Comscore Tracker

Daftar Pekerjaan dan Profesi Paling Diminati Gen Z Berdasarkan Riset

Indonesia Gen Z Report 2022: profesi marketing paling dicari

Jakarta, IDN Times - Hampir sebagian Gen Z, mereka yang lahir antara 1997 hingga 2012, saat ini sudah memasuki usia produktif dan sisanya akan segera menyusul dalam beberapa tahun ke depan. Sebagai generasi yang kini mendominasi populasi Indonesia, 27.94 persen dari 74.93 juta orang, pekerjaan dan profesi apa ya yang paling menarik perhatian generasi ini?

IDN Research Institute, bekerja sama dengan Populix, melakukan penelitian untuk memahami lebih dalam tentang Gen Z Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan random sampling yang melibatkan 1.000 responden di 12 kota dan wilayah aglomerasi di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, dan Makassar.

Penelitian dengan margin of error kurang dari 5 persen ini kemudian dilanjutkan dengan metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam oleh IDN Times, FORTUNE Indonesia, ICE, Popbela.com, Popmama.com, dan Yummy. Pengumpulan data dilakukan pada 27 Januari hingga 7 Maret 2022.

Berdasarkan hasil penelitian yang disusun dalam Indonesia Gen Z Report 2022 ini, berikut daftar pekerjaan dan profesi yang paling diminati Gen Z.

1. Sebagian besar Gen Z tertarik jadi pengusaha

Daftar Pekerjaan dan Profesi Paling Diminati Gen Z Berdasarkan Risetilustrasi memasak (unsplash.com/Conscious Design)

Sebanyak 64 persen Gen Z ternyata memiliki ketertarikan untuk menjadi pengusaha, terutama mereka yang berasal dari kelas sosial-ekonomi rendah. Salah satu alasannya adalah terkait fakta bahwa wirausaha menawarkan hasil yang lebih besar jika dibanding menjadi buruh.

2. Pengusaha paling populer adalah koki

Daftar Pekerjaan dan Profesi Paling Diminati Gen Z Berdasarkan Risetchef Renatta Moeloek (instagram.com/renattamoeloek)

Sementara itu, pengusaha paling populer di kalangan Gen Z adalah mereka yang menekuni bidang kuliner, seperti menjadi koki. Bisnis kuliner, berdasarkan data dari IDN Times, menjadi salah satu bidang usaha paling hits untuk anak muda. Beberapa chef paling populer bagi Gen Z adalah Chef Juna, Renatta Moeloek, dan Tasyi Athasyia.

Baca Juga: 5 Influencer Paling Disukai Gen Z di Indonesia, Raffi Ahmad Teratas!

3. Marketing jadi bidang pekerjaan paling banyak dicari

Daftar Pekerjaan dan Profesi Paling Diminati Gen Z Berdasarkan Risetilustrasi marketing (workwithus.org)

Selain ketertarikan tinggi untuk menjadi pengusaha, Gen Z ternyata juga memiliki minat tinggi terhadap pekerjaan yang berkaitan dengan pelanggan. Hal tersebut karena Indonesia mempunyai basis konsumen yang besar.

Beberapa pekerjaan yang berorientasi pada konsumen antara lain marketing, transportasi, media, dan public relations. Marketing sendiri menjadi pekerjaan paling populer pertama di semua kalangan sosial-ekonomi, baik atas, menengah, maupun rendah. Sementara itu, pekerjaan di bidang media, public relations, dan transportasi sama-sama berada di posisi ketiga.

4. Ilmu komputer gak kalah menarik bagi Gen Z

Daftar Pekerjaan dan Profesi Paling Diminati Gen Z Berdasarkan RisetIlustrasi anak sedang menggunakan komputer (pixabay.com/ExplrorerBob)

Posisi kedua paling populer ternyata ditempati oleh pekerjaan di bidang ilmu komputer. Banyak Gen Z yang mencari pekerjaan di bidang ini, namun berdasarkan survei tersebut, ada kesenjangan yang terlihat.

Gen Z yang berasal dari kalangan sosial-ekonomi atas memiliki ketertarikan paling tinggi, yakni 35 persen, menengah 24 persen, sementara rendah hanya 18 persen. Hal ini merupakan refleksi adanya kesenjangan pendidikan dan kepemilikan alat yang mendukung pekerjaan-pekerjaan di bidang ilmu komputer tersebut bagi Gen Z di Indonesia.

5. Daftar bidang pekerjaan paling populer

Daftar Pekerjaan dan Profesi Paling Diminati Gen Z Berdasarkan RisetIlustrasi pekerjaan, hubungan sosial, karier. (Unsplash.com/Brooke Cagle)

Berikut ini daftar bidang pekerjaan paling diminati Gen Z di Indonesia berdasarkan hasil penelitian ini.

1. Marketing
2. Ilmu Komputer
3. Media
3. Public Relations
3. Transportasi
6. Keuangan
7. Logistik
8. Sumber Daya Manusia
9. Jurnalistik
10. Kesehatan
11. Penelitian
11. Farmasi
13. Hukum
14. Makanan/Kuliner

Indonesia Gen Z Report by IDN Times ini juga dirilis bersamaan dengan gelaran Indonesia Millennial and Gen-Z Summit pada 29-30 September 2022 di The Tribrata, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ide Bisnis Ini Cocok untuk Gen-Z, Tertarik Mencoba?

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya