Comscore Tracker

Stop Melakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyerah dalam Belajar

Apakah kamu sering merasa lelah saat belajar?

Mempelajari sesuatu yang baru itu tidaklah mudah. Terkadang kamu dituntut untuk bisa berperang dengan rasa malas yang ada di dalam diri. Rasa malas tersebut biasanya juga akan membuatmu gampang menyerah dalam mempelajarinya. Jika kamu merasakannya, percayalah bahwa ada beberapa hal yang perlu dibenahi.

Ada beberapa kebiasaan yang kemungkinan besar memberikan efek negatif terhadap diri sendiri. Menghentikan kebiasaan buruk tersebut merupakan sebuah keharusan jika ingin membuang rasa mudah menyerah. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal buruk apa saja yang patut dihilangkan, simak pembahasannya berikut ini.

1. Jangan biasakan diri untuk sering mengeluh

Stop Melakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyerah dalam Belajarpexels.com/Oladimeji Ajegbile

Ingatlah bahwa mengeluh secara berlebihan tidak akan menyelesaikan semua masalah. Sebelumnya juga telah disebutkan bahwa mempelajrai hal baru merupakan sesuatu yang cukup sulit. Agar keinginan untuk menyerah tidak muncul, cobalah tahan dirimu agar gak mengeluh.

Nikmatilah setiap peluh serta beban yang kamu hadapi saat ini. Percayalah bahwa hal tersebut akan terus memacu semangatmu dalam mempelajari sesuatu yang sebelumnya belum kamu ketahui. Oleh karena itu mulai sekarang tutup mulutmu agar kalimat mengeluh tidak keluar.

2. Carilah lingkungan sosial yang positif

Stop Melakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyerah dalam Belajarpexels.com/helena lopes

Tidak bisa dimungkiri bahwa lingkungan sosial yang positif akan mendatangkan berbagai macam kebaikan untukmu. Cobalah untuk cari circle yang dapat membantumu dalam berkembang agar kamu gak mudah menyerah. Kamu pasti butuh support system untuk menemani perjuanganmu 'kan?

Oleh karena itu mulai sekarang jika kamu sedang berada di lingkungan toxic, cepat-cepatlah keluar dari sana tanpa ragu. Percayalah bahwa hal tersebut akan membuatmu lebih tenang dalam menghadapi semua rintangan yang ada.

3. Jangan terlalu memaksakan diri jika tubuh dan pikiran terasa penat

Stop Melakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyerah dalam Belajarpexels.com/min an

Ingatlah bahwa kamu hanyalah manusia biasa yang memiliki rasa lelah. Saat tubuhmu tak kuat untuk menahan kepenatan, istirahatkanlah sejenak tanpa memaksakan. Kamu gak perlu jadi orang yang terlalu memaksakan diri untuk bisa meraih semua keinginan.

Apa gunanya jika impian itu dapat tercapai namun malah mengorbankan kesehatanmu? Berpikirlah secara bijak agar kamu tidak malah menjadi tertekan hanya karena perjuangan tanpa menggunakan logika. Jangan terlalu memaksakan dirimu yang memiliki limit energi, ya!

Baca Juga: Sering Malas Belajar? Coba 5 Cara Ini Agar Kamu Semangat

4. Cobalah untuk membagi waktu antara belajar dan istirahat

Stop Melakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyerah dalam Belajarpexels.com/Lina Kivaka

Agar lebih mudah untuk menentukan kapan waktu istirahat yang tepat, kamu perlu membuat jadwalnya. Cobalah untuk membagi waktu di mana kamu bisa beristirahat secara total tanpa ada gangguan tanggung jawab lain. Percayalah hal tersebut akan sangat efektif untuk recovery semangatmu.

Apalagi saat dalam proses mempelajari sesuatu, kamu membutuhkan waktu istirhat yang cukup agar otakmu bisa rileks. Dengan adanya hal tersebut, semua ilmu yang kamu pelajari pasti akan mudah masuk sehingga bisa bermanfaat bahwa keberlangsungan hidupmu.

5. Buatlah target capaian agar bisa direfleksikan

Stop Melakukan 5 Hal Ini Agar Kamu Gak Mudah Menyerah dalam Belajarpexels.com/startup stock photos

Membuat list target pencapaian itu hal yang wajib dilakukan agar kamu bisa merefleksikannya kapan saja. Saat merefleksi pencapaian, kamu pasti akan lebih termotivasi karena banyak hal yang sesungguhnya dapat diraih dengan tanganmu sendiri.

Oleh karena itu cobalah untuk membuat list beberapa target yang akan kamu capai dalam waktu dekat. Percayalah bahwa keinginan untuk menyerah gak akan mudah muncul di dalam pikiranmu yang rentan kalut itu.

Janganlah kamu menyerah dalam mempelajari hal baru karena pada hakikatnya manusia itu wajib melakukan upgrade diri.

Baca Juga: Mencoba Belajar Sains: 5 Cara Sederhana Memahami Fisika tanpa Pusing

Hamas Nurhan Photo Verified Writer Hamas Nurhan

Find me on instagram as @hamasnurhan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya