Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Arogan, biar Gak Terus Diremehkan

Hadapi dengan tenang!

Sebel gak sih kamu kalau sering diremehkan oleh rekan kerja sendiri. Entah ngremehin pekerjaan, remehin kemampuan yang kita miliki, dan hal lainnya. Mempunyai rekan kerja arogan seperti ini memang sangatlah menyebalkan.

Namun, sebagai pekerja kita harus tetap profesional dalam melakukannya. Nah, supaya gak terus diremehkan ini lima tips menghadapi rekan kerja yang arogan. 

1. Tetap tenang, jangan diambil pusing dari tingkahnya tersebut

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Arogan, biar Gak Terus Diremehkanilustrasi dua wanita bekerja (pexels.com/@mentatdgt)

Tips pertama menghadapi rekan kerja arogan yang hobi meremehkan, yaitu jadilah orang yang tetap tenang, jangan ambil pusing karena perilakunya tersebut. Kalau dia berulah kadang kita jadi ikutan emosi, tapi jangan kamu tanggapi sikapnya tersebut ya.

Tunjukkan bahwa kamu gak tertarik dengan drama-drama yang ia buat, dengan begitu bisa membuatnya jadi bosan sendiri. Orang yang seperti dia jika ditanggapi biasanya akan menjadi-jadi, maka jika perilakunya tidak melebihi batas cuekin saja. 

2. Tunjukkan kinerja terbaik

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Arogan, biar Gak Terus Diremehkanilustrasi wanita mengetik (pexels.com/@ekaterina b)

Daripada menghabiskan waktu untuk menanggapi tingkahnya, lebih baik fokus untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada. Tunjukkan kinerja terbaikmu, jadilah karyawan panutan yang menginspirasi banyak orang, selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, dan lainnya.

Percaya deh, kalau fokus terhadap pekerjaan, kita jadi gak punya waktu untuk menanggapi orang yang tidak menyukai kita tersebut. Jadi, fokus saja pada kariermu, ya. 

Baca Juga: Terlihat Remeh, 5 Sikap Buruk Ini Membuatmu Dibenci Rekan Kerja

3. Komunikasikan dengannya

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Arogan, biar Gak Terus Diremehkandua wanita berbicara (pexels.com/@EKATERINA BOLOVTSOVA)

Tips selanjutnya, yaitu coba untuk mengkomunikasikan langsung dengannya. Cari waktu yang tepat untuk mengajak dia ketemu. Bicarakan secara baik-baik kalau sikapnya tersebut membuatmu tidak nyaman dan perilakunya selama ini menyinggung hatimu. Saat berbicara, bersikaplah setenang mungkin supaya dia bisa introspeksi diri dan bisa menerima kata-katamu tersebut. 

4. Jaga jarak atau frekuensi bertemu

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Arogan, biar Gak Terus Diremehkanilustrasi orang bekerja (pexels.com/@Daria Shevtsova)

Poin selanjutnya yaitu dengan menjaga jarak atau mengurangi frekuensi bertemu. Agak susah untuk menghindari pertemuan, pasalnya kalian sama-sama dalam satu lingkup pekerjaan.

Memang kita gak bisa memilih siapa saja yang menjadi rekan kerja di kantor, namun kita bisa menetapkan batasan atau privasi yang ada. Batasan tersebut menyangkut topik bahasan, intensitas hubungan, dsb. Ya meski begitu kamu harus tetap profesional dalam bekerja, ya.

5. Hindari konflik dengannya

5 Tips Menghadapi Rekan Kerja yang Arogan, biar Gak Terus Diremehkanteam work (pexels.com/@jopwell)

Tips terakhir yaitu hindari berurusan konflik dengannya. Berurusan dengan orang seperti dia akan banyak memakan waktu dan tenagamu. Maka daripada menganggu pekerjaan yang ada dan membuat produktivitasmu menurun, lebih baik gak usah mencari konflik dengannya.

Jangan membuat mood kerjamu berantakan hanya karena terlalu menanggapi tingkahnya tersebut. Namun, jika tingkahnya sudah kelewat batas kamu bisa mengajukan keluhan ke HRD langsung. 

 

Punya rekan kerja arogan yang hobi meremehkan sangatlah menyebalkan. Namun gak usah sedih, coba hadapi dengan cara di atas, ya.

Baca Juga: 5 Sikap yang Bikin Kamu Disukai Rekan Kerja, Penting Diketahui!

Ruhil Sabrina Photo Verified Writer Ruhil Sabrina

find me on instagram : @ruhilsabrina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya