Comscore Tracker

5 Etika Penting yang Harus Kamu Pahami dalam Dunia Kerja

Sikap positif juga bikin kinerja kamu lebih maksimal

Melakukan pekerjaan tentunya menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-harinya. Bekerja dilakukan untuk memperoleh pendapatan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup.

Ada banyak sekali ragam pekerjaan yang dilakukan orang-orang dan tentunya setiap pekerjaan juga memiliki keunikannya tersendiri. Hal yang tak boleh terlewatkan dari pekerjaan adalah etika yang harus ditaati. Pastikan kamu tidak sampai melewatkan beberapa etika berikut ini ketika bekerja.

1. Bekerja secara profesional

5 Etika Penting yang Harus Kamu Pahami dalam Dunia KerjaIlustrasi pria fokus bekerja (Pexels/Andrea Piacquadio)

Profesionalitas merupakan kunci terpenting dalam menentukan kemenangan. Kamu perlu tahu bahwa pekerjaan tanpa profesionalitas jelas akan membuatmu sulit dalam beradaptasinya.

Salah satu contoh dari profesionalitas adalah dengan memisahkan mana yang menjadi urusan pekerjaan dan pribadi. Mencampur adukannya ketika sedang bekerja merupakan contoh dari ketidak profesionalan.

2. Bertanggung jawab atas pekerjaan sendiri

5 Etika Penting yang Harus Kamu Pahami dalam Dunia KerjaIlustrasi orang sedang bekerja (Pexels/Anthony Shkraba)

Setiap orang memegang teguh atas pekerjaan yang dijalaninya. Hal ini tentu berkaitan dengan banyak hal, dari mulai kedisiplinan, pekerjaan yang dikerjakan, ataupun waktu pengerjaannya.

Kamu tentunya harus mampu memiliki tanggung jawab yang penuh atas pekerjaan yang dikerjakan. Tanpa memiliki tanggung jawab, maka kamu tak akan mampu mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Baca Juga: Sukses di Dunia Kerja? Miliki 5 Kemampuan Ini untuk Mewujudkannya!

3. Membangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja

5 Etika Penting yang Harus Kamu Pahami dalam Dunia KerjaIlustrasi bekerja bersama (Unsplash/Mimi Thian)

Komunikasi menjadi salah satu pondasi untuk membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja. Faktanya tak mudah dalam membangun pondasi tersebut sebab perbedaannya karakter dari setiap orang.

Dalam menjaga etika bekerja, tentu kamu harus membangun komunikasi yang baik dengan rekan kerja. Nantinya bila ada pekerjaan yang harus dikerjakan secara berkelompok, maka kamu dapat menyelesaikannya dengan baik.

4. Tidak membuat kebisingan

5 Etika Penting yang Harus Kamu Pahami dalam Dunia KerjaIlustrasi tiga rekan kerja (Unsplash/Brooke Cagle)

Dalam dunia pekerjaan tentunya kamu harus menjaga ketenangan dalam mengerjakan pekerjaan. Hal ini penting adanya sebab yang bekerja di sana bukan hanya dirimu, namun juga orang lain.

Salah satu cara untuk menjaga privasi bekerja mereka adalah dengan tidak membuat kebisingan. Sumber kebisingan yang berasal dari musik atau pun obrolan yang terlalu heboh akan membuat ketidak nyamanan pada semuanya.

5. Kebersihan ruang kerja menjadi prioritas utama semua orang

5 Etika Penting yang Harus Kamu Pahami dalam Dunia KerjaIlustrasi tempat sampah (Unsplash/Steve Johnson)

Kamu pasti setuju bahwa kebersihan merupakan hal terpenting dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya berkaitan dengan rumah atau diri sendiri saja, namun juga tempat kerjamu.

Meskipun mungkin sudah ada orang yang bertugas untuk membersihkan kantor, namun tak berarti kamu dapat menyepelekan kebersihan. Jadikan kebersihan sebagai prioritas utama dalam menjalankan pekerjaan, sehingga tetap merasa nyaman saat berada di kantor.

Semua etika di atas tentunya penting untuk kamu patuhi dan pahami selama melakukan pekerjaan. Nantinya bekerja jadi lebih nyaman, deh!

Baca Juga: 5 Kunci Bertahan dalam Dunia Kerja yang Tak Bisa Ditebak Perubahannya

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya