Comscore Tracker

5 Tips Mengatasi Rasa Takut saat Baru Meniti Karier, Harus Yakin!

Kesuksesan tidak ada yang selalu instan prosesnya

Setiap orang memiliki start yang berbeda-beda dalam memulai sebuah karier. Kadang kala perjalanan karier tersebut tidak selalu berjalan mulus sebab ada saja hal-hal yang membuatnya terasa sulit.

Kesalahan dan kegagalan yang seringkali muncul dalam meniti karier biasanya akan meninggalkan perasaan takut atau khawatir untuk melanjutkannya kembali. Tidak heran bila kemudian banyak orang yang merasa tidak percaya diri untuk kembali meniti kariernya dari awal. Padahal, kamu bisa mengatasi rasa takut tersebut dengan beberapa tips penting yang berikut ini.

1. Move on dari kegagalan di masa lalu

5 Tips Mengatasi Rasa Takut saat Baru Meniti Karier, Harus Yakin!Ilustrasi pria berpakaian kerja (Pexels/Ono Kosuki)

Mengalami kegagalan merupakan hal yang sangat wajar bagi hampir semua orang. Rasanya semua orang pasti pernah mengalami hal seperti ini selama berproses dalam meniti karier.

Kamu tidak bisa selalu berdiam diri di tempat yang sama tanpa membuat suatu perubahan. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan move on dari kegagalan yang ada di masa lalu. Nantinya kamu bisa kembali bangkit untuk meniti kariermu kembali dari awal.

2. Belajar dari kesalahan yang pernah diperbuat

5 Tips Mengatasi Rasa Takut saat Baru Meniti Karier, Harus Yakin!Ilustrasi seorang wanita karir (Unsplash/Paige Cody)

Bila kamu pernah mengalami kegagalan dalam meniti karier, tentunya pasti ada alasan di belakangnya. Alasan atau kesalahan seperti ini bisa menjadi suatu pembelajaran baru untuk kamu ke depannya.

Kamu tentunya bisa mengambil sisi baik dari setiap kesalahan yang mungkin pernah diperbuat. Kesalahan ini jugalah yang nantinya akan membantumu dalam meniti karier dengan lebih berhati-hati dan penuh persiapan.

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Mendisiplinkan Anak, Orangtua Gak Bisa Jadi Teladan

3. Mengurangi stres dengan optimisme

5 Tips Mengatasi Rasa Takut saat Baru Meniti Karier, Harus Yakin!Ilustrasi perempuan sedang bingung (Pexels/Monstera)

Merasa khawatir akan hasil akhir yang mungkin diperoleh pastinya menjadi salah satu yang banyak dirasakan orang-orang. Hal seperti ini tak jarang akan membuat banyak orang merasa stres untuk menghadapinya.

Salah satu cara untuk mengurangi rasa stres tersebut adalah dengan menghadapi secara optimis. Sikap optimisme tersebut lah yang nantinya akan membantumu menyelesaikannya dengan sebaik mungkin.

4. Tekun mempersiapkan segala perencanaan

5 Tips Mengatasi Rasa Takut saat Baru Meniti Karier, Harus Yakin!Ilustrasi membuat rencana kerja (Unsplash/Kelly Sikkema)

Tidak mudah untuk meniti karier, apalagi dengan bayang-bayang kegagalan di masa lalu. Hal ini banyak membuat orang cenderung khawatir dan merasa takut untuk mencobanya lagi.

Tentunya kamu tidak akan memperoleh hasil yang baik bila kamu tidak ada usaha untuk mendapatkannya. Cobalah untuk tetap tekun dalam mempersiapkan segala perencanaan dengan sebaik mungkin agar kariermu dapat berjalan lancar.

5. Banyak berdiskusi dengan orang yang dipercaya

5 Tips Mengatasi Rasa Takut saat Baru Meniti Karier, Harus Yakin!Ilustrasi tiga teman mengobrol (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Memiliki kekhawatiran dan memutuskan untuk menyimpannya sendiri memang tidaklah mudah. Kamu juga tidak boleh melupakan peran orang-orang yang ada di sekitarmu dalam meniti karier.

Cobalah untuk banyak berdiskusi dengan orang-orang yang ada di sekitarmu. Pastikan bahwa orang-orang tersebut dapat kamu percaya dan dapat memberikan nasihat yang baik untuk keberlangsungan kariermu kelak.

 

Semua kekhawatiran tersebut tentunya harus dapat diatasi dengan baik agar jangan sampai mengganggu usahamu untuk meniti karier. Pastikan tetap optimistis dalam menjalaninya, ya!

Baca Juga: Makin Kompetitif, Ini 5 Tips Meniti Karier di Era New Normal

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya