Comscore Tracker

5 Masalah yang Kamu Alami Saat Melakoni Hidup Tanpa Prinsip

Terombang-ambing tanpa tujuan

Prinsip hidup itu bagaikan rambu-rambu dalam menjadi hidup. Hidup tanpa memiliki prinsip bisa diibaratkan seperti nakhoda tanpa peta dan tujuan. Oleh karena itu, kamu bisa melihat bagaimana orang yang menjalani hidup tanpa prinsip akan menghadapi banyak masalah.

Sebagai pembelajaran bagi kita semua, berikut ini penulis rangkum masalah yang kamu alami saat melakoni hidup tanpa prinsip. Jangan sampai begitu, ya!

1. Mudah terbawa arus pergaulan

5 Masalah yang Kamu Alami Saat Melakoni Hidup Tanpa Prinsipilustrasi sedang tertawa (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Orang yang tidak memiliki prinsip kebanyakan tidak berpikir panjang ketika memutuskan segala sesuatu. Hal ini membuat kamu sulit membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Karena hal itulah, orang yang tidak memiliki prinsip bisa dengan mudahnya mengiyakan ajakan kawan untuk melakukan sesuatu. Kamu mudah terbawa arus pergaulan, entah itu pergaulan baik ataupun buruk.

2. Tidak konsisten

5 Masalah yang Kamu Alami Saat Melakoni Hidup Tanpa Prinsipilustrasi orang bingung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Tidak konsisten adalah masalah kedua yang pasti dialami orang yang tidak memiliki prinsip. Hal ini terjadi karena kamu tidak memiliki alasan yang kuat untuk menolak ajakan mereka (orang yang mengajak).

Akibatnya, kesuksesan dalam hal apa pun tidak dapat diraih. Hanya dengan konsisten kamu bisa berhasil menggapai impian.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menerapkan Prinsip Stoikisme, Hidup Lebih Bermakna!

3. Mudah dimanfaatkan

5 Masalah yang Kamu Alami Saat Melakoni Hidup Tanpa Prinsipilustrasi sedang berdiskusi (pexels.com/fauxels)

Prinsip sangat dibutuhkan untuk memfilter semua pengaruh dari apa yang kamu dengar, lihat, dan rasakan. Jika tidak punya, akibatnya kamu bisa sangat mudah dimanfaatkan karena orang yang tidak punya prinsip cenderung mudah percaya.

Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan, kehidupanmu bisa berantakan jika tidak segera disadari. Introspeksi diri, yuk!

4. Perekonomian memburuk di masa depan 

5 Masalah yang Kamu Alami Saat Melakoni Hidup Tanpa Prinsipilustrasi gagal memulai bisnis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Prinsip adalah kunci sukses dari segala hal. Orang yang punya prinsip akan konsisten dalam bekerja sehingga mereka tidak mudah digoyahkan oleh rasa malas. Sebaliknya, sebanyak apa pun pekerjaan yang kamu kerjakan, semuanya akan gagal jika tidak punya prinsip yang kuat.

Oleh karena itulah, orang yang tidak punya prinsip berpotensi besar mengalami masalah perekonomian di masa depan. Harus konsisten, ya!

5. Sulit mengambil keputusan

5 Masalah yang Kamu Alami Saat Melakoni Hidup Tanpa Prinsipilustrasi tidak punya prinsip (pexels.com/Inzmam Khan)

Seperti yang disinggung di poin nomor satu, prinsip yang kuat membantu kamu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Jika tidak punya, akibatnya kamu akan kesulitan mengambil keputusan karena tidak memiliki fondasi yang kuat dalam berpikir. Selain itu, orang yang tidak punya prinsip juga tidak cocok dijadikan sebagai pemimpin karena tidak tegas.

Perkara prinsip hidup sebenarnya bisa dibangun kapan pun. Masalahnya, bisakah kita konsisten dalam waktu yang lama? Oleh karena itu, pilihlah prinsip hidup yang sudah jelas kesudahannya. Jangan meraba-raba, ya!

Baca Juga: 5 Kunci Menjalani Hidup dengan Percaya Diri, Harus Punya Prinsip!

Sumahir Hidayanto Photo Verified Writer Sumahir Hidayanto

Penulis lepas, lepas, ayo lepaskan unek-unek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya