Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Memiliki Networking Karier yang Luas, Bermanfaat!

Kariermu pun bisa mulus dengan networking yang luas

Networking merupakan satu hal penting yang harus dibangun dalam karier. Keberadaan networking atau relasi dapat memberikan banyak manfaat penting bagi perkembangan karier atau bisnis ke depannya.

Inilah yang kemudian membuat networking menjadi salah satu prioritas utama dalam bekerja. Jika kamu merasa sudah memiliki networking yang luas, maka biasanya akan terlihat melalui beberapa tanda yang berikut ini.

1. Banyak memiliki kenalan

5 Tanda Kamu Memiliki Networking Karier yang Luas, Bermanfaat!ilustrasi divisi pekerjaan (unsplash.com/@austindistel)

Networking tentu saja berkaitan dengan kenalan yang dimiliki selama membangun karier. Kenalan ini tidak terbatas pada rekan-rekan sekantor saja, namun juga orang-orang dari divisi lain atau bahkan perusahaan lainnya.

Tentu saja orang dengan kenalan yang banyak pasti memiliki networking yang luas. Hal ini dapat membantu mengembangkan karier, sebab kenalan yang banyak.

2. Mudah memperoleh informasi secara mudah

5 Tanda Kamu Memiliki Networking Karier yang Luas, Bermanfaat!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/@jopwell)

Keberadaan relasi atau networking yang luas juga akan sangat bermanfaat untuk memperoleh informasi. Jika kamu kesulitan dalam memperoleh informasi mengenai suatu hal, maka bisa jadi networking-mu belum luas.

Tentu berbeda halnya apabila kamu seolah mudah dalam memperoleh informasi apa pun melalui kenalanmu. Hal tersebut juga seolah dapat menjadi tanda bahwa networking-mu memang luas.

Baca Juga: 5 Tips Membangun Networking bagi Introver, Segera Terapkan! 

3. Akses pada suatu hal juga lebih mudah

5 Tanda Kamu Memiliki Networking Karier yang Luas, Bermanfaat!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/divinetechygirl)

Tidak dapat dimungkiri bahwa keberadaan networking juga sangat penting untuk kepentingan akses. Bahkan tak jarang banyak orang yang menggunakan akses tersebut sebagai cara untuk memuluskan kariernya.

Jika kamu merasa akses pada suatu hal terasa mudah, maka artinya networking-mu sudah luas. Hal inilah yang tentu tidak boleh kamu sia-siakan begitu saja.

4. Dapat mengembangkan karier atau bisnis dengan lebih lancar

5 Tanda Kamu Memiliki Networking Karier yang Luas, Bermanfaat!ilustrasi pegawai (unsplash.com/@brucemars)

Keberadaan networking merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan karier. Tanpa adanya networking yang baik, maka akan cukup sulit untuk mengembangkan karier atau bisnis tersebut secara lebih luas.

Jika kamu merasa bisnis dan usahamu terasa lebih mudah berkembang karena cakupannya luas, maka artinya networking yang kamu miliki memang besar. Tentunya ini menjadi hal utama yang dapat kamu maksimalkan dengan seksama.

5. Kerap terlibat dalam banyak proyek

5 Tanda Kamu Memiliki Networking Karier yang Luas, Bermanfaat!ilustrasi circle di kantor (pexels.com/@RODNAE_Productions)

Seseorang dengan networking yang luas biasanya akan memiliki kemungkinan lebih besar untuk terlibat dalam sebuah proyek. Hal ini seolah menjadi kesempatan yang tak boleh kamu kesampingkan.

Justru tidak semua orang dapat memperoleh kesempatan proyek tersebut, sehingga jika kamu ditawari, maka artinya networking-mu memang baik. Hal inilah yang dapat menjadi sinyal positif dan kelebihan jika memiliki networking yang luas.

Memiliki networking luas memang menjadi hal utama yang kamu perlu miliki dalam bekerja. Dengan networking yang luas, maka kamu dapat memperoleh hasil yang lebih maksimal. Jangan ragu memperluas networking-mu, ya!

Baca Juga: 7 Tips Networking yang Wajib Diketahui oleh Pencari Kerja

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya