Comscore Tracker

6 Cara Menghargai Orang Lain yang Bisa Diterapkan di Dunia Kerja

Karena ketika seseorang berorganisasi bukan hanya tentang diri sendiri

Dengan ikut organisasi kita bisa belajar banyak hal, bahkan organisasi adalah miniatur dari dunia nyata yang nantinya akan kita hadapi lho. 

Nah! Dalam sebuah organisasi, kita tentunya gak akan berjalan sendiri bukan? Namanya juga organisasi, ada banyak tipe orang yang terlibat didalamnya. Di dalam organisasi juga menghargai orang lain menjadi hal yang penting, baik itu pendapatnya, atau cara kita  memperlakukan orang tersebut, karena dinamika dalam sebuah organisasi akan mendorong pada peningkatan peran anggota organisasi tersebut.

Lalu apa aja sih yang bisa kita lakukan untuk menghargai orang lain, dalam ranah organisasi?

1. Hargai pendapat setiap anggota organisasi

6 Cara Menghargai Orang Lain yang Bisa Diterapkan di Dunia Kerjapendidikan.id

Sudah dikatakan sebelumnya bukan, namanya juga organisasi, artinya kamu disini gak sendiri, tapi sekumpulan orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.

Kenapa? Karena dalam setiap pendapat anggota organisasi itu bisa saja ada masukan yang penting untuk diri kita, kelompok kita, atau pun demi kemajuan kita bersama. Walaupun mungkin pendapat nya itu berbeda atau kita gak setuju, tapi kita tetap gak boleh meremehkan pendapat orang lain, apalagi sampai memotong saat seseorang sedang mengemukakan pendapat di depan umum. Jangan menjadi orang yang egois ya guys!

2. Jangan membesar-besarkan masalah di depan umum

6 Cara Menghargai Orang Lain yang Bisa Diterapkan di Dunia Kerjaphoenix.sgipropertymanagement.com

Ada teman satu organisasi yang tidak sengaja melakukan kesalahan ini, kita langsung marah, langsung menghujat dan langsung membesar-besarkan masalah. Kita bersikap seolah yang ia lakukan adalah masalah yang tak pernah bisa terselesaikan. Jangan gitu ya guys!

Masalah itu diselesaikan, bukan dibesar-besarkan, kalian harus ingat ya, bahwa setiap masalah, pasti akan ada jalan keluarnya. Fokus pada solusi, jangan fokus pada masalah. Terlebih dalam organisasi, ada masalah itu wajar banget, tapi justru disini tantangannya, sebagai seorang organisatoris, kita mampu gak menyelesaikan masalah itu dengan cara-cara organisasi juga.

3. Boleh memberi kritik, tapi kritik yang membangun ya!

6 Cara Menghargai Orang Lain yang Bisa Diterapkan di Dunia Kerjawww.westuc.com

Kritik dalam sebuah organisasi itu merupakan hal yang lumrah, karena dengan adanya sebuah kritik kita bisa mengevaluasi kesalahan kita itu apa. Namun, dalam memberikan sebuah kritik pada anggota organisasi kita harus tahu batasannya, jangan sampai kritik kita menyakiti orang tersebut, dan malah membuat hubungan kita merenggang, masa satu organisasi musuhan sih, kan gak banget.

Pilihlah kata-kata yang baik dan nada bicara yang tidak menghujat ketika menyampaikan kritik, jangan sampai anggota lain merasa bahwa kita tak menghargai kerja kerasnya hanya karena ia melakukan suatu kesalahan. Berikan masukan atau motivasi yang membangun agar kesalahan tersebut tidak dilakukan di kemudian hari. Ingat, setiap orang itu wajar ketika melakukan kesalahan, yang penting adalah ia mau berubah dan mau memperbaikinya.

Baca Juga: Siap Sukses Berkarir, 5 Tips Beradaptasi untuk Kamu yang Baru Bekerja

4. Jangan pernah membedakan antar anggota organisasi

6 Cara Menghargai Orang Lain yang Bisa Diterapkan di Dunia KerjaPexels/Rawpixels

Di setiap organisasi pasti ada ketua yang mengepalai dan memimpin supaya organisasi itu berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan di awal. Tapi, tahu gak sih? Seorang ketua gak akan pernah jadi ketua tanpa adanya anggota. Nah, itu artinya setiap anggota organisasi punya peranan yang penting, baik dia itu staf biasa atau kepala bagian dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu kita gak boleh saling membedakan antar anggota organisasi, mereka punya hak yang sama, baik itu mengemukakan pendapat, atau hak anggota yang lainnya. Jangan sampai kamu meremehkan pendapat anggota organisasi hanya karena menurutmu jabatan dia gak terlalu penting, itu kesalahan fatal lohh.

Bisa-bisa dia merasa gak dihargai, lalu memilih mengundurkan diri, kan ribet juga nantinya jika satu bagian kehilangan orang.

5. Buat setiap anggota merasa bahwa dirinya itu penting

6 Cara Menghargai Orang Lain yang Bisa Diterapkan di Dunia Kerjaunsplash/Annie Spratt

Kenapa kita harus membuat orang lain merasa penting? Karena ketika ia merasa bahwa dirinya dibutuhkan, dan ia penting dalam sebuah organisasi, maka lama kelamaan akan tercipta rasa nyaman berada dalam organisasi bagi orang tersebut. Kan kalau udah nyaman susah buat berpaling.

Ketika seseorang nyaman dalam suatu organisasi, maka secara tidak langsung akan meningkatkan kinerjanya dalam organisasi tersebut, nah berefek baik juga kan untuk kemajuan organisasi. Kita bisa membuat orang lain merasa penting dengan menerima orang tersebut apa adanya, ia dengan dirinya sendiri. 

Tunjukan rasa kagum kita terhadapnya, berikan penghargaan dan jangan mudah menjatuhkan. Yang paling penting, selalu bersikap positiflah terhadap orang lain, dengan begitu kita akan menerima timbal balik yang positif juga kan?

6. Jangan pernah menyepelekan hal-hal kecil

6 Cara Menghargai Orang Lain yang Bisa Diterapkan di Dunia Kerjahttps://unsplash.com/

Ini adalah poin yang paling penting karena menurut kata pepatah, kita terjatuh bukan karena batu besar namun karena kerikil kecil, bukan?

Begitu juga organisasi dan kita sebagai anggota organisasi, hargailah setiap hal-hal kecil yang dilakukan oleh anggota organisasi, berikanlah dia pujian agar ia merasa bahwa apa yang ia lakukan itu tidak sia-sia. Semisal, ada anggota organisasi yang membantu mengambilkan berkas, membantu fotokopi, atau hal-hal kecil yang lain, jangan lupa ucapkan terima kasih. Karena dengan bantuannya tersebut, pekerjaan kita lebih cepat terselesaikan.

Nah, mulai sekarang, sudah tau kan betapa pentingnya menghargai orang lain dalam organisasi, karena organisasi itu satu visi misi dan setiap anggotanya harus selau berjalan beriringan demi satu tujuan.

Manusia yang berjiwa besar adalah manusia yang mampu menghargai orang lain tanpa melihat siapa orang tersebut, dan dari mana asal-usulnya. Tetap jadi organisastoris yang low profile ya guys!

Baca Juga: Siap Sukses Berkarir, 5 Tips Beradaptasi untuk Kamu yang Baru Bekerja

Yulan Mardiati Photo Writer Yulan Mardiati

An introvert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya