Comscore Tracker

7 Strategi Hadapi Lingkungan Kerja Toxic untuk Karyawan Baru

Kamu bakal jadi karyawan baru antimainstream,  deh!  

Ketika pertama kali dimarahi oleh salah satu senior atau bos tentu saja rasa takut dan marah akan memenuhi pikiran kita. Apalagi jika kita dimarahi bukan karena kesalahan yang kita buat dan parahnya terkadang bisa jadi itu sebenarnya merupakan kesalahan senior atau bos itu sendiri. Sebagai karyawan baru tentu kita belum mengetahui cara untuk menghadapi situasi semacam ini dan tentu merasa bingung tindakan bijak apa yang harus dilakukan. Baca dulu strategi keren yang dapat kita lakukan sebagai karyawan yang baru masuk dunia kerja. 

1. Diam dan jangan terpancing

7 Strategi Hadapi Lingkungan Kerja Toxic untuk Karyawan BaruIlustrasi Tenang (unsplash.com/Matt Wildbore)

Ketika diperlakukan semena-mena, tentu yang ada di benak kita yang pertama adalah emosi rasa marah yang sulit untuk ditahan. Akan tetapi di dunia kerja jika kita dengan mudahnya melampiaskan semua emosi yang kita rasakan justru hanya akan membuat kita jelek di mata karyawan lain.

Ini tentu tidak baik untuk kita para karyawan baru, iya, kan? Oleh karena itu kita harus bisa untuk menahan diri agar tidak terpancing emosi.

2. Hindari masalah dengannya

7 Strategi Hadapi Lingkungan Kerja Toxic untuk Karyawan BaruIlustrasi Diam (unsplash.com/Taylor)

Situasi dimana kamu tidak diperlakukan dengan baik tentu ada pemicunya. Salah satunya mungkin senior atau bos mu sedang dalam keadaan bad mood dan sedang banyak masalah. Nah, hal yang dapat kamu lakukan adalah sebisa mungkin jangan sampai mengajaknya berbicara atau bahkan jangan menyenggolnya karena akan membuatmu menjadi sasaran empuk untuk dijadikan pelampiasan.

Jika memang sangat mendesak kamu bisa mencoba untuk merendahkan suaramu agar tidak terjadi hal yang melelahkan nantinya.

3. Amati pola dan curi ilmunya

7 Strategi Hadapi Lingkungan Kerja Toxic untuk Karyawan BaruIlustrasi Mengamati (unsplash.com/Jake Oates)

Jika hal buruk terus menerus menimpa dirimu, dirimu akan sedikit demi sedikit terbiasa dengan situasi tersebut dan akan mulai memahami pola yang ada. Tetap fokus untuk mencuri ilmu yang ada karena tidak semua yang diucapkan oleh senior atau bosmu itu omong kosong, pasti ada ilmu yang terselip di sana dan jika kamu dapat memanfaatkan ini justru kamu akan untung dan lebih tenang menghadapinya.

Baca Juga: 5 Ketakutan yang Kerap Dirasakan Karyawan Baru di Awal Bekerja

4. Fokus kerja

7 Strategi Hadapi Lingkungan Kerja Toxic untuk Karyawan BaruIlustrasi Fokus (unsplash.com/ Priscilla Du Preez)

Di tengah kondisi yang buruk, tentu kita tidak ingin mood kita kacau dan pekerjaan kita terhambat, bukan? Maka dari itu kita perlu memfokuskan diri dengan prioritas dan tujuan awal kita. Dengan begitu kita tidak akan rugi meski mendapat gangguan secara mental dari senior atau bos.

5. Tetap beri yang terbaik

7 Strategi Hadapi Lingkungan Kerja Toxic untuk Karyawan BaruIlustrasi Bahagia (unsplash.com/Jeremy Mcknight)

‘Tetap memberi yang terbaik’ terbukti mampu meredakan ego senior maupun bos kita. Bagaimana caranya?

Caranya hanya dengan mengabaikan semua amarah yang ada, tetap bekerja dengan baik semampu kita, dan tetap merendah dan berperilaku baik kepada senior maupun bos kita. Dengan begitu setidaknya mood mereka akan membaik dengan melihat sikap kita yang tidak sesuai dengan ekspektasi mereka dan kita pun dapat bekerja dengan tenang, aman dan damai.

6. Membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja lainnya

7 Strategi Hadapi Lingkungan Kerja Toxic untuk Karyawan BaruIlustrasi Berteman (unsplash.com/Jud Mackrill)

Diposisimu yang karyawan baru tentu tidak akan baik jika kamu hanya terfokus kepada satu senior atau bos yang selalu mengganggumu. Karenanya kamu perlu berbaur dengan karyawan lain agar tetap dapat bertahan untuk bekerja disana. Tak perlu banyak, cukup satu dua orang saja atau seperlumu selama kamu nyaman. 

7. Lawan jika memang kamu benar dan dia sudah kelewatan

7 Strategi Hadapi Lingkungan Kerja Toxic untuk Karyawan BaruIlustrasi Tenang (unsplash.com/Yogendra Singh)

Jika dengan melakukan ke enam saran di atas kita tetap mengalami situasi yang sama, maka tetap tenangkan diri jika memang kita yang salah cukup akui kesalahan kita dan meminta maaf. Akan tetapi, jika mereka yang salah, utarakan semua fakta yang ada namun tetap tahan amarahmu agar kamu tidak ditindas dan kamu tetap terlihat elegan.

Menjadi karyawan baru tentu tidak mudah. pasti akan ada saja halangan-halangan yang menghadang entah itu dari bos, senior, maupun dari diri kita sendiri. Tetap tenang karena jika dari diri kita sendiri susah mengontrol emosi maka hal sepele pun bisa jadi besar. 

Semoga saran di atas dapat membantumu sang karyawan baru menghadapi kerasnya dunia kerja. Tetap semangat, ya! Jadikan pengalaman barumu untuk mendapatkan perspektif hidup dan inspirasi yang lebih beragam.

Baca Juga: 10 Cara Jadi Karyawan Baru yang Mencuri Perhatian, Harus Dicoba!

Umi Khoiriyah Photo Writer Umi Khoiriyah

Ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak diberikan kepada pelaku maksiat. ~Imam Waki' bin Jarrah~ (Guru Imam Syafi'i)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya