Comscore Tracker

5 Cara Membuat Blog untuk Pemula, Biar Sukses di Dunia Digital

Biar makin kekinian di era digital dengan eksis membuat blog

Memiliki sebuah blog memang sudah menjadi tren beberapa tahun silam dan terus berkembang hingga saat ini. Blog menjadi sebuah wadah seseorang dalam menyampaikan personal branding. Ada berbagai tipe blog, namun kebanyakan bersifat non formal namun tetap informatif.

Hal ini bisa terlihat dari eksistensi blog yang hampir sama aktualnya dengan sebuah platform media. Selain itu, blog juga tidak dipungut biaya alias gratis sehingga siapa pun bisa membuat blog. Penasaran seperti apa sih cara membuat blog? Yuk cari tahu!

1. Memilih layanan blog gratis

5 Cara Membuat Blog untuk Pemula, Biar Sukses di Dunia Digitalpexels.com/pixabay

Sebagai pemula kamu bisa memanfaatkan layanan blog gratis dari berbagai platform. Diantaranya: Weebly.com, Tumblr.com, Medium.com, Blogger.com, WordPress.com, Ghost.org, dan Blogdetik.com. Namun dari sekian banyak pilihan, masyarakat lebih memilih WordPress.com dan Blogger.com, karena memiliki fitur lebih banyak. Sehingga kamu bisa lebih leluasa untuk mengoptimalkan blog yang kamu miliki.  

2. Menentukan konsep blog

5 Cara Membuat Blog untuk Pemula, Biar Sukses di Dunia Digitalpexels.com/Startup Stock Photos Follow

Sebelum kamu membuat blog pastikan sudah tahu mau menulis tentang apa, targetnya siapa dan bagaimana penyampaiannya. Karena menarik atau tidaknya sebuah blog itu tergantung dari informasi apa yang ada di dalamnya. Lebih dari 70 persen konten yang ada di seluruh dunia hanya mendapat 5000 kunjungan dalam sebulan artinya hanya ada 150 orang saja yang melakukan kunjungan dalam sehari.

Nah, konsep blog yang menarik juga bisa kamu jadikan sebagai ladang untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah lho. Hanya ada dua pilihan, pertama kamu menulis apa yang telah kamu kuasai sehingga menjadikannya berbeda atau menulis suatu hal yang sedang tren dengan penyampaian yang berbeda. Hal ini tentu bisa menjadi pondasi blog yang menarik dan informatif. 

3. Menentukan domain atau alamat URL blog

5 Cara Membuat Blog untuk Pemula, Biar Sukses di Dunia Digitalpexels.com/ Miguel Á. Padriñán

Sebelumnya kamu harus memahami apa itu domain. Domain merupakan alamat URL atau alamat blospot yang kamu miliki. Melalui domain kamu bisa mulai meningkatkan awareness yang kamu miliki. Pikirkanlah secara bijak nama apa yang paling tepat untuk domain, karena hal ini bisa memengaruhi pengembangan blog di waktu mendatang.

Kamu bisa menggunakan nama atau konten yang akan kamu sajikan dalam blog. Pokoknya yang paling penting domain harus mudah dibaca dan diingat. Hindari penggunaan titik, koma, petik, Angka atau underscore. Misalnya nama kamu diikuti, com, .net, .info, .org, co.id, .id, dan lain-lain. Namun, bagi kamu yang ingin buru-buru menaikkan traffic kunjungan bisa juga lho membeli domain. 

Baca Juga: Perhatikan 5 Hal Berikut Ini Sebelum Mempublikasikan Blog Pribadi!

4. Mengoptimalkan blog

5 Cara Membuat Blog untuk Pemula, Biar Sukses di Dunia Digitalpexels.com/pixabay

Banyak yang bilang bahwa membuat blog itu sangat mudah, yang sulit adalah mempertahankannya. Salah satunya dengan menulis minimal 300 kata, karena apabila kamu hanya menulis 100 kata saja, maka google sulit menditeksi blog kamu.

Google menganggap bahwa blog kamu kurang informatif. Perhatikan pula format penulisan, misalnya font, spasi, tanda baca sehingga membuat pengunjung blog kamu nyaman saat datang ke lamanmu. Pilihlah hosting yang bisa diandalkan, tentu harga akan menentukan kualitas hosting yang kamu pilih.

5. Langkah membuat membuat blog untuk pemula

5 Cara Membuat Blog untuk Pemula, Biar Sukses di Dunia Digitalpexels.com/stokpic
  1. Pertama buka situs Blogger.com lalu create your blog
  2. Masukkan alamat Gmail
  3. Masukkan pasword yang sesuai dengan akun gmail
  4. Pilihlah akun Google+ dengan begitu profil blog akan terisi secara otomatis
  5. Create profile, kamu bisa mengedit foto maupun data diri kamu
  6. Kemudian kamu akan langsung masuk ke sign in new blog, isilah sesuai dengan data blog yang kamu inginkan
  7. Lalu, buat blog. Selesai 

Demikianlah bagaimana cara membuat blog untuk pemula, agar kamu dapat sukses di dunia digital. Kamu bisa mulai menulis apa pun yang kamu inginkan, perhatikan setiap detailnya agar blog kamu bisa terlihat menarik dan bisa dicari mesin pencari google dengan mudah. Sehingga traffic kamu akan meningkat dan mendapatkan keuntungan dari berbagai sisi. Selamat mencoba.

Baca Juga: Ingin Jadi Travel Blogger, Ini 5 Tips Melakoninya bagi Pemula!

Topic:

  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Just For You