Comscore Tracker

5 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan, Jangan Emosi!

Kamu harus bersikap tegas, lho

Setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda.Tentu saja termasuk para rekan kerjamu. Ada beragam tipe dari rekan kerja yang mungkin akan kamu temui.

Salah satu tipe dari rekan kerja umum ditemukan adalah mereka yang gemar mengandalkan satu sama lain. Menemukan rekan kerja yang seperti ini jelas sangat tidak menyenangkan. Sebab, ia akan membuatmu mudah emosi dan tidak bisa menjalankan pekerjaan dengan baik.

Untuk mengatasi rekan kerja yang suka mengandalkan seperti ini, kamu dapat mencoba beberapa tips berikut ini. Ingat, jangan keburu emosi, ya!

1. Jangan langsung terpancing emosi

5 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan, Jangan Emosi!ilustrasi perempuan bingung (Pexels/Andrea Piacquadio)

Merasa marah atas rekan kerja yang suka mengandalkan memang hal yang wajar terjadi. Kadang kala perasaan jengkel tersebut membuatmu jadi tidak mood dalam melakukan pekerjaan.

Sayangnya bersikap emosi tidak akan menyelesaikan masalah apa pun. Hal yang justru terjadi adalah dirimu akan merasa semakin canggung dan tidak nyaman di tempat kerja.

2. Utarakan perasaanmu dengan sopan

5 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan, Jangan Emosi!ilustrasi perusahaan startup (Pexels/The Coach Space)

Kamu memiliki hak untuk berbicara selama melakukan pekerjaan. Tentunya, hal ini termasuk mengutarakan perasaan secara sopan kepada rekan kerja.

Apabila kamu tak suka bila terlalu diandalkan, utarakan hal tersebut dengan cara yang sopan. Melakukannya dengan sopan justru membantumu dalam menyelesaikan permasalahan dengan cara yang baik-baik. Lakukan dengan tenang, ya.

3. Bagilah tugas yang ada secara adil

5 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan, Jangan Emosi!Ilustrasi pria sedang membaca (Pexels/Werner Pfennig)

Kamu mungkin merasa tidak nyaman ketika terus menerus diandalkan dalam pekerjaan. Cara untuk menyiasatinya adalah dengan membagi tugas secara adil.

Kamu dapat mencoba membagi tugas tersebut sesuai kemampuan masing-masing. Dengan begitu, masing-masing darimu akan memperoleh bagiannya sendiri, sehingga tidak saling mengandalkan salah satunya.

Baca Juga: 5 Tindakan Gak Disengaja yang Mengganggu Rekan Kerja, Perlu Diingat!

4. Selalu awasi caranya dalam bekerja

5 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan, Jangan Emosi!Ilustrasi suasana meeting di perusahaan (Pexels/fauxels)

Rekan kerja yang gemar mengandalkan biasanya memiliki trust issue yang berkaitan dengan dirinya sendiri. Bisa saja mungkin ia merasa tidak piawai dalam mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Kamu tentunya bisa membantu dengan cara mengawasi pekerjaannya. Jika memang peranmu dibutuhkan untuk membimbingnya, maka hal tersebut tidak jadi masalah bila kamu bersedia. Kamu pun bisa membagikan ilmu padanya, lho.

5. Meminta bantuan orang lain untuk membantu mengarahkan

5 Tips Hadapi Rekan Kerja yang Selalu Mengandalkan, Jangan Emosi!Ilustrasi rekan kerja adu argumen (Pexels/Anthony Shkraba)

Persoalan semacam ini tidak dapat dianggap sederhana. Bahkan, ada pula yang justru dapat menyebabkan permasalahan atau konflik yang berkepanjangan.

Cara terbaik jika sudah terjadi konflik adalah dengan meminta saran pada orang yang lebih bijaksana. Nantinya, satu sama lain akan diberikan nasihat untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Semua hal di atas tentunya bisa kamu jadikan cara untuk menyikapi rekan kerja yang gemar mengandalkan. Terpenting, jangan langsung terpancing emosi, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kerja Cerdas Lebih Asyik daripada Kerja Keras

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya