar kamu tidak menyesal nantinya. Sebab, keputusan yang kamu ambil saat ini akan memengaruhi kehidupanmu di masa mendatang. 

 

Itulah lima tips membiasakan diri agar jadi orang yang lebih tekun. Yuk, mulai sekarang biasakan untuk tekun terhadap pekerjaan supaya kariermu kian cemerlang. 

Baca Juga: 5 Keuntungan untuk Kariermu jika Tekun & Serius dalam Bekerja 

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya