Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Tak Disukai Rekan Kerja di Kantor, Pasti Gak Nyaman!

Perbanyak melakukan evaluasi terhadap diri sendiri, ya

Melakukan pekerjaan di sebuah perusahaan memang bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan beban kerja dan rekan-rekan yang terkadang sulit ditebak. Bahkan kebanyakan pegawai justru mudah mengalami konflik dengan rekan kerja yang dimilikinya, entah karena hal sepele atau justru hal yang serius.

Terkadang urusan seperti ini jelas tidak nyaman, apalagi jika harus rela berkonflik dengan sesama rekan kerja sendiri. Meski demikian, sulit untuk memaksakan orang lain agar selalu menyukaimu, begitu pun sebaliknya.

Itulah mengapa kamu harus peka melihat beberapa hal berikut ini yang menjadi tanda bahwa rekan kerjamu sebetulnya tidak menyukaimu.

1. Rekan kerja terkesan menjaga jarak darimu

5 Tanda Kamu Tak Disukai Rekan Kerja di Kantor, Pasti Gak Nyaman!ilustrasi berbicara empat mata (unsplash.com/@mimithian)

Tanda pertama yang bisa kamu amati adalah melalui cara rekan kerja dalam berinteraksi denganmu. Biasanya hal yang satu ini sangat terlihat jelas apabila memang rekan kerjamu benar-benar tak menyukaimu.

Rekan kerja seperti itu biasanya akan cenderung menjaga jarak darimu. Hal ini membuat mereka seakan mencoba untuk meminimalisir kemungkinan agar dapat berinteraksi secara jelas denganmu, sehingga hal ini sangat terlihat dengan jelas.

2. Enggan terlibat urusan denganmu

5 Tanda Kamu Tak Disukai Rekan Kerja di Kantor, Pasti Gak Nyaman!ilustrasi saling berbicara (unsplash.com/@wocintechchat)

Hal selanjutnya yang menjadi tanda penting dari hal ini adalah sikapnya yang mungkin terkesan tegas dalam menentukan sikap. Bila rekan kerjamu tak menyukaimu, biasanya mereka akan tegas dalam menolak untuk terlibat urusan denganmu.

Kamu pun jelas akan merasakan perubahan sikap yang seperti ini. Meski termasuk ke dalam tindakan tidak terpuji sebab dapat merusak profesionalitas bekerja, namun hal seperti ini justru tetap saja kerap kali terjadi.

Baca Juga: 5 Ciri Rekan Kerja Pasif Agresif, Lingkungan Kerja Jadi Toxic

3. Sering tidak menganggapmu

5 Tanda Kamu Tak Disukai Rekan Kerja di Kantor, Pasti Gak Nyaman!ilustrasi berkonflik (unsplash.com/@linkedinsalesnavigator)

Untuk tanda yang satu ini mungkin dapat dikatakan terlalu kejam dalam ruang lingkup pekerjaan, namun bukan berarti tidak ada. Banyak juga rekan kerja yang ketika tidak menyukaimu, maka mereka akan cenderung tak menganggapmu.

Jika melakukan hal ini secara terus menerus, maka jelas saja akan sangat mengganggu mental dan pikiran. Rasanya juga pasti tidak akan nyaman bila harus berada di lingkungan kerja yang seperti itu.

4. Menunjukan sikap yang sinis dan risih

5 Tanda Kamu Tak Disukai Rekan Kerja di Kantor, Pasti Gak Nyaman!ilustrasi berkonflik (pexels.com/@Mikhail-Nilov)

Seseorang memiliki cara yang berbeda-beda dalam meluapkan emosi dan kekesalannya. Ada yang mungkin hanya berdiam diri, namun ada pula yang menggunakan gesturnya sebagai upaya dalam melampiaskan rasa kesal tersebut.

Kamu harus mewaspadai rekan kerja yang tak ragu menunjukkan sikap sinis dan risihnya terhadapnya. Sikap seperti ini jelas akan sangat mengganggu, sekaligus menyebabkan rasa tidak nyaman tersendiri.

5. Melontarkan kalimat yang menyinggungmu

5 Tanda Kamu Tak Disukai Rekan Kerja di Kantor, Pasti Gak Nyaman!ilustrasi rekan kerja (pexels.com/@Pavel_Danilyuk)

Pastinya tidak enak apabila harus berkonflik di tempat kerja, apalagi sampai menimbulkan kegaduhan. Namun, terkadang juga tak semua rekan kerja mampu mengontrol emosinya dengan baik, sehingga dampaknya jadi buruk.

Ada saja rekan kerja yang kadang tak ragu dalam melontarkan ucapan verbalnya yang bisa menyinggung perasaan orang lain. Perasaan puas saat melontarkan kalimat tersebut tanpa disadari justru bisa menjadi bumerang bagi diri sendiri.

 

Pastinya ada faktor pemicu mengapa rekan kerja tak suka padamu, entah karena memang sikapmu sendiri yang kurang baik atau karena persoalan pribadi dari rekan kerjamu sendiri.

Situasi seperti ini harus dihadapi dengan tenang dan jangan mengikuti hawa nafsu semata. Pikirkan segalanya sebelum bertindak, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hubungan dengan Rekan Kerja Meski Sudah Resign

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya