Comscore Tracker

9 Perilaku Ini Harus Dihindari Karyawan Baru Agar Gak Dibenci Senior

Ini kelihatannya sepele tapi dampaknya besar.

Lain ladang, lain belalang. Lain lubuk lain pula ikannya. Peribahasa ini mengandung makna bahwa setiap tempat memiliki adat istiadat atau kebiasaannya masing-masing yang wajib untuk dijunjung tinggi.

Begitu juga ketika menjadi karyawan baru. Kamu sebagai anak baru di  lingkungan kerja membutuhkan penyesuaian diri.

Nah, di mana saja bekerja, ada hal-hal sama yang harus kamu hindari agar tidak dibenci oleh teman yang lebih senior, lho. Apa saja itu? Ini deretan perilaku yang wajib kamu hindari agar tidak dibenci senior di tempat kerja baru.

1. Datang telat ke tempat kerja

9 Perilaku Ini Harus Dihindari Karyawan Baru Agar Gak Dibenci SeniorPixabay

Datanglah tepat waktu, bahkan kalau bisa 10 atau 15 menit sebelum jadwal masuk kerja kamu sudah ada di kantor barumu. Mungkin di kantor lama, kamu bebas masuk jam berapa saja, tapi untuk tempat kerja baru usahakan untuk tidak telat. Karena itu akan mengurangi 'nilai' kamu di mata teman-temanmu. 

2. Jadi orang yang sok tahu

9 Perilaku Ini Harus Dihindari Karyawan Baru Agar Gak Dibenci SeniorJef.pagah@gmail.com

Jika memang tidak tahu, sebaiknya bertanya. Tidak usah malu untuk bertanya. Karena walaupun pengalamanmu sudah cukup banyak, tapi sistem setiap perusahaan itu berbeda-beda. Hindari dirimu melakukan hal-hal yang tidak pernah dilakukan oleh rekan yang lain tanpa bertanya terlebih dahulu. Karena jika yang kamu lakukan salah, kamu sendiri yang tertimpa masalah.

3. Basa-basi berlebihan

9 Perilaku Ini Harus Dihindari Karyawan Baru Agar Gak Dibenci Seniordramabeans.com

Ada 4 alasan kenapa orang bertanya. Pertama karena tidak tahu, kedua untuk menguji, ketiga untuk mengkonfirmasi, dan keempat untuk basa-basi. Nah, hati-hati ketika kamu bertanya untuk basa-basi. Basa-basi memang penting tapi jangan berlebihan karena ada orang-orang yang tidak suka ditanya-tanya. Sewajarnya saja, kalau kamu lihat gerak-gerik rekanmu sudah tidak nyaman denganmu, sebaiknya hindari pertanyaan basa-basi.

4. Sibuk bermain gadget

9 Perilaku Ini Harus Dihindari Karyawan Baru Agar Gak Dibenci SeniorPixabay

Mendekati rekan kerjamu mungkin awal-awalnya akan sedikit canggung, tapi itu lebih baik kamu lakukan daripada sibuk bermain gadget. Walaupun sepertinya gadgetmu lebih menyenangkan dari orang-orang di sekitarmu, usahakanl untuk tidak terlalu fokus pada gadgetmu.

5. Berbohong agar mendapatkan banyak teman

9 Perilaku Ini Harus Dihindari Karyawan Baru Agar Gak Dibenci SeniorPexels.com/Rawpixel.com

Berada di lingkungan pekerjaan baru, bertemu dengan orang-orang baru membuat kamu mau tidak mau harus bersosialisasi untuk mendapatkan teman. Ada banyak cara untuk mendapatkan teman yang cocok denganmu. Tapi hindarilah membual tentang dirimu. Itu tidak akan membuat mereka terkesan, malahan membuat mereka tidak ingin mendekatimu. Tetaplah rendah hati, tidak perlu melebih-lebihkan sesuatu yang kamu miliki atau kamu kuasai.

Baca Juga: 5 Tanda Kalau Kamu Sudah Bosan dengan Pekerjaan & Harus Segera Resign

6. Membicarakan keburukan rekan kerja lain

9 Perilaku Ini Harus Dihindari Karyawan Baru Agar Gak Dibenci SeniorPixabay

Berada di lingkungan pekerjaan baru, bertemu dengan orang-orang baru membuat kamu mau tidak mau harus bersosialisasi untuk mendapatkan teman. Ada banyak cara untuk mendapatkan teman yang cocok denganmu. Tapi hindarilah membual tentang dirimu. Itu tidak akan membuat mereka terkesan, malahan membuat mereka tidak ingin mendekatimu. Tetaplah rendah hati, tidak perlu melebih-lebihkan sesuatu yang kamu miliki atau kamu bisa.

7. Menyudutkan suku, ras, dan agama tertentu

9 Perilaku Ini Harus Dihindari Karyawan Baru Agar Gak Dibenci Seniormoroccoworldnews.com

Suku, agama dan ras adalah hal yang sensitif akhir-akhir ini. Ada orang yang bisa sampai membunuh hanya karena tersinggung saat membicarakan suku, agama atau ras. Lebih bijaklah dalm berkata-kata, agar tidak ada yang tersinggung.

8. Bekerja asal-asalan

9 Perilaku Ini Harus Dihindari Karyawan Baru Agar Gak Dibenci Seniorwalrathrecruiting.com

Lakukan yang terbaik yang bisa kamu lakukan. Jika memang pekerjaannya terlalu susah, kamu bisa bertanya atau meminta bantuan rekanmu. Jangan mengerjakannya asal-asalan. Itu akan membuat orang-orang menilai bahwa kamu pemalas.

9. Cari muka

9 Perilaku Ini Harus Dihindari Karyawan Baru Agar Gak Dibenci SeniorPixabay

Mencari pujian dari atasan memang akan membawa kamu lebih cepat naik jabatan tapi itu akan membuat teman di sekitarmu tidak menyukaimu. Mereka akan membicarakanmu di belakang atau bahkan mungkin ada yang mendoakan kamu mengalami hal buruk. Tidak usah mengharapkan pujian dari siapapun, bekerjalah dengan tulus maka orang-orang akan menghargai kemampuanmu.

Baca Juga: 5 Kiat Kembangkan Bisnis Sampingan untuk Seorang Karyawan

Wesa Bhadrasana Photo Community Writer Wesa Bhadrasana

encourager

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 10:00:04

Progress: 750.731 dari 813.350 TPS (92.30110%)

Just For You