Comscore Tracker

7 Cara Cerdas Jaga Komunikasi dengan Tim di Kantor

Biar kerjaanmu lancar...

Menjaga komunikasi di kantor adalah hal mutlak yang setiap orang harus bisa lakukan. Dengan komunikasi yang baik, kamu bukan hanya bisa menjalin pertemanan di kantor, tapi juga bisa mempermudah pekerjaanmu karena kamu punya rekan yang siap membantumu kalau kamu kesulitan.

Untuk itu, ini lho 7 cara cerdas jaga komunikasi dengan tim di kantor. Supaya kantor jadi tempat yang nyaman untukmu dan kamu bisa mengekspresikan apapun pemikiran kamu tanpa takut atau minder.

1. Tersenyum dan sebarkan sinyal positif.

7 Cara Cerdas Jaga Komunikasi dengan Tim di Kantorstylecraze.com

Komunikasi tidak harus menggunakan kata-kata, dengan menjadi ramah, maka kamu sudah menciptakan komunikasi yang positif dengan rekan kerjamu. Jangan malas senyum, orang akan menilai kamu sosok yang hangat.

2. Menghargai pekerjaan yang dilakukan rekanmu.

7 Cara Cerdas Jaga Komunikasi dengan Tim di Kantorunsplash.com

Sekalipun kamu tidak puas, jangan terang-terangan mengatakan bahwa hasil kerjanya jelek. Tetap hargai apa yang sudah dia lakukan dan berkata bahwa kamu yakin dia bisa melakukan yang lebih baik lagi nanti.

3. Mendengar lagi banyak dan mencoba lebih pengertian.

7 Cara Cerdas Jaga Komunikasi dengan Tim di Kantorfanpop.com

Jadilah pendengar yang aktif. Yang mendengar karena ingin mengerti bukan mendengar karena ingin menjawab. Dengan mendengar dan pengertian, kamu akan membuat mereka menghargaimu juga.

4. Jangan pernah komplain walau kamu mengalami kesulitan.

7 Cara Cerdas Jaga Komunikasi dengan Tim di Kantorfanaru.com

Sering komplain akan membuatmu kelihatan tidak kompeten. Rekan-rekanmu juga nantinya akan malas berkonsultasi padamu karena kamu tukang komplain.

Baca juga: 6 Tanda Nyata Kalau Kamu Sudah Terlalu Stress dengan Pekerjaanmu

5. Miliki selera humor yang baik untuk menjaga hubunganmu dengan rekan.

7 Cara Cerdas Jaga Komunikasi dengan Tim di Kantorunsplash.com

Jangan terlalu serius. Sesekali bercandalah dengan beberapa rekanmu untuk mencairkan suasana. Ini bisa jadi hal yang baik untuk kelancaran pekerjaanmu.

6. Membantu menyelesaikan konflik yang ada antar rekan.

7 Cara Cerdas Jaga Komunikasi dengan Tim di Kantorvanityfair.com

Jadilah penengah, bukan kompor gas. Intinya, saat rekanmu berada dalam suasana panas, jadilah seseorang yang bisa menenangkan mereka dan membuat keadaan jadi dingin.

7. Berhati-hati tentang apa yang akan kamu katakan.

7 Cara Cerdas Jaga Komunikasi dengan Tim di Kantorimdb.com

Jangan asal bicara, berkata kotor atau menyebar isu miring. Kamu harus jadi orang yang sedikit bicara agar kamu jadi orang yang bisa dipercaya orang banyak di kantormu.

Dengan melakukan semua hal di atas, hubunganmu dengan rekan kantor akan berjalan dengan lancar karena kamu tahu bagaimana cara menyikapi mereka. Kamu juga akan dikenal sebagai orang yang cakap dan bisa diandalkan.

Baca juga: Biar Kamu Betah, Ini 7 Cara Bikin Kantor Jadi Tempat yang Menyenangkan

Topic:

Berita Terkini Lainnya