Comscore Tracker

5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Terjun Menjadi Penulis Lepas

Harus ada niat terlebih dahulu!

Menjadi penulis lepas atau freelance writer merupakan sebuah hal yang akhir-akhir ini digandrungi oleh para milenial. Selain bisa mendapatkan untung, seorang penulis lepas juga memiliki waktu luang yang banyak karena jam kerjanya tidak paten.

Apakah kamu tertarik untuk terjun ke sana? Ada beberapa hal yang wajib dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke dunia penulis lepas. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Kamu bebas mengutarakan idemu di tulisan asalkan memenuhi standar

5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Terjun Menjadi Penulis Lepasilustrasi penulis (pexels.com/Vlada Karpovich)

Seorang freelance writer itu bisa mengutarakan semua idenya asalkan memenuhi standar. Maksudnya di sini adalah kamu bebas menulis apa saja tetapi hal tersebut harus memenuhi kaidah media yang kamu ikuti. Yang terpenting, kamu harus mengemas tulisan tersebut semenarik mungkin.

Contohnya adalah di IDN Times Community, kamu bisa menulis apapun kesukaanmu asalkan pembahasannya bisa membuat editor tertarik untuk menerbitkannya. Intinya, kamu harus rajin melakukan riset pasar agar bisa mengetahui apa hal yang lagi hangat-hangatnya dibicarakan.

2. Kamu bisa melakukan pekerjaan di mana saja dan kapan pun

5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Terjun Menjadi Penulis Lepasilustrasi bekerja (unsplash.com/Wes Hicks)

Selain itu, seorang penulis lepas itu bisa melakukan pekerjaannya di mana saja dan kapanpun. Jika kamu lebih suka melakukan semua kegiatan freelance di penghujung hari, cobalah untuk menulis sebelum tidur. Intinya, kamu hanya memerlukan waktu beberapa saat untuk menulis sebuah konten.

Tidak hanya itu saja, seorang penulis lepas juga bisa mengutarakan idenya ketika berada di mana saja. Contohnya yakni ketika sedang berada di kampus, kamu bisa menyempatkan diri untuk melakukan hal tersebut sembari menunggu dosen datang.

Baca Juga: Cerita dari IDN Times Community Writer: Tak Menyerah untuk Berkarya

3. Uang yang akan didapatkan itu tergantung seberapa giat kamu bekerja

5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Terjun Menjadi Penulis Lepasilustrasi penulis (pexels.com/Vlada Karpovich)

Menjadi seorang penulis lepas itu memiliki banyak keuntungan berupa materi. Namun, jumlah uang yang kamu dapatkan itu tergantung seberapa rajin konten yang dibuat di setiap harinya. Jika kamu sering mengirim 3 tulisan per-hari, maka nantinya penghasilanmu dalam satu bulan bisa dikatakan sangat banyak.

Oleh karena itu, kamu wajib membuat target harian agar tulisanmu nanti bisa menghasilkan banyak uang. Mau tidak mau target tersebut wajib dipenuhi jika kamu ingin mendapatkan uang sesuai ekspektasimu.

4. Kamu hanya butuh kemampuan berbahasa yang fundamental

5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Terjun Menjadi Penulis Lepasilustrasi penulis (pexels.com/Monstera)

Salah satu syarat wajib yang harus dimiliki seorang penulis lepas yakni kemampuan berbahasa. Tidak perlu yang berbelit-belit, kamu hanya perlu mendalami bagaimana kaidah Bahasa Indonesia. Kamu harus sering-sering mempelajari kata yang ada di dalam KBBI.

Selain itu, kamu hanya perlu terbiasa merangkai kata sebagai sebuah kesatuan kalimat yang enak dibaca. Tenang saja, kemampuan semacam itu akan mudah didapatkan ketika kamu sudah terbiasa menulis di setiap harinya.

5. Kamu masih bisa melakukan pekerjaan lain sembari menjadi penulis lepas

5 Hal Ini Wajib Dipertimbangkan Sebelum Terjun Menjadi Penulis Lepasilustrasi multitasking (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Sebelumnya telah disebutkan bahwa menjadi seorang penulis lepas itu memiliki waktu yang cukup fleksibel. Kamu bisa menjadikan pekerjaan freelance writer sebagai usaha sampingan agar penghasilanmu bertambah banyak. Lagipula kamu tidak membutuhkan waktu yang amat banyak untuk membuat satu konten.

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa pekerjaan sebagai freelance writer sangatlah fleksibel. Cobalah untuk tetap melakukan hal semacam itu meskipun sudah mendapatkan pekerjaan tetap. Nantinya, pekerjaan sampingan ini bisa membantumu dalam hal kondisi finansialmu.

Setelah membaca uraian di atas, apakah kamu tertarik untuk terjun ke dunia freelance writer? Jika iya, cobalah untuk terbiasa memupuk konsistensi sebab penghasilan seorang penulis lepas itu tidak bisa diprediksi.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Freelance dengan Cuan Super Gokil, Tertarik Mencoba?

Hamas Nurhan R T Photo Verified Writer Hamas Nurhan R T

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya