Comscore Tracker

Pertimbangkan 5 Hal Ini saat Memilih Menunda Menikah Demi Kejar Karier

Kamu yang ingin meraih impianmu dulu sebelum berumah tangga

Setiap orang tentunya memiliki target tersendiri saat memutuskan untuk menikah, apakah akan menikah muda, menikah diusia lebih dewasa, atau bahkan memutuskan untuk tidak menikah. Di mana semua hal tersebut tentunya ada alasan yang melatarbelakanginya. Seperti halnya dirimu yang juga memiliki target untuk kapan akan membina biduk rumah tangga. 

Nah, jika nyatanya pilihanmu adalah menunda menikah karena ingin fokus kerja dulu demi mengejar karier yang kamu impikan, maka ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan saat kamu memutuskan hal tersebut. Berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan saat memilih menunda menikah demi kejar karier. Apa saja, ya?

1. Usiamu

Pertimbangkan 5 Hal Ini saat Memilih Menunda Menikah Demi Kejar Karierilustrasi wanita muda (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat kamu memutuskan untuk menunda menikah demi mengejar karier, maka hal yang perlu kamu pertimbangkan pertama kali adalah usiamu. Karena jenjang karier yang ingin kamu capai tentunya membutuhkan waktu yang tidaklah sebentar. Maka saat kamu sudah meraihnya, maka usiamu sudah tidak muda lagi. 

Apakah kamu tidak masalah menikah diusia yang lebih dewasa? Kemudian apakah tidak masalah saat kamu memiliki anak diusia yang tak lagi muda? Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan contoh bahan pertimbangan yang perlu kamu pikirkan, karena usiamu mempengaruhi dua hal di atas. Jika kamu tidak mempermasalahkannya, maka kejarlah kariermu sesuai dengan keinginanmu selama ini. 

2. Kemantapan hatimu

Pertimbangkan 5 Hal Ini saat Memilih Menunda Menikah Demi Kejar Karierilustrasi memantapkan hati (pexels.com/Eyup Beyhan)

Pikirkan dengan matang keputusan yang kamu ambil tersebut. Jangan sampai kamu menyesalinya dikemudian hari. Ingat, apa yang telah terjadi tidak bisa kamu ulang kembali. Maka saat kamu menyesalinya, maka kamu tetap tidak bisa mengubah keadaan yang sudah terjadi. 

Oleh karena itu, yakinkan kembali dirimu dan bagaimana kemantapan hatimu. Karena waktu yang sudah berputar tak bisa kamu kembalikan ke awal jika seandainya kamu menyesali keputusanmu untuk menunda menikah demi mengejar karier. Jadi, pertimbangkan keputusanmu dengan pikiran yang tenang, jernih dan tidak tergesa-gesa atau hanya mengikuti ego dan keinginanmu saja.

Baca Juga: 5 Alasan Pentingnya Mapan Finansial sebelum Menikah, Lebih Bahagia!

3. Kesiapan mentalmu

Pertimbangkan 5 Hal Ini saat Memilih Menunda Menikah Demi Kejar Karierilustrasi percaya diri (pexels.com/Moose Photos)

Jika kamu sudah yakin akan pilihanmu untuk menunda menikah, maka kamu perlu mempersiapkan mentalmu untuk hal-hal yang akan terjadi padamu ke depannya. Misalnya omongan orang lain mengenai dirimu. Tentunya tidak semua orang akan mendukungmu, karena dalam setiap keputusan selalu ada pro kontra di dalamnya. Bagi mereka yang pro atau sependapat denganmu tentu akan semakin membuatmu semangat untuk mengejar karier yang kamu impikan. 

Keputusan yang kamu ambil akan semakin membulatkan tekadmu karena mendapatkan dukungan dari orang lain. Nah, kebalikannya tentu adalah mereka yang kontra dengan keputusan yang kamu ambil. Mereka biasanya akan mencibirmu dan membicarakan hal yang tak enak tentang dirimu. Jika mentalmu siap, maka kamu tentu tak mudah terpengaruh akan omongan orang-orang seperti itu. Namun, jika keputusanmu justru mudah goyah akibat gunjingan orang lain, maka mentalmu belum siap untuk menghadapinya. Pikirkan baik-baik, ya.

4. Pendapat orangtuamu

Pertimbangkan 5 Hal Ini saat Memilih Menunda Menikah Demi Kejar Karierilustrasi orang tua (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Perkara menikah tentunya bukan sekadar cinta saja, tetapi juga penyatuan kedua keluarga di dalamnya. Oleh karena itu, ketika kamu memutuskan untuk menunda menikah demi mengejar karier, maka kamu perlu mempertimbangkan pendapat orangtuamu. Jangan sampai kamu mengambil keputusan yang malah menyakiti perasaan orangtuamu sendiri. 

Misalnya keinginan orang tua yang ingin segera memiliki cucu atau mengharapkan melihat kebahagiaanmu menikah karena takut memiliki usia yang tak panjang lagi. Jadi, kamu harus bisa mengomunikasikannya dengan baik kepada orang tuamu jika mereka mendesakmu untuk segera menikah karena dua alasan di atas. Jangan abaikan pendapat orang tuamu, tapi pikirkan kembali secara matang dan lakukan kompromi dengan orangtuamu. 

5. Perasaan pasanganmu

Pertimbangkan 5 Hal Ini saat Memilih Menunda Menikah Demi Kejar Karierilustrasi bicara dengan pasangan (pexels.com/Jack Sparrow)

Jika kamu memutuskan untuk menunda menikah demi mengejar karier dengan posisi masih single atau tidak memiliki pasangan, tentunya tidaklah menjadi masalah. Namun, jika kamu sudah memiliki pasangan, maka kamu perlu mempertimbangkan pendapat dan perasaan pasanganmu.

Apalagi jika kamu juga ingin memiliki impian membina rumah tangga dengannya. Maka kamu perlu mengambil kesepakatan bersama agar tidak menyakiti perasaannya jika seandainya dia memiliki angan untuk segera menikahimu. Kamu juga perlu mempersiapkan dirimu jika pasanganmu memilih untuk meninggalkanmu karena tidak bisa menunggumu hingga kamu mencapai karier yang kamu inginkan. 

Memutuskan menunda menikah demi kejar karier bukanlah perkara yang mudah. Oleh karena itu jangan sampai kamu gegabah dalam melangkah, karena akan berpengaruh pada hidupmu ke depannya. Maka, pertimbangkan lima hal di atas jika kamu memutuskan untuk menunda menikah demi mengejar karier yang ku impikan. 

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang Menunda Punya Anak meski Telah Menikah

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya