Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Bekerja Sesuai Passion Tetap Bisa Membuatmu Jenuh

Passion gak menjamin hidupmu mulus!

Bekerja sesuai passion mungkin adalah harapan kebanyakan orang di muka bumi. Meskipun pada kenyataannya gak sedikit orang yang bekerja dengan mengabaikan passion yang mereka punya. Sering dianggap salah satu kunci bahagia, nyatanya bekerja sesuai passion gak menjamin seseorang terbebas dari jenuhnya hidup. 

Ada alasan yang mendasari mengapa bekerja sesuai passion tetap bisa membuatmu jenuh. Berikut adalah lima alasan yang mendasari pernyataan di atas. Baca sampai akhir, ya! 

1. Waktu kerjamu terlalu padat hingga gak sempat istirahat

5 Alasan Mengapa Bekerja Sesuai Passion Tetap Bisa Membuatmu JenuhPexels.com/Vlada Karpovich

Siapa yang hidupnya bisa bahagia jika terus-terusan bekerja tanpa ada istirahatnya? Sesuka apa pun kamu dengan pekerjaannya, kamu tetap akan merasa bosan dan perlu yang namanya liburan. Terlebih jika kegiatan tersebut membuatmu tidak punya waktu istirahat yang cukup. 

Memang benar bekerja sesuai passion bisa membuatmu bahagia. Namun, bukan berarti kamu lantas bekerja tak kenal waktu. Gak boleh disepelekan, kamu juga harus paham kapasitas dan porsi dalam menjalani pekerjaan, ya! 

2. Atmosfer tempat kerjamu kurang menyenangkan

5 Alasan Mengapa Bekerja Sesuai Passion Tetap Bisa Membuatmu JenuhPexels.com/RF._.studio

Terlepas dengan sesuainya passion-mu dengan pekerjaan, pengaruh lingkungan juga gak kalah penting untuk menjaga suasana hati saat bekerja. Atmosfer tempat kerja berpengaruh signifikan terhadap rasa nyaman dan bahagia dalam menjalani pekerjaan. Jika kamu dikelilingi oleh rekan kerja yang open minded, ramah, tidak menerapkan senioritas tentu suasana tempat kerjamu akan jauh lebih menyenangkan dan juga membuatmu bersemangat. 

Baca Juga: Bukan Pemalas, Ini 5 Hal yang Bikin Kamu Jenuh Sama Pekerjaan 

3. Berada di zona nyaman membuatmu minim tantangan

5 Alasan Mengapa Bekerja Sesuai Passion Tetap Bisa Membuatmu JenuhPexels.com/Yan

Tanpa kamu sadari berada di zona nyaman dalam waktu yang lama justru membuatmu tidak berkembang. Zona nyaman membuatmu terbiasa untuk mengikuti alur kehidupan tanpa berusaha meningkatkan kualitas dirimu. Minimnya tantangan yang kamu rasakan saat bekerja lama-kelamaan justru membuatmu merasa jenuh dan kurang termotivasi.

4. Terlalu fokus kepada hal yang kamu suka saja lama-lama justru membuatmu bosan

5 Alasan Mengapa Bekerja Sesuai Passion Tetap Bisa Membuatmu JenuhPexels.com/Karolina Grabowska

Mengerjakan kegiatan itu-itu saja setiap harinya tentu akan membuatmu jenuh. Terlalu fokus kepada passion membuatmu tidak berani menantang dirimu dan mencoba hal lain yang tidak kamu sukai. Padahal bisa saja hal yang tidak kamu suka tersebut justru menyeimbangkan hidupmu agar tidak terasa datar dan minim pengalaman. 

5. Kariermu gak menunjukkan peningkatan

5 Alasan Mengapa Bekerja Sesuai Passion Tetap Bisa Membuatmu JenuhPexels.com/Andrea Piacquadio

Saat kamu mengedepankan passion, mungkin niat awalmu bekerja adalah melakukan kegiatan yang membahagiakan dan materi hanyalah bonus semata. Namun, lama-kelamaan kamu pun sadar bahwa inti dari bekerja memanglah mencari materi. Terlebih semakin bertambahnya usia, semakin besar pula kebutuhan yang diperlukan oleh seseorang.

Siapa yang tidak jenuh bekerja tanpa upah dan keuntungan yang sepadan? Meskipun itu adalah hal yang kamu minati, tentunya kamu pun mengharapkan apresiasi yang layak bukan? Oleh karena itu, kamu pun harus bisa memilih mana yang lebih dulu diutamakan antara passion dan kestabilan pekerjaan. 

Meskipun bekerja sesuai passion tetap bisa membuatmu jenuh. Buang jauh-jauh pikiran bahwa bekerja sesuai passion akan selalu membuatmu bahagia, ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Seusai WFH agar Tidak Jenuh, Jauhi HP!

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya