Comscore Tracker

Kamu Seorang Sales? Ini 7 Cara untuk Bisa Sukses dengan Bijak

Etika itu penting dalam proses penjualan produk

Menjadi sales sesungguhnya tidak hanya soal mencapai target penjualan produk. Tentu memenuhi target adalah hal yang penting, namun proses dan etika sales saat menjual dan memenuhi target penjualan inilah yang seharusnya menjadi sorotan.

Jangan sampai  karena hanya memikirkan bonus target penjualan, sales melakukan hal-hal yang berpotensi membuat konsumen merasa ditipu dan kecewa. Padahal perlu diingat, kepuasan dan kepercayaan konsumen kepada sales juga merupakan faktor yang penting dalam sebuah lingkup bisnis.

Jika kamu termasuk orang yang berkecimpung di dunia sales, berikut ini adalah tujuh tanda bahwa kamu termasuk sales bijak yang tidak sekadar menjual produk.

1. Memahami informasi produk yang dijual

Kamu Seorang Sales? Ini 7 Cara untuk Bisa Sukses dengan Bijakunsplash.com/Austin Distel

Sebagai orang yang akan menjual produk, tentu kamu harus memahami produkmu agar bisa mempresentasikannya dengan baik dan benar di depan konsumen. Jika tidak, tentu kamu akan merugikan konsumen karena mereka mendapatkan informasi yang keliru berkenaan dengan produk yang akan mereka beli.

Pemahamanmu tentang asal produk, bahan, ukuran, kegunaan, cara pengaplikasian produk, dan cara perawatan produk tentu akan membantu konsumen menelaah produk mana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Kamu selalu peduli dengan pelayanan optimal dan kepuasan konsumen.

2. Tidak membual tentang kualitas produk yang dijual

Kamu Seorang Sales? Ini 7 Cara untuk Bisa Sukses dengan Bijakunsplash.com/JJ Ying

Berhubung sudah masuk akhir bulan dan target penjualanmu masih jauh dari jangkauan, lantas kamu jadi menghalalkan segala cara agar bisa menjual produkmu? Duh, jangan sampai, ya!

Kebiasaan beberapa sales melebih-lebihkan kualitas produk membuat konsumen menerima informasi yang bias. Tentu ini merugikan mereka. Konsumen bisa saja menjadi kecewa karena produk yang mereka beli tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

Ingat ya, sales yang bijak tidak akan dibutakan oleh bonus penjualan dan rela jadi tukang kibul agar bisa menjual produknya.

3. Tidak menutupi kekurangan produk yang dijual

Kamu Seorang Sales? Ini 7 Cara untuk Bisa Sukses dengan Bijakunsplash.com/Kristina Flour

Karena ingin laku, lalu kamu berusaha menutupi kekurangan produkmu di hadapan konsumen? Wah, kalau begini, walaupun produkmu laku keras, tentu keberkahannya patut dipertanyakan. Kok bisa? Tentu, dong. Kamu merugikan konsumen karena "secara halus" tidak menginformasikan kondisi sesungguhnya dari produk yang mereka beli.

Sales yang bijak akan menginformasikan kondisi sebenarnya dari produk agar konsumen tidak kecewa dan mampu menimbang-nimbang sendiri apakah produk tersebut layak mereka beli. Yuk, jaga integritasmu!

Baca Juga: Ini 5 Bekal Utama Agar Bisa Sukses Kerja di Industri Digital

4. Memberikan alternatif pilihan produk sesuai kebutuhan konsumen

Kamu Seorang Sales? Ini 7 Cara untuk Bisa Sukses dengan Bijakunsplash.com/Artem Beliaikin

Sales yang bijak tidak perlu menutupi kekurangan produk atau pun membual tentang kualitas produk yang mereka jual demi bisa memenuhi target penjualan. Nah, apa yang akan mereka lakukan? Mereka akan memberikan alternatif pilihan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Ketika ada konsumen yang tidak suka dengan kekurangan pada produk A, sales yang bijak mampu memberikan opsi pilihan produk lain yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Selain memberikan opsi, sales bijak akan memberikan opini yang jujur dan saran tentang produk mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Kemampuan ini tentu baru bisa dilakukan jika sales memiliki pemahaman yang baik tentang informasi produk yang mereka jual. Membantu itu berkah, loh.

5. Bersikap ramah dan sopan pada semua konsumen tanpa membedakan status

Kamu Seorang Sales? Ini 7 Cara untuk Bisa Sukses dengan Bijakunsplash.com/freestocks.org

Ada insiden yang memperlihatkan bahwa beberapa sales bersikap kurang sopan kepada konsumen karena meremehkan status ekonomi, usia, ras, bahkan penampilan konsumen. Salah satu contohnya, ada sales yang menghakimi penampilan konsumen dan meremehkannya.

Mentang-mentang ada ibu-ibu yang memilih memakai daster saat belanja di sebuah pusat perbelanjaan, lalu si sales tidak menyambut ramah kehadiran sang konsumen. Duh, perbuatan ini sangat tidak sopan, sih. Sales yang bijak tidak akan bersikap demikian.  

Mungkin karena sudah lama menetap di sebuah perusahaan, si sales jadi hafal dengan konsumen yang sering langganan beli banyak produk dan konsumen yang membeli produk sewajarnya. Karena dibutakan target, walhasil si sales jadi lebih peduli pada konsumen yang belanja banyak produk Ini adalah sikap yang tidak patut dibudayakan di dunia sales.

Walaupun masing-masing konsumen memberikan income yang berbeda, tentu sales yang bijak akan memperlakukan semua konsumennya dengan sama. Sales harus ramah dan sopan tanpa membeda-bedakan.

6. Melakukan pelayanan purnajual yang maksimal

Kamu Seorang Sales? Ini 7 Cara untuk Bisa Sukses dengan Bijakunsplash.com/square

Selepas menjual produk, sales yang bijak tentu tidak lepas tangan begitu saja. Selalu ada risiko produk yang mereka beli rusak dalam proses pengiriman yang disediakan toko. Bisa juga karena produk yang sudah lama dibayar, namun tidak kunjung sampai. Sales yang bijak akan mencoba menyelesaikan permasalahan si konsumen.

7. Selalu memosisikan dirimu sebagai konsumen

Kamu Seorang Sales? Ini 7 Cara untuk Bisa Sukses dengan Bijakunsplash.com/Laurenz Kleinheider

Sales yang bijak akan selalu memosisikan dirinya sebagai konsumen. Dengan begitu, dia akan selalu berusaha maksimal agar konsumen mendapatkan pelayan yang optimal, tanpa menelan kekecewaan. Jika berada di posisi konsumen, si sales tentu tidak akan suka diperlakukan buruk dan dikecewakan.

Nah, itu tadi tujuh cara menjadi sales yang sukses dan bijak. Gimana? Apakah kamu setuju dengan tujuh kriteria ini? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 5 Cara Sukses Kerja ala CEO ASDP Ferry Indonesia 

Shinta Dwi Adinda Photo Community Writer Shinta Dwi Adinda

Cheer up!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You