Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Punya Pengalaman Bekerja di Bawah Tekanan

Apakah kamu sudah pernah bekerja di bawah tekanan?

Banyak orang yang lebih memilih untuk menghindari bekerja di bawah tekanan. Itu karena mereka tidak ingin ketenangan hidupmu menjadi terganggu.

Sebenarnya, sah-sah saja jika kamu bersikeras untuk menghindarinya. Namun, terkadang kamu perlu mencobanya sekali saja. Ada beberapa alasan masuk akal mengapa kamu wajib punya pengalaman bekerja di bawah tekanan. Lima di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Itu bisa berguna bagi keberlangsungan hidupmu

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Punya Pengalaman Bekerja di Bawah Tekananilustrasi beristirahat (pexels.com/Eren Li)

Seseorang yang terbiasa bekerja di bawah tekanan pasti akan bisa mengetahui bagaimana definisi dari kerasnya hidup. Nantinya, hal tersebut bakal bermanfaat bagi keberlangsungan hidupmu sebab itu memiliki makna yang tidak berbeda.

Kamu akan mengetahui bahwa hidup itu tidak akan selalu berjalan mulus. Namun, kamu akan lebih siap untuk menghadapinya jika sudah terbiasa bekerja di bawah tekanan. Emosi dan tenagamu sudah pasti terasah sehingga itu bisa dijadikan sebagai sebuah senjata.

2. Jika dihadapkan dengan masalah yang lebih sulit, kamu bakal gampang melewatinya

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Punya Pengalaman Bekerja di Bawah Tekananilustrasi bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Banyak hal sulit yang sudah kamu rasakan ketika bekerja di bawah tekanan. Entah itu lingkungan kerja yang toksik atau overwork, semuanya sudah kamu rasakan. Permasalahan itu tentunya bisa menjadi bekalmu dalam menghadapi kerasnya hidup.

Jika di depan sana ada permasalahan yang bisa dikatakan berat, kamu bakal gampang melewatinya. Hal tersebut terjadi karena kamu sudah terbiasa menghadapi kondisi sedemikian rupa sehingga tidak akan merasa kaget.

Baca Juga: 6 Cara Efektif Kerja di Lingkungan Under Pressure, Atasi Tekanan

3. Kamu sudah punya cara sendiri dalam menyelesaikan masalah

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Punya Pengalaman Bekerja di Bawah Tekananilustrasi belajar (pexels.com/Joanna Bocacz)

Sebelumnya telah disinggung bahwa orang yang pernah bekerja di bawah tekanan akan gampang melewati permasalahan hidup. Hal itu terjadi karena kamu sudah punya strategi sendiri dalam melewati semuanya. Kamu bisa mengambil langkah yang bijak.

Dengan begitu, kamu tidak harus overthinking dan bingung perihal bagaimana solusi terbaik. Semuanya sudah tertanam di dalam otakmu yang pernah berpengalaman dalam menghadapi masalah-masalah kerja yang sulit.

4. Kamu bisa membedakan mana kantor yang toksik atau tidak

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Punya Pengalaman Bekerja di Bawah Tekananilustrasi karyawan kantor (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Sebelum mencari tempat kerja baru, kamu pasti berusaha untuk menghindari kantor dengan kondisi serupa. Dengan kata lain, kamu harus bersikap waspada agar tidak jatuh ke jurang itu lagi. Pengalamanmu dalam bekerja di bawah tekanan tentunya bisa sangat membantu.

Kamu bisa punya sense tersendiri agar terhindar dari hal itu lagi. Jadi, sebelum teken kontrak kerja, kamu bisa menanyakan banyak hal yang menjerumuskan ke jurang tersebut pada saat sesi wawancara.

5. Kamu bisa mengerti apa penyebab hal tersebut terjadi

5 Alasan Mengapa Kamu Wajib Punya Pengalaman Bekerja di Bawah Tekananilustrasi buru-buru (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Terakhir, kamu bisa mengetahui akar permasalahan dari hal tersebut. Maksudnya adalah kamu bisa memahami bagaimana permasalahan bekerja di bawah tekanan dapat muncul. Akhirnya, kamu bisa lebih hati-hati dalam melewatinya.

Semua penyebab yang kamu ketahui bisa dijadikan tameng jika suatu saat nanti kamu dipaksa terjerumus ke dalam hal itu lagi. Kamu bisa mengambil langkah preventif dengan cara keluar dari sana terlebih dahulu sebelum semakin parah.

Tidak apa-apa jika saat ini kamu harus bekerja di bawah tekanan. Percayalah, bahwa pasti akan ada hal baik yang bisa kamu petik untuk ke depannya.

Baca Juga: 5 Kekhawatiran Fresh Graduate saat Masa Transisi ke Dunia Kerja

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya