Comscore Tracker

5 Tips Membangun Semangat Kerja setelah Lama Menganggur

Gak perlu gengsi atau merasa minder saat bekerja lagi

Tidak bekerja dalam waktu yang lama membuat orang merasa tidak produktif, minder, gengsi atau malu, hingga semangat kerjanya juga berkurang. Karena itu setelah menganggur dalam waktu yang lama sebaiknya pompa kembali semangat agar tidak loyo.

Coba lakukan tips-tips membangkitkan semangat di bawah ini, guys!

1. Buat target baru yang ingin segera dicapai  

5 Tips Membangun Semangat Kerja setelah Lama Menganggurpixabay.com/Pexels

Target lama yang dulu sempat terbuang begitu saja karena pekerjaan yang tiba-tiba tak berjalan lancar sebaiknya diganti dengan yang baru. Buat target lain yang ingin dicapai dalam waktu dekat.

Ini ampuh memompa semangat karena impian seperti sudah ada di depan mata. Yang dibutuhkan hanya semangat dan kerja keras hingga bisa mewujudkannya.

2. Cepat beradaptasi di lingkungan kerja agar betah 

5 Tips Membangun Semangat Kerja setelah Lama Menganggurpixabay.com/StartupStockPhotos

Usaha lain yang bikin semangat kerja jadi bertambah adalah lingkungan kerja yang asyik. Nah, jangan berlama-lama untuk bisa beradaptasi dengan rekan kerja agar betah di kantor.

Jangan malu untuk ikut dan gabung bersama yang lain saat jalan-jalan sehabis pulang ngantor atau kamu juga bisa berinisiatif mengajak mereka hangout bersama.

Baca Juga: 5 Situs Lowongan Kerja Terpercaya Buat Kamu yang Lagi Cari Kerja

3. Jangan membandingkan pekerjaan baru dengan pekerjaan lama 

5 Tips Membangun Semangat Kerja setelah Lama Menganggurpixabay.com/Free-Photos

Jangan menusuk diri sendiri dengan memori akan pekerjaan yang lama. Membandingkan pekerjaan yang dulu dan sekarang bisa menciptakan perasaan mengganjal sehingga bekerja pun seperti tidak ikhlas. Cepat move on dan lihat ke depan karena proses kehidupan terus berjalan maju, bukan mundur guys!

4. Cari tantangan yang membuat pekerjaan jadi lebih seru

5 Tips Membangun Semangat Kerja setelah Lama Menganggurpixabay.com/Free-Photos

Gak sedikit orang akan betah saat dirinya merasa terpacu oleh tantangan baru. Jika kamu salah satu tipe yang seperti ini, maka ciptakan tantangan agar pekerjaan jadi semakin seru. Misalnya dengan memperluas kemampuan yang bisa digali selagi berada di pekerjaan yang sekarang. 

5. Ikhlas menjalani pekerjaan dan selalu bersyukur      

5 Tips Membangun Semangat Kerja setelah Lama Menganggurpixabay.com/Engin_Akyurt

Ketenangan hati sangat berpengaruh dengan semangat dan produktivitas saat bekerja. Ketenangan tersebut bisa dicapai lewat sikap ikhlas saat menjalani pekerjaan. Jangan lupa bersyukur karena berkah rezeki yang membawamu bisa bekerja kembali.

Pekerjaan itu sebuah anugerah yang patut disyukuri lho, karena gak semua orang bisa mendapatkannya.

Bekerja keras penuh semangat berdampak besar pada apa yang dihasilkan. Bekerja juga jadi salah satu pengalaman besar yang akan mengajarkan kita tentang kehidupan, jadi jangan sia-siakan kesempatan berkarier yang sudah dimiliki, guys!

Baca Juga: Stop Kerja Terlalu Keras! Ini 5 Manfaat Hebat Kerja sesuai Porsi 

SA D Photo Verified Writer SA D

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya