5 Perbedaan Chef dan Koki, Jangan Sampai Tertukar

Sederhana tapi kamu perlu tahu bedanya dua pekerjaan ini

Tahukah kamu bahwa pekerjaan sebagai chef dan koki yang selama ini kita anggap sama, ternyata memiliki perbedaan yang cukup banyak, lho! Chef dan koki mungkin sama-sama bekerja di satu bidang, namun mereka punya peran yang berbeda.

Mau tahu penjelasan lebih lengkap mengenai perbedaan chef dan koki? Yuk, simak rangkumannya di bawah ini!

1. Pengertian chef

5 Perbedaan Chef dan Koki, Jangan Sampai TertukarIlustrasi chef (pexels.com/Rene Asmussen)

Istilah chef berasal dari bahasa Perancis yaitu chef de cuisine yang memiliki arti kepala dapur. Sehingga dapat dijelaskan bahwa chef merupakan seseorang yang memiliki tanggung jawab sebagai kepala dapur dan sebagai atasan seorang koki.

Selain itu, istilah chef juga merujuk kepada seseorang yang memiliki keterampilan dalam memasak di suatu tempat yang dipercayai untuk memimpin dapur dan meracik menu. Seorang chef selain dipercaya untuk memimpin dapur juga akan memberikan pelatihan kepada koki-koki baru.

Perjalanan untuk menjadi seorang chef bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, seorang chef harus mengikuti pendidikan formal, seperti pendidikan di bidang Tata Boga di sekolah tingkat menengah atas sampai universitas. Lebih baik lagi, seseorang bahkan bisa menggali ilmu memasak hingga ke universitas di luar negeri. 

2. Pengertian koki

5 Perbedaan Chef dan Koki, Jangan Sampai Tertukarilustrasi koki (pixabay.com/Pexels)

Pengertian koki sendiri biasanya sering dikaitkan sebagai juru masak. Koki merupakan sebutan untuk seseorang yang pandai dalam memasak. Untuk menjadi seorang koki, kamu tidak perlu menempuh pendidikan formal dan tinggi seperti layaknya chef. Pasalnya, seorang koki akan mendapatkan pelatihan memasak dari seorang chef. 

Seorang koki hanya akan fokus pada suatu jenis makanan. Salah satu contohnya yaitu seorang koki di restoran dengan menu makanan ayam. Koki tersebut akan andal dalam memasak ayam karena terbiasa membuat menu yang sama. 

3. Perbedaan chef dan koki

dm-player
5 Perbedaan Chef dan Koki, Jangan Sampai TertukarIlustrasi koki menyiapkan makanan (pexels.com/pietrozj)

Perbedaan chef dan koki dapat dilihat dari peran dan tanggung jawab ketika bekerja. Seorang chef berperan sebagai kepala koki yang bertanggung jawab terhadap berbagai kegiatan di dapur, mulai dari pengelolaan SDM, pengendalian bahan baku, pengembangan menu masakan, hingga pengelolaan biaya belanja dapur.

Berikut ini beberapa perbedaan chef dan koki dari pengertian hingga gaji.

1. Dari segi etimologi, kata chef berasal dari bahasa Perancis yaitu chief yang berarti kepala, lengkapnya adalah chief de cuisine (kepala dapur). Sedangkan koki berasal dari bahasa Inggris yakni cook yang berarti juru masak.

2. Untuk menjadi chef, tentu perlu melewati tahap pendidikan di sekolah tinggi yang menyediakan Jurusan Tata Boga selama 2 tahun (D1) hingga 4 tahun (S1).  Sedangkan koki biasanya mendapatkan keahliannya dari pengalaman memasak suatu masakan hingga mampu memasak dengan baik.

3. Perbedaan chef dan koki selanjutnya ada pada peran dan tanggung jawab. Chef memiliki jenjang jabatan yang berbeda-beda. Tingkatan ini menentukan peran dan tanggung jawab masing-masing ketika bekerja.

4. Chef berperan dalam pembuatan dan pengembangan menu di restoran atau menu hotel, melakukan manajemen dapur, kemudian memastikan rasa setiap masakan yang dibuat sudah sesuai. Selain itu, chef juga bertanggung jawab menjaga ketersediaan bahan baku dan menyediakan waktu untuk meningkatkan kemampuan chef di bawahnya.

Sedangkan koki bekerja berdasarkan tugas yang telah diberikan. Namun, bukan berarti tanggung jawabnya kecil. Seorang koki juga harus memastikan masakan yang ditugaskan kepadanya bisa terselesaikan dengan baik.

5. Perbedaan tanggung jawab antara chef dan koki tentunya memengaruhi perbedaan gaji yang diperoleh. Seorang chef dapat mengantongi gaji Rp5 juta, bahkan bisa jauh lebih besar dari angka tersebut tergantung posisi dan tempat ia bekerja. Sedangkan koki umumnya mendapat gaji sebesar Rp3 juta.

Jadi, itu dia penjelasan mengenai perbedaan chef dan koki mulai dari pengertian hingga tugas dan tanggung jawabnya. Sekarang sudah tahu perbedaannya bukan?

Penulis: Rani Purwanti

Baca Juga: Alumni MasterChef Indonesia Spill 5 Fakta di Balik Layar Berikut

Topik:

  • Sierra Citra
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya