Comscore Tracker

8 Tanda Nyata Kamu Tak Bisa Percaya Bosmu Lagi

Apa kamu mengalami ini?

Dalam dunia kerja, kamu pasti akan dihadapkan dengan atasan yang memiliki karakter yang tidak pernah kamu sangka. Sebagai karyawan, selain kamu harus menunjukkan kredibilitas yang baik, kamu juga harus tahu dengan siapa kamu mengabdi. Jangan sampai kamu bekerja dengan seseorang yang hanya berniat menyedot habis darahmu tanpa mempedulikan kesejahteraanmu sebagai karyawan.

Kamu harus tahu bagaimana sifat dan karakter bos mu agar kamu bisa bekerja dengan nyaman dan tanpa menggerutu sedikitpun. Ada 8 tanda nyata kamu tidak bisa mempercayai bosmu yang harus kamu ketahui sedari sekarang.

1. Dia membuat keputusan yang hanya menguntungkan dirinya.

8 Tanda Nyata Kamu Tak Bisa Percaya Bosmu Lagipeople.howstuffworks.com

Perhatikan saat setiap kali dia mengambil keputusan. Apakah dia hanya mementingkan dirinya sendiri atau dia juga mementingkan kamu sebagai bawahan. Jika dia terlihat arogan dan tidak mau berkompromi tentang keputusannya yang mencekikmu, maka bosmu itu tidak bisa dipercaya.

2. Kamu mendengarnya bergosip.

8 Tanda Nyata Kamu Tak Bisa Percaya Bosmu Lagimagforwomen.com

Tukang gosip mana yang bisa dipercaya. Jika kamu pernah mendengar bosmu membicarakan karyawan lain dengan karyawannya, maka jangan mempercayainya. Dia adalah tipe bos yang semaunya sendiri dan hanya menggunakan karyawan sebagai alat. Jika dia bisa membicarakan orang lain, maka dia juga bisa membicarakanmu nantinya.

3. Dia menjadikanmu sebagai contoh di dalam rapat.

8 Tanda Nyata Kamu Tak Bisa Percaya Bosmu Lagishutterstock.com

Bos yang baik akan memberikan dirinya sendiri sebagai contoh dan bukan malah menunjukmu sebagai bahan percobaan. Jika kamu menemukan bosmu yang dengan mudah menunjukmu sebagai contoh saat rapat, maka bisa jadi bosmu bukan orang yang bisa dipercaya.

4. Dia tidak memberikan penjelasan yang jelas untuk keputusannya.

8 Tanda Nyata Kamu Tak Bisa Percaya Bosmu Lagiforbes.com

Apakah bosmu suka bertindak sendiri tanpa memberikan penjelasan yang jelas? Itu bisa jadi karena bosmu tidak mempercayai orang lain selain dirinya sendiri. Bos yang baik adalah bos yang mempercayai karyawannya. Jika karyawannya saja tidak dia percaya, maka dia tidak akan menghargai pekerjaanmu. Dia akan menilai segala sesuatu dengan curiga.

5. Dia tahu kamu berpotensi, tapi tidak melakukan apapun padamu.

8 Tanda Nyata Kamu Tak Bisa Percaya Bosmu Lagiuserresearchfriday.com

Jangan mempercayai bos seperti ini. Kalau perlu, kamu harus sudah menyudahi hubungan kerjamu dengannya. Kalau kamu tetap bertahan untuk bekerja dengannya, dia akan menindasmu habis-habisan. Dia tidak akan menganggap potensimu sebagai hal yang perlu dikembangkan. Kamu akan mengalami yang namanya kerja sia-sia.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh Lindungi Mood Positif dari Rekan yang Negatif

6. Dia merasa tidak aman jika karyawannya mengemukakan jalan keluar.

8 Tanda Nyata Kamu Tak Bisa Percaya Bosmu Lagimbaed.com

Dia merasa tidak nyaman karena dia tidak percaya jika karyawannya lebih memiliki ide daripada dia sebagai bos. Dia tidak menganggap hal ini sebagai sebuah prestasi melainkan ancaman. Kamu yang memiliki bos seperti ini harus peka. Dia tidak bisa dipercaya.

7. Dia memiliki peraturan ketat soal ruangannya yang harus tertutup.

8 Tanda Nyata Kamu Tak Bisa Percaya Bosmu Lagisafetysupplywarehouse.com

Dia akan marah luar biasa jika kamu lupa menutup pintu ruangannya. Bahkan, dia mengunci pintu rapat-rapat sebelum dia meninggalkan ruangan. Dia jelas tahu bahwa karyawannya tidak akan melakukan hal yang aneh-aneh tapi dia tetap tidak percaya. Jangan mempercayai bos tipe seperti ini.

8. Dia melupakan janji yang dia buat sendiri.

8 Tanda Nyata Kamu Tak Bisa Percaya Bosmu Lagiistockphoto.com

Yang paling terakhir ini adalah yang paling penting. Kamu harus mengingat apa yang dia katakan. Jika dia mengatakan dia ingin melakukan A tapi kemudian melupakannya, maka jelas sekali dia tidak bisa dipercaya. Jika dari perkataannya sudah tidak bisa dipegang, maka begitu juga dengan perbuatannya.

Jika kamu merasa bahwa bosmu termasuk bos yang tidak bisa dipercaya, maka sebaiknya kamu tidak lagi berurusan dengannya atau kamu sendiri yang akan menderita. Karena kamu telah mengeluarkan segenap keringat, pemikiran, waktu dan tenaga, maka kamu pantas dihargai dengan bosmu sendiri.

Baca Juga: Biar Interview Lancar, Siapkan 10 Hal Ini Sehari Sebelumnya

Topic:

Berita Terkini Lainnya