Comscore Tracker

IWF 2021: 5 Trik Menulis Artikel yang Dilirik Pembaca, Harus Menarik!

Bisa muncul di halaman utama pencarian Google, lho

Menjadi seorang penulis, pasti kamu mengharapkan agar tulisanmu bisa masuk dalam halaman utama pencarian Google, kan? Membuat artikel muncul pada halaman utama pencarian Google ini butuh tips and trik khusus yang perlu kamu terapkan.

Bukan tanpa alasan, dengan muncul di halaman utama Google, artikelmu bakal punya kesempatan mendapatkan pembaca lebih banyak, lho. Cara menerapkannya pun susah-susah gampang.

Untungnya, pada Indonesia Writers Festival 2021 hari kedua kemarin, tips and trik ini dibahas tuntas oleh para ahli. Ada Jumawan Syahrudin, Anastasia Desire, dan Bayu Wardhana.

Nah, untuk kamu yang ketinggalan sesi ini dan ingin tahu trik khusus dalam menulis artikel agar dilirik pembaca, simak selengkapnya di bawah ini. Catat dan terapkan, ya!

1. Tulislah artikel yang SEO friendly

IWF 2021: 5 Trik Menulis Artikel yang Dilirik Pembaca, Harus Menarik!Jumawan Syahrudin di IWF 2021 (youtube.com/IDN Times)

Berbicara soal artikel yang muncul pada halaman utama pencarian Google, maka tidak lepas dengan yang namanya SEO. SEO (Search Engine Optimization) merupakan upaya mengoptimalkan  website, sehingga artikel bisa berada di peringkat pertama mesin pencarian, seperti Google.

Supaya artikel yang ditulis bisa muncul pada halaman utama pencarian, maka kamu perlu menulis artikel yang SEO friendly. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah riset keywords terlebih dahulu.

Riset keywords ini berguna untuk mengetahui dan menganalisis artikel dengan keyword apa yang muncul pada halaman utama. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan search intent, jumlah kata yang ditulis, penempatan keywords, meta title dan description, link, alt-text, dan struktur dari URL yang akan kamu buat.

Jika semua tips penulisan artikel yang SEO friendly itu kamu terapkan pada artikelmu, maka tak butuh waktu lama artikelmu bisa muncul pada halaman utama pencarian. Gimana, tertarik untuk menerapkannya?

2. Tampilkan sesuatu menarik dari sisi penulisan

IWF 2021: 5 Trik Menulis Artikel yang Dilirik Pembaca, Harus Menarik!Bayu Wardhana di IWF 2021 (youtube.com/IDN Times)

Membuat artikel yang dapat dilirik oleh pembaca juga perlu menampilkan sesuatu yang menarik. Sebagai contoh, dalam penulisan judul. Jika kamu membuat judul yang menarik dan memunculkan rasa penasaran bagi pembaca, maka tidak menutup kemungkinan artikel itu akan dilirik oleh pembaca.

Selain itu, kamu juga perlu menentukan target dari tulisanmu itu serta artikel seperti apa yang ramai dan diminati. Sehingga, nantinya bisa mendatangkan banyak pembaca untuk artikelmu tersebut.

3. Tulislah judul yang click-worthy bukan click-bait

IWF 2021: 5 Trik Menulis Artikel yang Dilirik Pembaca, Harus Menarik!Anastasia Desire di IWF 2021(youtube.com/IDN Times)

Pastikan judul yang kamu buat bersifat click-worthy. Jangan sesekali membuat judul yang click-bait. Sebab, ketika kamu membuat judul yang click-bait, maka akan mendatangkan kesan buruk bagi pembaca.

Saat mereka melihat judulmu menarik, namun pada kenyataannya isi artikel tidak sesuai, pembaca akan langsung menutup artikelmu. Tentu kamu gak ingin hal seperti itu terjadi, kan?

Isi dari artikel itu pun harus sesuai dengan judul. Jangan sampai ingin menarik pembaca, tapi kamu malah membuat judul dan isi artikel yang tidak saling berkaitan. Hal-hal seperti ini jangan sampai kamu lakukan jika ingin artikelmu dapat dilirik oleh pembaca, ya!

Baca Juga: IWF 2021: 5 Jurus Hasilkan Tulisan Terbaik supaya Dilirik Editor

4. Gambar yang menarik dan mencerminkan judul

IWF 2021: 5 Trik Menulis Artikel yang Dilirik Pembaca, Harus Menarik!ilustrasi gambar visual menarik (unsplash.com/Brooke Lark)

Gambar atau visual pada artikel yang dibuat bisa menambah ketertarikan minat pembaca. Jadi, selain mengemas judul dan isi artikel menarik, kamu juga perlu menambahkan gambar yang berhubungan dengan isi artikel.

Perlu kamu ingat juga, pemilihan gambar juga harus mencerminkan judul artikel yang kamu tulis. Jangan sampai judul yang ditulis dan gambar pendukung itu tidak sinkron. Itu malah akan membuat artikelmu jadi tidak menarik, lho.

5. Rangkai kalimat pembuka yang menarik

IWF 2021: 5 Trik Menulis Artikel yang Dilirik Pembaca, Harus Menarik!ilustrasi menulis artikel (unsplash.com/Avel Chuklanov)

Kalimat pembuka penting banget untuk dapat membuat pembaca membaca artikelmu secara keseluruhan. Jadi, buatlah kalimat pembuka yang menarik dan dapat menangkap pembaca. 

Jika kalimat pembuka dapat kamu kemas dengan menarik, maka percayalah, pembaca akan betah untuk membaca artikelmu sampai tuntas. Namun ingat, jangan hanya pada kalimat pembuka saja yang kamu perhatikan. Untuk kalimat dan paragraf lainnya juga perlu kamu perhatikan. Tulislah sesuatu yang bernilai dan bermanfaat bagi pembacamu.

Jadi, bagaimana dengan beberapa trik artikel di atas? Yuk, mulai sekarang coba untuk menerapkan tips dan trik di atas untuk memaksimalkan artikelmu agar mendapatkan banyak pembaca. Selamat menulis dan semangat mencoba, ya!

IDN Times menggelar Indonesia Writers Festival 2021. Acara yang juga dikenal dengan IWF 2021 ini adalah pertemuan independen yang berkomitmen untuk memberdayakan Indonesia melalui bidang menulis. Acara dengan slogan Empowering Indonesians Through Writing ini dilangsungkan mulai 25 hingga 30 Oktober 2021 melalui zoom dan YouTube channel IDN Times.

IWF 2021 sendiri menghadirkan lebih dari 20 pembicara kompeten di berbagai latar belakang seperti Gina S. Noer, AULION, Zarry Hendrik, Kevindra Soemantri, Sri Izzati, dan masih banyak yang lainnya. Simak terus keseruannya di situs idntimes.com, ya!

Baca Juga: IWF 2021: 5 Keuntungan Menulis di IDN Times Community, Berlimpah Cuan!

Sucy Fujiazma Photo Verified Writer Sucy Fujiazma

Content writer of IDN Times.com, Hipwee.com | Website : menjadipendengar.com | instagram : @sucyfujiazma

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya