Comscore Tracker

Nova Riyanti Yusuf: Burnout Bisa Terjadi Saat WFO Maupun WFH

Noriyu jadi pembicara di IMGS 2022

Jakarta, IDN Times - Dr. dr. Nova Riyanti Yusuf, SpKJ selaku Secretary General dari Asian Federation of Psychiatric Associations membahas tentang pentingnya menyoroti isu kesehatan mental di tempat kerja.

Perempuan yang akrab disapa Noriyu ini mengatakan, permasalahan burnout sudah terjadi sejak sebelum era pandemik.

"Ada beberapa tanda burnout. Mulai dari penurunan kompetensi, penurunan fokus, dan depersonalisasi," katanya dalam sesi diskusi bertajuk Prioritizing Mental Health for Better Workplace & Workforce di Indonesia Millennial and Gen Z Summit (IMGS) 2022 by IDN Media, Jumat (30/9/2022).

Noriyu menambahkan, ada beberapa perubahan sikap yang tampak saat seseorang burnout. Contohnya, dari sifat yang perhatian menjadi kasar kepada teman.

Fenomena burnout ini bisa terjadi pada sistem kerja work from home (WFH) atau work from office (WFO). Noriyu juga menyebut lockdown sebagai laboratorium terbesar untuk umat manusia.

Sebab, kita mengalami berbagai transisi sampai sekarang era kenormalan baru. Untuk mengatasi itu, proses adaptasi sangat diperlukan, termasuk dalam skema kerja. Mulai dari sistem bekerja penuh dari rumah hingga hybrid working.

"Berikan perhatin terhadap alarm-alarm kesehatan jiwa. Sebelum ini menjadi entitas," ujar Nova.

Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2022 yang digelar IDN Media mengusung tema Indonesia Fast Forward. Acara ini berlangsung 2 hari, 29-30 September 2022, di Tribrata Jakarta, dengan menghadirkan 3 stage, yakni Visionary Leaders by IDN Times, Future is Female by Popbela, dan Talent Trifecta by ICE.

IMGS 2022 menghadirkan 115 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.  Ajang millennial dan Gen-Z terbesar di Tanah Air ini dihadiri lebih dari 4.000 future leader Indonesia.

Dalam IMGS 2022, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Gen Z and Millennial Report 2022. Survei ini dikerjakan IDN Research Institute bekerja sama dengan Populix.

Survei ini digelar pada periode 27 Januari - 7 Maret 2022, dengan margin of error kurang dari 5 persen. Melalui survei yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan daerah aglomerasi ini, IDN Times ingin menyajikan potret yang jelas dan lengkap mengenai Gen Z Indonesia, sehingga bisa memahami dan membentuk mereka lebih baik sebagai calon pemimpin bangsa.

Simak hasilnya di IMGS 2022, dan ikuti perkembangannya di situs kami, IDN Times.

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya