Comscore Tracker

5 Cara Beradaptasi yang Baik dengan Rekan Kerja & Atasan di Kantor

Suasana kerja jadi nyaman, bikin betah deh

Hidup di dunia kerja menuntut setiap orang untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya, baik itu dengan atasan maupun dengan rekan kerja lainnya. Namun setiap orang memiliki karakter, tabiat ataupun perilaku yang berbeda-beda. Sehingga kamu tidak bisa memaksa mereka untuk berkehendak dan bertindak sesuai dengan apa yang kamu mau. 

Oleh karena itu, kamulah yang harus bisa membawa diri dan menciptakan suasana kerja yang nyaman dan menyenangkan, yaitu dengan cara beradaptasi. Ingin tahu bagaimana cara berdaptasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan di kantor? Lima cara ini dapat kamu lakukan.

1. Selalu bersikap ramah dan profesional saat di kantor

5 Cara Beradaptasi yang Baik dengan Rekan Kerja & Atasan di Kantorpexels/nappy

Jika kamu ingin betah bekerja di kantor, maka kamu harus selalu bersikap ramah. Sikap ramah yang kamu tunjukkan akan membuatmu disukai oleh atasan dan rekan kerja lainnya. Jangan ragu untuk menyapa dan tersenyum saat kamu bertatap muka dengan mereka. Dengan begitu, kamu dapat mencairkan suasana ketika bergaul dengan mereka.

Selain itu, bersikap profesional dalam bekerja juga penting karena dapat mempengaruhi eksistensimu di kantor. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa atasan pasti menyukai bawahan yang profesional dalam bekerja, seperti melakukan pekerjaan dengan semaksimal mungkin, tidak datang terlambat, dan menyelesaikan pekerjaan sebelum deadline.

2. Jangan sering mengeluh tentang pekerjaan kepada rekan kerja lainnya

5 Cara Beradaptasi yang Baik dengan Rekan Kerja & Atasan di Kantorpexels/mentatdgt

Saat berkumpul dengan rekan kerja lainnya, biasakan untuk jangan sering mengeluh tentang pekerjaan. Sesekali tidak masalah karena itu adalah hal yang wajar. Tapi jika kamu sering melakukannya, yang ada mereka akan membencimu karena kamu akan dianggap cengeng, lemah dan tidak profesional dalam bekerja.

Baca Juga: 5 Tanda Ini Menunjukkan Atasanmu Toxic Leadership, Ketahui Sejak Dini!

3. Jangan bergosip tentang keburukan rekan kerja lainnya, terutama atasanmu

5 Cara Beradaptasi yang Baik dengan Rekan Kerja & Atasan di Kantorpexels/mentatdgt

Nah, hal seperti ini yang harus kamu buang jauh-jauh dan tidak kamu lakukan, yaitu jangan bergosip tentang keburukan rekan kerja lainnya, terutama atasanmu. Orang akan memberi label bahwa kamu adalah orang yang kurang baik karena senang membicarakan keburukan orang lain.

4. Selalu berusaha untuk dapat berpikir positif

5 Cara Beradaptasi yang Baik dengan Rekan Kerja & Atasan di Kantorpexels/Jopwell

Tahukah kamu? Bahwa aura positif yang kamu tebarkan akan berpengaruh positif juga pada lingkungan sekitarmu. Oleh karena itu, berusahalah untuk selalu dapat berpikir positif. Karena orang yang senantiasa berpikiran positif biasanya akan terhindar dari berbagai macam konflik dan prasangka yang tak baik. 

5. Jangan merasa bahwa kamu yang paling hebat dibandingkan rekan kerja lainnya

5 Cara Beradaptasi yang Baik dengan Rekan Kerja & Atasan di Kantorpexels/rawpixel.com

Jangan merasa bahwa kamu yang paling hebat dibandingkan rekan kerja lainnya, sekalipun kamu memang lebih pintar, lebih rajin, lebih cekatan ataupun lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan yang diberikan. Sifat seperti itu akan membuatmu dibenci dan dijauhi oleh rekan-rekan kerja lainnya karena mereka akan berpikir bahwa kamu sok hebat, apalagi jika kamu bersikap seperti itu di depan atasan. Jika kamu memang memiliki banyak kelebihan, maka bersikaplah rendah hati.

Itulah lima cara beradaptasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan di kantor. Jika kamu dapat melakukannya, maka akan tercipta suasana yang nyaman dan menyenangkan sehingga kamu akan semakin semangat untuk bekerja dan menjalani kehidupan perkantoran di keseharianmu.

Baca Juga: Jangan Diam, Ini 5 Langkah Hadapi Teman Kantor yang Suka Beri Perintah

Shella Rafika Sari Photo Community Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You