Comscore Tracker

5 Alasan Bertukar Password Media Sosial dengan Pacar Bukan Ide Bagus

Masing-masing tetap butuh privasi

Seringkali saat menjalin hubungan dengan seseorang yang sangat kita cintai, pasti kita ingin selalu membuatnya bahagia dengan menuruti semua kemauannya, salah satunya yang paling sering terjadi adalah memberikan password media sosial.

Tampak sepele memang, tapi siapa sangka jika tindakan tersebut bisa termasuk dalam salah satu jenis kekerasan dalam hubungan tanpa kamu sadari lho. Apalagi jika pacar memintanya secara paksa. Tentu saja yang harus kamu lakukan adalah menolaknya dengan tegas.

Jika saat ini kamu sedang mengalami hal tersebut dan ragu untuk mengambil tindakan yang tepat, yuk baca lima alasan kamu harus menolak keinginan pacar yang memaksa bertukar password media sosial seperti berikut ini.

1. Setiap orang membutuhkan privasi

5 Alasan Bertukar Password Media Sosial dengan Pacar Bukan Ide Bagusilustrasi perempuan bermain media sosial (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu harus paham bahwa ada beberapa hal yang tidak seharusnya kamu bagi pada siapa pun, termasuk password media sosial. Jika kamu memberikannya maka kamu telah melanggar hak privasimu sendiri, lho.

Tak berbeda dengan orang lain, kamu pasti memiliki banyak hal yang tidak ingin kamu bagi, termasuk ke pacar. Ketahuilah bahwa sebagai makhluk hidup, kamu pun berhak memiliki batas ruang privasi sendiri.

2. Merugikan orang lain

5 Alasan Bertukar Password Media Sosial dengan Pacar Bukan Ide Bagusilustrasi ponsel (pexels.com/Charlotte May)

Selain melanggar hak privasi diri sendiri, bertukar password media sosial dengan pacar juga tanpa sadar telah membuatmu melanggar hak privasi orang lain yang berkomunikasi denganmu. Tentu saja hal ini sangat merugikan mereka.

Sebagai contoh, sahabatmu curhat melalui chat dan berharap percakapan tersebut hanya diketahui oleh kalian berdua saja. Coba bayangkan jika sahabatmu tahu jika pacarmu juga memiliki akses untuk melihat percakapan kalian. Wah, bisa-bisa dia tidak akan percaya lagi padamu.

Baca Juga: 5 Tips Utama Bangun Personal Branding di Media Sosial

3. Bukan sebagai bukti atau alat saling percaya

5 Alasan Bertukar Password Media Sosial dengan Pacar Bukan Ide Bagusilustrasi mengabaikan pasangan (pexels.com/RODNAE Productions)

Kamu salah jika berpikir bahwa dengan bertukar password media sosial merupakan salah satu bukti atau alat untuk saling percaya satu sama lain. Justru tindakan tersebut menunjukkan bahwa pacar tidak percaya sepenuhnya denganmu.

Jika dia percaya, maka dia tidak akan memaksa bertukar password media sosial untuk selalu memantau kegiatanmu, tapi dia akan membebaskanmu melakukan kegiatan apa saja yang kamu sukai.

4. Dapat menjadi sumber masalah

5 Alasan Bertukar Password Media Sosial dengan Pacar Bukan Ide Bagusilustrasi bertengkar dengan pasangan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Bertukar password media sosial bisa menjadi faktor yang memicu pertengkaran dan perkelahian. Hal tersebut biasanya dipicu oleh rasa kecurigaan yang di masa depan berpotensi menimbulkan keraguan akan kejujuran masing-masing pihak.

Aksi memantau media sosial pun akan semakin gencar. Tentunya hal ini berbahaya bagi hubungan kalian.

5. Kadang tidak tahu banyak hal adalah anugerah

5 Alasan Bertukar Password Media Sosial dengan Pacar Bukan Ide Bagusilustrasi perempuan bahagia (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tahukah kamu bahwa terkadang tidak tahu mengenai banyak hal itu merupakan suatu anugerah? Sudah tak terhitung berapa banyak pasangan yang mengakhiri hubungannya lantaran kesalahpahaman yang bersumber dari media sosial.

Tak jarang seseorang pun menjadi overthinking dan gelisah saat mengetahui pasangan chat dengan orang lain padahal bisa saja orang itu adalah seorang klien atau saudara jauhnya.

Apa yang kamu lihat di media sosial belum tentu sama seperti kenyataan yang ada. Jadi, supaya hidup kamu lebih tenang dan damai, sebaiknya kamu tidak perlu saling bertukar password media sosial dengan pasangan. Seharusnya kalian cukup saling percaya dengan segala hal yang pasangan kalian ungkapkan.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Cari Pasangan di Media Sosial

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya