Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Senang Berada di Zona Nyaman saat Bekerja, Ubah Agar Maju

Jangan batasi kreativitas yang kamu miliki!

Zona nyaman dalam bekerja adalah kondisi di mana kamu merasa nyaman dan terbiasa dengan pekerjaan yang sudah dilakukan dalam lingkungan dan waktu yang lama. Banyak orang berpikir untuk tak terlalu lama berada di zona nyaman karena akan membuat karier tak berkembang.

Namun, sebagian orang justru suka berada di zona nyaman. Nah, apakah kamu termasuk salah satunya? Kamu bisa melihatnya dari lima tanda ini.

1. Kamu tidak pernah membuat target yang melampaui batas kemampuanmu

5 Tanda Kamu Senang Berada di Zona Nyaman saat Bekerja, Ubah Agar Majupexels/CoWomen

Beberapa orang memiliki target yang tinggi dalam bekerja demi bisa mencapai karier yang diinginkan. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagimu karena kamu tidak pernah membuat target yang melampaui batas kemampuan. Bagimu, sebatas kamu bisa menyelesaikan pekerjaan, maka itu sudah cukup.

2. Kamu tidak mau mencoba dan belajar hal lain di luar keahlianmu

5 Tanda Kamu Senang Berada di Zona Nyaman saat Bekerja, Ubah Agar Majupexels/mentatdgt

Karena sudah menguasai pekerjaan dan nyaman dengan pekerjaan yang ada, kamu memilih tidak mau mencoba dan enggan belajar hal lain di luar keahlian. Bagimu, sudah cukup dengan rutinitas pekerjaan sehari-hari tanpa harus mencoba belajar pekerjaan lainnya.

3. Kamu mengerjakan seperti apa yang diajarkan

5 Tanda Kamu Senang Berada di Zona Nyaman saat Bekerja, Ubah Agar Majupexels/Jopwell

Dari awal masuk, kamu mengerjakan pekerjaan seperti apa yang diajarkan atasan kepadamu. Kamu tidak mau mencoba metode lain yang mungkin bisa lebih memperingkas dan mempermudah pekerjaan. Bagimu, apa yang diajarkan, maka itulah yang harus kamu lakukan.

Baca Juga: 5 Langkah untuk Hindari Diri Terlalu Betah Berada di Zona Nyaman 

4. Kamu tidak tertantang untuk mengeluarkan ide-ide baru

5 Tanda Kamu Senang Berada di Zona Nyaman saat Bekerja, Ubah Agar Majupexels/Humphrey Muleba

Saat meeting dengan rekan kerja dan atasan, kamu tidak tertantang untuk mengeluarkan ide-ide baru. Padahal, saat seperti itu adalah kesempatan untuk bisa mengeluarkan kreativitasmu. 

5. Kamu menghabiskan waktu untuk bersantai saat pekerjaanmu sudah selesai

5 Tanda Kamu Senang Berada di Zona Nyaman saat Bekerja, Ubah Agar Majupexels/bruce mars

Karena sudah menguasai dan terbiasa dengan pekerjaan yang dilakukan, maka kamu cepat menyelesaikannya. Jam kerja yang belum berakhir, membuatmu menghabiskan waktu untuk bersantai. Padahal, kamu bisa membantu pekerjaan rekan kerja lainnya sambil menambah ilmu pengetahuanmu. 

Itulah lima tanda yang menunjukkan bahwa kamu selalu berada di zona nyaman dalam bekerja. Tidak ada yang salah saat kamu memilih berada di zona nyaman. Hanya saja, terkadang zona nyaman membuat kariermu lama mengalami peningkatan. 

Baca Juga: 5 Bahaya yang Akan Kamu Dapat Saat Terus Berada di Zona Nyaman!

Shella Rafika Sari Photo Verified Writer Shella Rafika Sari

Keajaiban hanya terjadi pada orang yang pantang menyerah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya