Comscore Tracker

5 Cara Mengenali Persaingan Tidak Sehat di Lingkungan Kerja, Catat!

Jangan sampai ikut terlibat dalam persaingan tidak sehat, ya

Semua orang tentunya memiliki harapan untuk dapat memperoleh pekerjaan yang baik dengan potensi yang menjanjikan. Meski nyatanya, ada banyak sekali tantangan yang harus siap dihadapi dalam dunia kerja. Salah satunya adalah mengenai persaingan tidak sehat yang dilakukan satu sama lain.

Persaingan seperti ini memang seakan tidak pernah ada habisnya dan seolah tak ragu menggunakan cara yang kotor sekalipun. Hal ini jelas akan sangat berdampak pada kualitas pekerjaan, serta hubungan sosial yang dimiliki di lingkungan kerja. Untuk dapat mengenali seperti apa persaingan tidak sehat di lingkungan kerja, maka kamu memperhatikan beberapa cara yang berikut ini.

1. Saling senggol dan menjatuhkan

5 Cara Mengenali Persaingan Tidak Sehat di Lingkungan Kerja, Catat!ilustrasi berkonflik (pexels.com/@Mikhail-Nilov)

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah persaingan tidak sehat dalam dunia kerja yang kerap kali saling senggol dan menjatuhkan. Hal ini memang menjadi salah satu ciri yang paling jelas, sebab satu sama lain tentu ingin terlihat lebih baik dalam progres bekerja.

Meski nyatanya, saling senggol dan menjatuhkan tentu akan memberikan dampak yang kurang baik dan tidak nyaman. Apalagi bila hal tersebut dilakukan hanya untuk kepentingan pribadi, tentu akan merugikan pihak lainnya.

2. Tidak mempedulikan rekan kerja lainnya

5 Cara Mengenali Persaingan Tidak Sehat di Lingkungan Kerja, Catat!ilustrasi berkonflik (unsplash.com/@proxyclick)

Persaingan dalam dunia kerja memang dapat dikatakan cukup keras dan mungkin tidak saling memperdulikan satu sama lain. Tentunya hal ini bisa terjadi karena memang masing-masing orang memiliki ambisi dan tujuan yang berbeda-beda dalam memperoleh apa yang diinginkannya di dunia kerja.

Hal itulah yang kemudian membuat satu sama lain tidak akan saling memperdulikan rekan kerjanya. Justru kebanyakan pegawai akan memprioritaskan diri dan enggan untuk melakukan sesuatu yang mungkin dapat merugikannya.

Baca Juga: 6 Trik Menghadapi Rekan Kerja yang Kamu Benci

3. Egois dan berfokus pada kepentingan pribadi

5 Cara Mengenali Persaingan Tidak Sehat di Lingkungan Kerja, Catat!ilustrasi pria sedang bekerja (unsplash.com/@studiorepublic)

Persaingan tidak sehat dalam dunia kerja tentu dapat ditandai dari sikap egois yang dimiliki oleh para pegawainya. Kebanyakan dari mereka akan cenderung berfokus pada kepentingan pribadi semata. Hal ini membuat mereka enggan untuk memperdulikan urusan orang lain.

Justru yang berbahaya adalah apabila rasa egois tersebut kemudian dapat berdampak buruk terhadap pegawai yang lainnya. Persaingan tidak sehat tentu akan membuat para pegawai pun cenderung apatis, selama tujuan pribadinya dapat tercapai dengan mulus.

4. Mudah sinis terhadap satu sama lain

5 Cara Mengenali Persaingan Tidak Sehat di Lingkungan Kerja, Catat!ilustrasi berkonflik (unsplash.com/@linkedinsalesnavigator)

Perselisihan dengan sesama rekan kerja sebetulnya merupakan hal yang sangat wajar. Namun, justru dapat menjadi masalah apabila perseteruannya terjadi berulang kali dan berlarut-larut. Apalagi jika hal tersebut memberikan dampak kurang baik terhadap satu sama lain. Namun, nyatanya hal seperti ini justru kerap terjadi di lingkungan kerja dan tak sedikit pegawai yang mengalaminya.

Sikap mudah sinis terhadap satu sama lain seringkali menjadi permasalahan tersendiri. Hal ini mungkin dimaksudkan agar masing-masing pegawai dapat memperoleh tujuannya. Namun, justru dapat menyebabkan ketidaknyamanan diantara para rekan kerja.

5. Tidak ragu melayangkan fitnah

5 Cara Mengenali Persaingan Tidak Sehat di Lingkungan Kerja, Catat!ilustrasi berkonflik (unsplash.com/@wocintechchat)

Salah satu cara paling kotor untuk menjatuhkan rekan kerja, yaitu dengan melayangkan fitnah. Dalam persaingan tidak sehat di dunia kerja memang kerap kali tidak ragu dalam melayangkan fitnah jahatnya. Hal ini tentu akan sangat berbahaya dan dapat menjatuhkan satu sama lain dengan cara yang sangat kotor.

Meski mungkin dapat menjadi salah satu cara dalam memenangkan persaingan kerja, namun nyata memfitnah orang lain justru dapat menjadi bumerang tersendiri. Apalagi bila hal tersebut justru dapat menimbulkan masalah terhadap diri sendiri.

Bersaing dengan cara yang kotor memang tidak akan ada habisnya. Bahkan hal tersebut tidak akan memberikan dampak apapun, justru akan menimbulkan rasa bersalah dan kesulitan dalam menjalankan pekerjaan. Jangan sampai bersaing dengan cara cara yang kotor, ya!

Baca Juga: 5 Ciri Rekan Kerja Pasif Agresif, Lingkungan Kerja Jadi Toxic

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya