TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Essential Oil untuk Menemani Work From Home, Kerja Makin Nyaman!

Sebarkan aroma essential oil untuk menjaga mood kerjamu!

Pexels.com/Ketut Subiyanto

Munculnya stres selama work from home ternyata dapat berpengaruh negatif terhadap produktivitas kerja. Jadi ketika menyadari tubuh dan pikiran kamu mengalami stres, sebaiknya kamu segera melakukan stress release yaitu suatu tindakan untuk melepaskan beban psikologis.

Essential oil bisa digunakan sebagai salah satu media terapi stres. Dalam jurnal berjudul Aromatherapy in the Control of Stress and Anxiety yang disusun oleh Dias Paula, Pedro Luis, Pareira Olivia, dan Mario Joao, menyatakan bahwa penggunaan essential oil sebagai aromaterapi berdampak efektif terhadap level stres dan kecemasan.

Studinya melibatkan 36 orang yang dibagi menjadi grup aroma dan grup kontrol. Pada grup aroma, peserta diberi perlakuan pemberian essential oil Lavandula angustifolia Mill (Lavender essential oil) dan Matricaria recutita L (Chamomile essential oil) dengan almond oil sebagai pengencer untuk pijat.

Sementara grup kontrol hanya menggunakan almond oil untuk pijatnya. Hasilnya, grup aroma mengalami penurunan tingkat stres sebesar 12% dan penurunan kecemasan sebesar 30%. Sedangkan pada grup kontrol, penurunan tingkat stres dan kecemasan hanya sebesar 3,3% dan 2,6%.

Lima essential oil berikut bisa kamu coba untuk pelepas stres atau untuk menjaga mood tetap baik ketika harus menjalani work from home!

1. Lavender essential oil

Bunga Lavender (Pexels.com/Peter Fazekas)

Lavender essential oil telah digunakan sejak peradaban lama. Bangsa Romawi kuno menggunakan lavender essential oil ke dalam bak mandinya untuk mendapatkan sensasi relaksasi. Meskipun lebih dikenal sebagai minyak relaksasi, menghirup lavender essential oil dapat menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan mood ke kondisi yang lebih baik.

Oleh karena itu, penggunaan essential oil lavender pun meluas sebagai bahan dasar penyusun berbagai produk perawatan. Seperti tertulis pada jurnal Lavender fFagrance Cleansing Gel Effects on Relaxation yang disusun oleh Tiffany Field, dkk, bahwa aroma lavender memiliki efek signifikan dalam meningkatkan mood dan membuat perasaan lebih tenang.

Baca Juga: Jangan Tertukar, Ini 5 Perbedaan Essential Oil dan Fragrance Oil

2. Lemon essential oil

Buah Lemon (Pexels.com/Lisa Fotios)

Jika kamu membutuhkan essential oil untuk menciptakan mood yang ceria, kamu bisa mencoba lemon essential oil yang memiliki aroma sitrus segar yang didistilasi dari kulit buahnya.

Dalam jurnal yang disusun oleh Magiwa Komiya, Takashi Takeuchi, dan Etsumori Harada yang berjudul Lemon oil vapor causes anti-stress effect via modulating the 5-HT and DA activities in mice, menyebutkan bahwa penggunaan lemon essential oil pada percobaan tikus secara efektif dapat memberikan efek menenangkan dan meningkatkan mood dalam menjalani tiga jenis tes stres yang diberikan. Walaupun studi itu dilakukan terhadap tikus, tetapi kemampuan lemon essential oil diduga memiliki efek yang sama bagi manusia.

3. Peppermint essential oil

Daun Peppermint (Pexels.com/Cats Coming)

Jika kamu membutuhkan penyegaran dalam menjalani work from home, kamu bisa mencoba menggunakan peppermint essential oil. Peppermint essential oil berasal dari tanaman Mentha piperita, mengandung aroma mint yang kuat.

Studi berjudul Instant effects of peppermint essential oil on the physiological parameters and exercise performance oleh Abbas Meamarbashi, menyebutkan bahwa peppermint essential oil memiliki kemampuan menurunkan detak jantung dan sakit kepala, dimana kedua hal tersebut merupakan efek samping dari stress berat.

4. Rosemary essential oil

Rosemary (Pexels.com/Lachlan Ross)

Aroma rosemary essential oil dikenal baik sebagai minyak penjernih pikiran. Penelitian yang dilakukan oleh Winai Sayorwan, dkk berjudul Effects of Inhaled Rosemary Oil on Subjective Feelings and Activities of the Nervus System terhadap 20 peserta yang menjalani pengukuran autonomic nervous system (ANS), mengumumkan hasil pengujian inhalasi rosemary essential oil memberikan dampak baik untuk pikiran.

Kesimpulan penelitian tersebut menyebutkan bahwa rosemary essential oil memberikan stimulasi terhadap aktivitas gelombang otak, aktivitas system saraf otonom, dan juga berefek terhadap mood serta suasana hati. 

Baca Juga: 7 Essential Oil yang Baik untuk Meredakan Gejala Eksim

Verified Writer

Dita Anitya I

I love minimalism!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya