Comscore Tracker

5 Hal yang Bisa Hambat Keberhasilan, tapi Sering Dilakukan

Biasanya, keberhasilan susah diraih berkat ulahmu sendiri

Tidak bisa dimungkiri bahwa setiap orang pasti akan mendapatkan keberhasilan meskipun waktunya berbeda-beda. Namun, keberhasilan tersebut juga ditentukan oleh kebiasaan yang dilakukan diri sendiri. Berangkat dari hal itu, kamu wajib banget menjaga kebiasaan agar tidak menghambat kesuksesanmu.

Apakah kamu sudah menjaga kebiasaanmu dalam menjalani kehidupan sehari-hari? Ada beberapa hal yang sering dilakukan padahal bisa menghambat keberhasilanmu. Penasaran kebiasaan apa saja yang dimaksud? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini, ya!

1. Kamu masih belum berani mengambil risiko yang besar

5 Hal yang Bisa Hambat Keberhasilan, tapi Sering Dilakukanilustrasi merenung (unsplash.com/Gabrielle Henderson)

Jika masih belum berani mengambil risiko, bisa dikatakan bahwa keberhasilanmu masih jauh untuk digapai. Terkadang, seseorang yang sukses itu berani mengambil segala risiko meskipun itu terlihat susah. Namun, hal itulah yang merupakan kunci kesuksesan seseorang.

Oleh karena itu, cobalah untuk membiasakan diri untuk berani mengambil risiko. Ingatlah bahwa kesempatan itu tidak datang dua kali, kamu harus memanfaatkan segala peluang dengan baik. Jika hal itu sudah dilakukan, maka peluangmu untuk meraih keberhasilan yang lebih banyak akan semakin besar.

2. Kamu masih sering bermain media sosial tanpa kenal batasan waktu

5 Hal yang Bisa Hambat Keberhasilan, tapi Sering Dilakukanilustrasi bermain media sosial (unsplash.com/Carol Magalhães)

Orang yang sukses itu senantiasa memiliki kemampuan mumpuni dalam manajemen waktu. Setiap detik pasti digunakan untuk melakukan hal-hal yang bisa berpengaruh terhadap bagaimana keberhasilannya nanti. Namun, jika kamu sering menghabiskan waktumu dengan hal-hal gak penting, kesuksesanmu pasti akan menjauh.

Salah satu contoh hal yang membuang waktu namun banyak dilakukan adalah bermain media sosial. Ingatlah bahwa media sosial itu memiliki beragam daya tarik sehingga akan membuatmu terus-terus bermain di dalamnya. Jangan mau dikalahkan oleh hal tersebut, ya!

Baca Juga: 5 Tips untuk Membuat Karier dan Kinerjamu Makin Menanjak

3. Kamu terlalu sering dikalahkan oleh rasa malas sebelum mulai berjuang

5 Hal yang Bisa Hambat Keberhasilan, tapi Sering Dilakukanilustrasi malas (unsplash.com/Sinitta Leunen)

Selain media sosial, musuh terbesar seseorang dalam memperjuangkan mimpi adalah rasa malas. Terkadang, rasa malas merupakan sesuatu yang datang secara tiba-tiba. Namun, percayalah bahwa hal tersebut sebenarnya bisa datang jika kamu memantiknya.

Jika biasanya kamu masih sering berada di atas kasur setelah bangun tidur, hal tersebut pasti akan membuat rasa malasmu menjadi menggebu-gebu. Kamu wajib mengalahkan hal tersebut jika ingin semua mimpimu bisa terealisasi nantinya.

4. Setiap kali teman dekatmu sukses, kamu selalu mengikuti jalan hidupnya

5 Hal yang Bisa Hambat Keberhasilan, tapi Sering Dilakukanilustrasi merenung (unsplash.com/Jonas Leupe)

Apakah kamu termasuk seseorang yang suka mengikuti jalan kesuksesan orang lain? Terkadang, kamu harus menemukan jalan suksesmu sendiri tanpa melihat bagaimana orang lain meraihnya. Jika ada orang terdekatmu sukses berjualan baju, janganlah kamu malah ikut-ikutan tanpa mengetahui ilmunya.

Cobalah untuk memanfaatkan potensi dalam dirimu tanpa melihat bagaimana orang lain meraih kesuksesannya. Maka dari itu, bangunlah jalan kesuksesanmu sendiri dengan cara fokus dalam memperbaiki hal-hal yang bisa berpengaruh terhadap produktivitasmu.

5. Kamu masih belum bisa membangun konsistensi dalam diri

5 Hal yang Bisa Hambat Keberhasilan, tapi Sering Dilakukanilustrasi stres (unsplash.com/ahmad gunnaivi)

Salah satu kunci sukses seseorang adalah jika ia berhasil mempertahankan konsistensi diri. Memang, konsistensi diri merupakan sebuah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Namun, jika kamu sudah menanamkan hal tersebut di dalam diri, segala pencapaian pasti akan mudah didapatkan.

Melatih konsistensi diri memang membutuhkan perjuangan yang gak sepele. Mulai sekarang, cobalah untuk tetap fokus berada di jalanmu tanpa memperhatikan hal-hal yang bisa membuatmu goyah. Salah satu contohnya adalah kamu gak boleh mendengarkan omongan-omongan orang lain yang berusaha menjatuhkanmu.

Dari kelima hal buruk di atas, apakah kamu masih terbiasa melakukan salah satunya? Jika iya, cobalah untuk berusaha berbenah agar semua ekspetasimu tidak hanya jadi isapan jempol belaka.

Baca Juga: 5 Macam Keberhasilan yang Bisa Kamu Raih saat Berani Jadi Diri Sendiri

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya