Comscore Tracker

5 Topik Obrolan agar Semakin Dekat dengan Rekan Kerja

Sekadar basa-basi pun tidak masalah, kok

Menjalin hubungan dekat dengan rekan kerja kadang tidak mudah bagi beberapa orang. Hal ini semakin terasa pada mereka yang pertama kali menapaki tempat kerja yang baru.

Kedekatan dengan rekan kerja dapat dijalin dengan baik melalui obrolan yang dibicarakan satu sama lain. Beberapa topik berikut bisa dijadikan opsi andalan jika kamu ingin dekat dengan rekan kerja di kantor.

1. Melakukan basa-basi asal tidak berlebihan

5 Topik Obrolan agar Semakin Dekat dengan Rekan KerjaIlustrasi saling bercanda (Unsplash/Jason Goodman)

Basa-basi mungkin dianggap hal klasik bagi kebanyakan orang. Namun, kamu tetap butuh melakukan basa-basi untuk menghidupkan suasana dan memulai obrolan dengan rekan kerja lainnya.

Melalui basa-basi, kamu dapat mengurangi rasa canggung terhadap satu sama lain. Selain itu, obrolan yang terjalin juga bisa jadi lebih natural dan santai. Basa-basi bisa jadi awal percakapan yang baik asal tidak berlebihan.

2. Pengalaman selama bekerja

5 Topik Obrolan agar Semakin Dekat dengan Rekan KerjaIlustrasi rekan kerja mengobrol (Unsplash/Jason Goodman)

Menemui rekan kerja yang senior tentu membuatmu memiliki banyak pertanyaan untuk ditanyakan. Hal ini bisa termasuk dengan pengalaman selama bekerja di kantor.

Kamu dapat secara aktif bertanya tentang pengalaman kerja, selama tidak sampai terlalu dianggap kepo. Topik obrolan seperti ini dapat dianggap cocok untuk menjalin hubungan sosial yang erat dengan rekan kerja.

3. Memberi saran kedai kopi atau restoran favorit

5 Topik Obrolan agar Semakin Dekat dengan Rekan KerjaIlustrasi kedai kopi (Unsplash/Nicolas J Leclercq)

Berbicara mengenai topik obrolan dengan rekan kerja di kantor, kamu dapat memulainya seputar makanan dan minuman andalan. Cara ini tidak hanya untuk mengeratkan hubungan, tapi juga sebagai referensimu selama di kantor.

Kamu dan rekan kerja dapat satu sama lain memberikan referensi mengenai kedai kopi atau restoran andalan di sekitar kantor. Tentu saja hal ini bisa membuat hubungan satu sama lain terjalin dengan baik. Siapa tahu bisa sekalian makan siang bareng, lho!

Baca Juga: 5 Tipe Rekan Kerja Penyebab Kariermu Gak Maju-maju, Penting Dikenali!

4. Tips saat bekerja di kantor

5 Topik Obrolan agar Semakin Dekat dengan Rekan KerjaIlustrasi proyek bekerja di kantor (Pexels/fauxels)

Khusus untuk obrolan dengan rekan kerja yang sudah senior, kamu dapat saling menanyakan tips bekerja. Hal ini dinilai penting, apalagi jika kamu baru berkarier sebagai pemula.

Dengan memulai topik obrolan ini, kamu dapat memiliki informasi yang bermanfaat. Hal ini juga yang akan membantu proses bekerjamu ke depannya. Tanyakan budaya kantor, kebiasaan kantor, dan hal lainnya seputar kantor.

5. Seputar hal personal yang tidak sensitif

5 Topik Obrolan agar Semakin Dekat dengan Rekan KerjaIlustrasi kedeketan rekan kerja (Unsplash/Brooke Cagle)

Dalam memulai obrolan, setiap orang bisa memilih ragam topik yang beragam. Bahkan, ada pula yang cenderung memilih pertanyaan yang terkesan terlalu personal.

Hal ini patut diperhatikan dengan cermat, meskipun dinilai boleh-boleh saja. Jangan sampai memilih pertanyaan yang sangat bersifat privasi sehingga terkesan pengin tahu. Sebelum menanyakan hal personal, kamu bisa observasi lawan bicara terlebih dulu.

Memilih topik obrolan memang bersikap opsional. Dengan cara yang tepat, kamu dapat menjalin keakraban bersama rekan kerja. Dekat dengan rekan kerja bisa memberikanmu kenyamanan selama bekerja, lho.

Baca Juga: 5 Tips Bekerja dengan Rekan Kerja yang Suka Mengatur

Andini Maulana Photo Verified Writer Andini Maulana

Terima kasih sudah membaca, semoga dapat memberikan manfaat :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya