Comscore Tracker

5 Tips Jadi Bos yang Dekat dengan Pegawai, Jangan Gengsi!

Hal ini bisa mendukung produktivitas dari para pegawai, lho

Dalam dunia kerja, menjadi seorang atasan atau bos memang bukanlah hal yang mudah. Ada banyak tanggung jawab yang harus siap ditanggung, termasuk dalam mengurus para pegawai dan segala hal lainnya.

Terkadang situasi ini membuat hubungan antara bos dan pegawai jadi seolah berjarak. Padahal, bos yang dekat dengan pegawai dapat membantumu meningkatkan produktivitas dalam bekerja. Bagaimana cara untuk bisa menjadi sosok bos yang dekat dengan pegawai?

1. Menjalin komunikasi dua arah yang baik

5 Tips Jadi Bos yang Dekat dengan Pegawai, Jangan Gengsi!ilustrasi pengusaha (unsplash.com/medienstuermer)

Cara pertama adalah dengan berusaha menjalin komunikasi dua arah yang baik. Bagaimana pun juga, tentu tidak bisa apabila komunikasi yang dilakukan hanya sebatas dari atasan pada pegawai semata.

Nyatanya, pegawai juga harus mampu menyampaikan komunikasi yang baik pada bos, begitu pun sebaliknya. Dengan kualitas komunikasi yang baik, maka kedekatan antara bos dan pegawai pun dapat terjalin maksimal.

2. Jangan menunggu disapa duluan

5 Tips Jadi Bos yang Dekat dengan Pegawai, Jangan Gengsi!ilustrasi bekerja (pexels.com/Anna_Shvets)

Banyak bos yang terkadang terlalu jaim saat berhadapan dengan para pegawainya. Hal ini kemudian menyebabkan jarak tersendiri antara bos dan para pegawai.

Padahal bos juga tidak perlu harus menunggu disapa duluan, sebab hal ini hanya akan membuat jaraknya semakin besar. Cobalah untuk menyapa duluan dan menunjukkan gestur keramahannya, sehingga hubungan antara pegawai dan bos terjalin dengan baik.

Baca Juga: 5 Cara Menjalin Kerja Sama Profesional dengan Bos yang Galak, Catat!  

3. Menunjukan kepedulian dan empati pada pegawai

5 Tips Jadi Bos yang Dekat dengan Pegawai, Jangan Gengsi!ilustrasi memberi kritik (unsplash.com/ann_van_)

Sebagai bos yang baik, tentunya kepedulian merupakan kunci utama dalam menjalin hubungan yang positif. Bos tentu memiliki kewajiban untuk senantiasa perduli dan menunjukan empatinya bagi para pegawai.

Dengan memiliki sikap yang penuh kepedulian, maka hal ini bisa mendekatkan hubungan antara bos dan pegawai. Cara sederhana ini juga akan membuat pegawai merasa dipedulikan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas mereka.

4. Kerap mengajak makan di luar

5 Tips Jadi Bos yang Dekat dengan Pegawai, Jangan Gengsi!ilustrasi makan-makan (pexels.com/mentatdgt)

Makan bersama merupakan satu opsi yang bisa dicoba jika ingin menjalin hubungan yang dekat dengan pegawai. Bos bisa saja mencari momentum khusus untuk dapat mengajak para pegawainya makan di luar.

Melalui acara tersebut, setidaknya komunikasi dan hubungan antara bos, serta pegawai dapat terjalin positif. Selain itu, produktivitas para pegawai pun dapat turut naik, sebab merasa diperdulikan oleh atasannya.

5. Jangan ragu memberikan apresiasi pada pegawai

5 Tips Jadi Bos yang Dekat dengan Pegawai, Jangan Gengsi!ilustrasi berdiskusi (pexels.com/divinetechygirl)

Apresiasi sering kali menjadi satu hal yang sering disepelekan dalam hubungan pegawai dan bos. Padahal, apresiasi merupakan kunci penting yang dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Sebagai bos tentu jangan ragu untuk memberikan apresiasi penuh pada pegawai apabila melakukan kerja yang baik. Dengan apresiasi berupa verbal atau bonus, maka hubungan antara pegawai dan bos dapat terjalin dengan lebih dekat.

 

Kedekatan antara pegawai dan bos sebetulnya sah-sah saja, selama masih dalam batas wajar. Terpenting tidak sampai menimbulkan asumsi yang macam-macam dan justru bermanfaat untuk produktivitasnya. Jangan ragu menjadi bos yang dekat dengan pegawai, ya!

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menjadi Bos untuk Diri Sendiri, Jangan Ragu!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya