Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Berpikir Ulang sebelum Menjadi Freelancer

Sudah yakin dengan pilihan pekerjaan ini?

Di zaman sekarang memang semua sudah serba online dan memudahkan siapapun untuk memperoleh pekerjaan. Tak hanya pekerjaan penuh waktu yang memerlukan waktu banyak untuk bekerja, ternyata ada pula jenis pekerjaan paruh waktu atau yang biasa disebut dengan part-time job atay freelance job.

Pekerjaan seperti ini biasanya memiliki jadwal waktu bekerja yang sangat fleksibel dan bahkan dapat melakukan pekerjaan sendiri di rumah. Meski dinilai sebagai pekerjaan ideal, lalu apa saja hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum setuju menjadi freelancer? Cari tahu dulu, ya!

1. Freelance job lebih cocok untuk orang yang belum menikah

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Berpikir Ulang sebelum Menjadi FreelancerPexels/Andrea Piacquadio

Apakah kamu masih lajang atau sudah menikah? Jika jawabannya masih lajang, tentu saja freelance dapat menjadi jenis pekerjaan yang cocok untukmu. Sementara, untuk orang yang telah menikah, maka akan sedikit kesulitan karena sistem pekerjaan yang tak menentu. Oleh sebab itu, selalu pertimbangkan terlebih dahulu.

2. Pastikan tak akan menganggu pekerjaan utamamu

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Berpikir Ulang sebelum Menjadi FreelancerUnsplash/Icons8 Team

Freelance job tak hanya dilakukan oleh orang-orang yang belum memperoleh pekerjaan tetap, lho. Mereka yang telah memiliki pekerjaan tetap pun bahkan merambah pekerjaan paruh waktu juga guna menebalkan penghasilannya. Oleh sebab itu, pastikan bahwa pekerjaan tetapmu tak akan terganggu meski kamu memiliki pekerjaan sampingan.

Baca Juga: 6 Keahlian yang Paling Laris di Situs Penyedia Jasa Freelance 

3. Pendapatan mungkin tak stabil

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Berpikir Ulang sebelum Menjadi FreelancerUnsplash.com/Sharon McCutcheon

Hal lainnya yang menjadi pertimbangan untukmu adalah mengenai pendapatan. Setiap pekerjaan paruh waktu tentu saja memiliki jenis pendapatan yang berbeda-beda nominalnya. Namun, tetap saja kamu perlu mempertimbangkannya agar justru tak kesulitan dalam segi finansial.

4. Sesuaikan freelance job dengan passionmu

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Berpikir Ulang sebelum Menjadi FreelancerUnsplash/Christin Hume

Bekerja secara freelance sudah tentu tak akan semudah yang dibayangkan. Kadang kala dengan jenis pekerjaan yang tak sesuai dengan passion, justru hasil pekerjaannya akan berantakan. Jika hal tersebut terjadi, bukan tak mungkin akan memengaruhi kinerja dan pendapatanmu ke depannya.

5. Hanya orang disiplin waktu yang bisa bekerja freelance

5 Alasan Mengapa Kamu Perlu Berpikir Ulang sebelum Menjadi FreelancerUnsplash.com/Campaign Creators

Hal paling dasar yang perlu kamu yakini dalam memulai pekerjaan freelance adalah kedisiplinan. Dalam bekerja paruh waktu tentu saja tak ada batasan waktu bekerja, sehingga kamu yang perlu mengatur dan memperhitungkan pekerjanamu. Jika kamu tak disiplin dalam mengatur waktu, maka pekerjaanmu akan terancam berantakan.

Pastinya tak semudah itu dalam mengambil kesempatan untuk bekerja secara paruh waktu. Apakah kamu siap?

Baca Juga: Tetap Produktif, Ini 8 Pekerjaan Freelance yang Cocok untuk Mama Muda

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya