Comscore Tracker

5 Tips Menghadapi Terpaan Gosip di Kantor, Jangan Langsung Emosi!

Kamu harus dapat menghadapinya dengan tenang dan elegan

Melakukan proses bekerja di kantor seringkali tidak selalu berjalan dengan mudah. Alasannya, karena memang ada banyak dinamika yang harus siap dihadapi termasuk terpaan gosip.

Ada banyak alasan mengapa kamu berpotensi menjadi objek gosip dari rekan-rekan kerja di kantor. Oleh sebab itu, kamu dapat menghadapi terpaan gosip tersebut dengan beberapa tips berikut ini.

1. Cari tahu duduk perkaranya

5 Tips Menghadapi Terpaan Gosip di Kantor, Jangan Langsung Emosi!ilustrasi perempuan karier (unsplash.com/@magnetme)

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan mencari tahu duduk perkaranya. Tentu segala sesuatu yang terjadi pasti memiliki penyebabnya tersendiri.


Dengan memahami duduk perkara, maka kamu dapat menarik benang merah dari permasalahan tersebut. Kamu juga jadi mengetahui apa hal yang sebaiknya dilakukan dalam mengatasi persoalan yang seperti itu.

2. Mengajak bicara si penyebar gosip

5 Tips Menghadapi Terpaan Gosip di Kantor, Jangan Langsung Emosi!ilustrasi berbicara empat mata (unsplash.com/@mimithian)

Kadang kala gosip yang tersebar tidak diketahui asal sumbernya. Hal ini membuat kamu jadi harus mencari tahu tentang siapa yang menyebarkan informasi soal gosip terlebih dahulu.


Jika sudah mengetahuinya, kamu dapat mengajak orang tersebut untuk berdiskusi. Proses diskusi ini dimaksudkan agar kamu dapat menyelesaikan masalah tersebut dengan baik, sehingga tidak sampai berlarut-larut.

Baca Juga: 5 Tips agar Rekan Kerja Terinspirasi Padamu, Jadi Sosok Panutan!

3. Tidak perlu ditanggapi jika dirasa tak penting

5 Tips Menghadapi Terpaan Gosip di Kantor, Jangan Langsung Emosi!ilustrasi perempuan karier (unsplash.com/@wiesehofer)

Ada banyak sekali ragam gosip yang berpotensi mengenai dirimu. Terkadang hal semacam ini juga harus diseleksi terlebih dahulu, sehingga tidak semuanya perlu kamu beri tanggapan.


Jika memang ada gosip-gosip yang dirasa tidak terlalu penting, maka tak perlu membuang tenaga untuk menanggapinya. Kamu terkadang hanya perlu cuek dan membiarkan gosip tersebut menghilang dengan sendirinya.

4. Tetap tingkatkan prestasi bekerja secara maksimal

5 Tips Menghadapi Terpaan Gosip di Kantor, Jangan Langsung Emosi!ilustrasi pegawai (unsplash.com/@cvelitchkov)

Ada banyak sekali alasan mengapa kamu bisa terkena gosip yang disebarkan secara sembarangan. Salah satunya karena rasa iri yang mungkin dimiliki oleh rekan-rekan kerja lainnya  sehingga gosip tersebut digunakan untuk menghancurkan kariermu.


Alih-alih merasa kesal atau terganggu, kamu semestinya dapat membuktikan bahwa gosip tersebut tak berpengaruh apa pun pada dirimu. Kamu harus tetap dapat meningkatkan potensi kariermu, sehingga membawa sinyal baik pada prestasi dalam bekerja.

5. Melaporkan pihak berwenang jika sudah keterlaluan

5 Tips Menghadapi Terpaan Gosip di Kantor, Jangan Langsung Emosi!ilustrasi polisi (unsplash.com/@fwed)

Kadang kala memang gosip yang menerpa di tempat kerja bisa beraneka macam. Ada yang mungkin dianggap biasa, namun ada pula yang sudah terkesan berlebihan.
Kamu perlu ekstra memperhatikan hal yang satu ini, sebab memberi batasan atas gosip tersebut juga tak kalah penting. Jangan ragu untuk melaporkan pada pihak berwenang atau memberikan sanksi tegas apabila gosip yang mengenaimu sudah terlampau berlebihan.

Cara merespon gosip memang terkadang berbeda-beda pada setiap orangnya. Namun, terpenting harus tetap elegan dan tak perlu langsung terbawa emosi dalam menanggapinya. Selesaikan dengan bijak, ya!

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya