Comscore Tracker

5 Tips Tetap Produktif Saat Work from Home! Jangan Cuma Rebahan, ya

Inget kerja, bukan liburan

Penyebaran virus COVID-19 membuat beberapa perusahaan turun tangan untuk mengeluarkan kebijakan work from home (WFH) alias kerja dari rumah. Produktif tetap harus berjalan meskipun kita harus bekerja di rumah. Ini dia tips supaya kamu bisa tetap produktif meskipun kamu harus work from home.

1. Buat to-do list kerjaan

5 Tips Tetap Produktif Saat Work from Home! Jangan Cuma Rebahan, yapexels.com/pixabay

Gak hanya saat kerja di kantor, saat kerja di rumah kamu juga harus membuat to-do list pekerjaanmu untuk memastikan semua pekerjaan terselesaikan dengan baik. To-do list ini juga bisa membantu kamu dalam menentukan skala prioritas.

2. Tentukan key performance indicator (KPI) atau indikator kinerja harian

5 Tips Tetap Produktif Saat Work from Home! Jangan Cuma Rebahan, yaunsplash.com/william iven

Setelah membuat to-do list, jangan lupa juga untuk menentukan KPI kamu. Pastikan kalau pekerjaanmu gak hanya asal selesai aja, tapi juga bisa memenuhi target atau goals yang mau kamu capai.

Baca Juga: 5 Bahaya Terlalu Sering Minum Pas Olahraga, Jangan Biasakan!

3. Jaga waktu tidur

5 Tips Tetap Produktif Saat Work from Home! Jangan Cuma Rebahan, yaunsplash.com/vladislav muslakov

Kerja di rumah bukan berarti kamu bisa seenaknya menentukan jam kerja. Namanya juga work from home, berarti kamu harus mengikuti jam kerja di kantormu seperti biasa. Tetap jaga waktu tidurmu supaya saat jam kerja kamu bisa bekerja dengan baik alias gak mengantuk karena begadang.

4. Buat tempat kerja yang nyaman

5 Tips Tetap Produktif Saat Work from Home! Jangan Cuma Rebahan, yapexelscom/andrea piacquadio

Buatlah tempat kerjamu senyaman mungkin. Tujuannya biar kamu juga semangat kerjanya meskipun di rumah. Namun, jangan sampai nyamannya malah bikin kamu mengantuk. Ujung-ujungnya, kamu malah gak fokus kerja dan malah ketiduran.

5. Jauhkan diri dari segala distraksi

5 Tips Tetap Produktif Saat Work from Home! Jangan Cuma Rebahan, yapexels.com/bongkarn thanyakij

Bekerjalah di tempat yang jauh dari segala distraksi, seperti televisi dan game console. Gunakan HP dengan bijak, ya, yaitu untuk komunikasi dengan rekan kerja. Jangan iseng-iseng buka media sosial karena bisa-bisa kamu keterusan scrolling socmed dan malah gak kerja.

Nah itu dia tips produktif meskipun work from home alias bekerja dari rumah. Ingat ya, kerja dari rumah. Jangan gunakan waktunya untuk nonton, jalan-jalan, apalagi liburan. Sebenarnya, tujuan work from home untuk menjauhkan diri kita dari kerumunan untuk meminimalkan penyebaran virus.

Dengan adanya penyebaran COVID-19 ini, saatnya generasi muda dan anak bangsa tampil menyuarakan. Dengan prosedur yang tepat, tunjukkan sikap positif bukan saling menghakimi dan menjatuhkan; dan tidak saling menyalahkan dan terlibat pertengkaran politik.

Mari, kita bergandeng tangan bersama-sama melewati krisis ini tanpa memperuncing perbedaan politik dan SARA. Karena #KitaIDN, bersama-sama kita bersatu #IndonesiaKuat! 

Temukan artikel menarik dan inspiratif lainnya di youngontop.com atau follow Instagram dan Twitter @youngontop!

Baca Juga: Yuk, Buktikan Cinta Bumi dengan Pakai 5 Produk Pengganti Plastik Ini!

Young On Top Photo Verified Writer Young On Top

Community-organization nya anak muda Indonesia yang tersebar di 25 kota di Indonesia!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya