Comscore Tracker

Meski Pendiam, 7 Alasan Introver adalah Aset Berharga di Tempat Kerja

Jangan dikira mereka apatis ya

Ada beragam jenis manusia dengan karakter berbeda-beda di tempat kerja. Ada yang sangat bersemangat, si extrover, juga sosok yang dingin dan pendiam, introver. Seorang ektrover biasanya cenderung dianggap mudah sukses dan bersinar. Sedangkan introver kurang mendapat sorotan. 

Jangan salah. Diam-diam, seorang dengan kepribadian introver adalah low-key heroes, yang punya segudang strategi dan pengetahuan dalam urusan menangani masalah pekerjaan lho. Meski kerap kurang diperhatikan, ini 7 alasan mengapa introver merupakan aset berharga bagi perusahaan. 

1. Introver adalah pribadi independen yang hebat dalam mengatasi proyek mandiri

Meski Pendiam, 7 Alasan Introver adalah Aset Berharga di Tempat KerjaUnsplash/Nicole Wolf

Kebanyakan para introver lebih suka bekerja secara independen. Sementara mereka mampu bekerja sama dengan tim, orang-orang seperti mereka berkembang melalui tugas-tugas yang dikerjakan mandiri. Introver tidak berpangku tangan ketika mempelajari keterampilan terkait pekerjaan baru. Mereka juga lebih suka memulai pekerjaan tanpa menunggu inisiatif dari rekan kerjanya. 

2. Introver secara alami cenderung lebih kreatif

Meski Pendiam, 7 Alasan Introver adalah Aset Berharga di Tempat KerjaUnsplash/Nirmal Rajendharkumar

Para introver biasanya lebih mampu berpikir secara out of the box, sebab mereka punya lebih banyak waktu untuk memproses bermacam informasi yang ia serap dari orang-orang di sekitarnya.

Introver juga terbiasa melihat masalah dari sudut pandang berbeda, dan menawarkan solusi inovatif yang mungkin dilewatkan oleh orang lain. Inilah mengapa seorang introver sangat cocok untuk perusahaan yang bekerja di bidang kreatif.

Baca Juga: 5 Alasan Logis Orang yang Introver Gak Melulu Penyendiri & Anti Sosial

3. Sosok yang matang, orang introver selalu berpikir dulu sebelum mereka berbicara

Meski Pendiam, 7 Alasan Introver adalah Aset Berharga di Tempat KerjaUnsplash/Christina

Introver sering dilekatkan dengan stereotip pendiam dan penyendiri. Walau mereka dikenal sebagai pribadi yang hemat omong, introver adalah orang yang penuh kebijaksanaan dan wibawa ketika sudah angkat bicara. Orang dengan kepribadian satu ini lebih suka menghabiskan waktu untuk berpikir kritis di sela keheningan, dibanding membuangnya untuk mengobrol yang tidak berbobot. 

4. Introver juga punya kemampuan memimpin tak kalah hebat dengan ekstrover

Meski Pendiam, 7 Alasan Introver adalah Aset Berharga di Tempat KerjaUnsplash/Smartworks Coworking

Seorang introver juga bisa menjadi seorang pemimpin yang lebih efektif dibanding ekstrover dalam banyak situasi. Dalam berperan sebagai pemimpin, mereka dinilai memiliki kemampuan unik untuk meningkatkan kreativitas karyawannya.

Pemimpin yang introver cenderung lebih baik dalam hal mendukung dan menyalurkan inisiatif atau kreativitas bawahan, sementara pemimpin ektrover justru membuat karyawan cenderung pasif. 

5. Introver adalah sosok pendengar dan pembelajar yang baik

Meski Pendiam, 7 Alasan Introver adalah Aset Berharga di Tempat KerjaUnsplash/CoWomen

Sebab seorang introver lebih reflektif dengan permasalahan di sekitar, mereka biasanya mendengarkan semua informasi yang masuk dengan baik, dan mempertimbangkan ide-ide rekannya dengan hati-hati.

Mereka adalah pendengar yang baik, yang mampu membangun komunikasi serta hubungan kuat dengan rekan, karena orang di sekeliling biasanya merasa dihargai oleh introver. Ini tentu berguna bagi produktivitas dan efektivitas perusahaan dong, ya! 

6. Introver tidak suka mencampuradukkan politik dan pekerjaan

Meski Pendiam, 7 Alasan Introver adalah Aset Berharga di Tempat KerjaUnsplash/Brooke Cagle

Yup, para introver jarang sekali tertarik bermain politik kantor. Mereka tidak suka memanipulasi rekan kerjanya, dan memilih fokus pada pekerjaannya. Orang introver lebih suka maju menggunakan etos kerja dan inovasinya sendiri, daripada bermain saling sikut dan berpolitik dengan rekan-rekan kerjanya.

7. Introvert cenderung lebih produktif di tempat kerja

Meski Pendiam, 7 Alasan Introver adalah Aset Berharga di Tempat KerjaUnsplash/Andreas Klassen

Introver memang dapat diandalkan untuk urusan proyek individu, karena mampu fokus untuk waktu yang lama. Mereka suka menghabiskan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan sempurna, dibanding menyia-nyiakan waktu untuk bergosip sesama karyawan. Inilah mengapa mereka cenderung lebih produktif, sebab introver kebanyakan berorientasi pada efisiensi kerja. 

Meskipun banyak kesalahpahaman tentang introvert di tempat kerja, sekarang sudah tahu kan kalau mereka adalah sosok yang berharga bagi perusahaan, sama dengan si ekstrover? 

Baca Juga: 6 Kondisi yang Membuat Kaum Ekstrover Memilih Menyendiri Sejenak

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya