Comscore Tracker

5 Tanda Rekan Kerja Iri dengan Prestasi Kerjamu, Waspada!

Setidaknya jangan sampai mereka mengganggu fokus bekerjamu

Persaingan dalam dunia kerja merupakan satu hal yang sangat wajar terjadi. Biasanya persaingan ini ada yang berjalan baik, namun ada pula yang juga berjalan dengan cara-cara kotor dan tidak sehat.

Tentu saja ini menjadi satu hal yang disayangkan apabila sampai saling menjatuhkan. Namun, biasanya ada saja rekan kerja yang justru cenderung iri dan tidak suka dengan prestasi bekerjamu. Biasanya hal ini bisa terlihat dari beberapa tanda yang berikut.

1. Kerap membicarakanmu di belakang

5 Tanda Rekan Kerja Iri dengan Prestasi Kerjamu, Waspada!ilustrasi gosip (unsplash.com/benwhitephotography)

Satu hal yang kerap terlihat adalah kebiasaan bergosip satu sama lain. Kebiasaan bergosip ini rasanya sulit untuk dihilangkan, apalagi jika ada salah satu rekan kerja yang berhasil menunjukan prestasi hebat.

Tak jarang, rekan kerjamu mungkin saja akan membicarakanmu di belakang. Meski begitu, jangan sampai hal ini justru mengganggu fokus dan menyebabkan ketidaknyamanan.

2. Tidak menghormatimu

5 Tanda Rekan Kerja Iri dengan Prestasi Kerjamu, Waspada!ilustrasi berkonflik (unsplash.com/cdc)

Sebagai sesama pegawai memang sebaiknya semua pihak dapat saling menghormati satu sama lain. Justru akan sangat disayangkan apabila persaingan kerja membuatmu dan rekan kerja yang lainnya jadi bertengkar, serta menyebabkan hubungan menjadi renggang. 

Terkadang reaksi tak menghormati ini bisa muncul apabila didasari oleh rasa iri dan tak suka. Tentu saja ini hanya akan membuatmu merasa tak nyaman.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini agar Disukai Rekan Kerja, Jangan Buat Masalah!

3. Mencari-cari letak kesalahanmu

5 Tanda Rekan Kerja Iri dengan Prestasi Kerjamu, Waspada!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/jack-sparrow)

Jika seseorang sudah tak suka dengan orang lain, maka rasanya segala hal tentang dirinya akan selalu salah. Kamu pun akan terlihat selalu buruk di mata orang-orang yang seperti itu.

Meski pun mungkin prestasimu sangat mentereng, namun jika sudah merasa iri, maka tetap saja orang lain akan mencari-cari letak kesalahanmu. Hal ini tidak akan pernah usai, sebab kamu tak akan selalu bisa dalam menyenangkan orang lain.

4. Meremehkan segala prestasimu

5 Tanda Rekan Kerja Iri dengan Prestasi Kerjamu, Waspada!ilustrasi rekan kerja serakah (pexels.com/olly)

Setiap pegawai tentu memiliki hak untuk menunjukan posisinya dalam bekerja. Termasuk dalam hal ini adalah mencetak beragam prestasi membanggakan.

Kadang kala hal ini tidak selalu dapat diapresiasi secara penuh oleh rekan kerja. Justru tak jarang, ada saja rekan kerja yang cenderung meremehkan dan menganggap hal tersebut sebelah mata.

5. Sulit sependapat denganmu

5 Tanda Rekan Kerja Iri dengan Prestasi Kerjamu, Waspada!ilustrasi berkonflik (pexels.com/Mikhail-Nilov)

Proses bekerja memang tidak selalu dilakukan secara individu. Banyak pula proyek yang dikerjakan dengan kerja tim dan hal ini menjadi satu poin penting yang harus diperhatikan.

Sayangnya justru sulit bekerja dengan rekan kerja yang iri denganmu. Alasannya karena rekan kerja yang seperti itu justru akan sulit sependapat dan justru kerap menyerang pendapatmu.

 

Memang tidak mudah untuk membuat semua rekan kerja menyukaimu. Apalagi bila mereka merasa tersaingi dan terus saja menganggapmu sebagai saingan. Terpenting jangan sampai memengaruhi kinerjamu, ya!

Baca Juga: 5 Cara Akrabkan Kembali Hubungan Renggang dengan Rekan Kerja

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya