Comscore Tracker

Jangan Tertukar, Ini 5 Perbedaan Essential Oil dan Fragrance Oil

Keduanya bisa menenangkan

Apakah kamu termasuk salah satu pengguna essential oil atau fragrance oil? Jika iya, kamu perlu memperhatikan perbedaan antara keduanya.

Dilansir dari Bare Soaps dan Brambleberry, ini lima perbedaan essential oil dan fragrance oil agar gak keliru atau salah beli ya!

1. Essential oil terbuat dari bahan natural, sedangkan fragrance oil terbuat dari campuran senyawa sintetis

Jangan Tertukar, Ini 5 Perbedaan Essential Oil dan Fragrance Oilunsplash.com/@brookelark

Essential oil dan fragrance oil biasa disebut sebagai aroma oil. Namun, essential oil lebih natural karena murni terbuat dari ekstrak wewangian seratus persen tanaman atau buah-buahan, berwujud cair kental di suhu ruangan, dan mudah menguap.

Sedangkan fragrance oil merupakan campuran dari senyawa sintetis atau bahan alam yang dilarutkan dalam minyak pembawa dan memiliki aroma yang biasanya diambil untuk bahan kosmetik.

2. Essential oil tidak dapat diaplikasikan ke kulit, berbeda dengan fragrance oil

Jangan Tertukar, Ini 5 Perbedaan Essential Oil dan Fragrance Oilunsplash.com/@tiaraleitzman

Essential oil tidak dapat diaplikasikan langsung ke kulit karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit, kamu perlu mencampurkan essential oil dengan bahan lain jika ingin mengaplikasikannya ke kulit.

Oleh karena itu, essential oil biasa digunakan untuk menenangkan atau dijadikan sebagai aromaterapi serta dapat dijadikan sebagai obat karena memiliki sifat penyembuhan. Essential oil juga memiliki sifat antioxidant, antibakteri, dan antidepressant. 

Sedangkan, fragrance oil biasa digunakan untuk berbagai keperluan kosmetik dan kecantikan. Selain itu, jenis ini dapat diaplikasikan ke kulit sebagai massage oil atau treatment oil.

Baca Juga: 5 Essential Oil Ini Bisa Meredakan Nyeri Saat PMS, Wajib Stok di Rumah

3. Essential oil memiliki efek aroma terapi, namun tidak dengan fragrance oil

Jangan Tertukar, Ini 5 Perbedaan Essential Oil dan Fragrance OilUnsplash.com/@brucemars

Lavender dan peppermint merupakan varian essential oil yang sangat populer karena dapat memberikan efek tenang pada pikiran, memberikan rasa sejuk, segar, dan mengurangi rasa stres. Namun, varian lainnya tidak kalah menarik karena seluruh variannya memiliki khasiat yang hampir sama, yaitu memberikan efek therapeutic.

Fragrance oil berbeda dengan essential oil karena tidak memiliki efek therapeutic. Jika lavender bisa menjadi penyembuh luka bakar pada essential oil, maka berbeda juga penggunaannya dengan fragrance oil karena tidak memiliki healing properties dan hanya akan mengakibatkan iritasi.

4. Fragrance oil memiliki wangi yang lebih beragam, sedangkan essential oil masih sangat terbatas

Jangan Tertukar, Ini 5 Perbedaan Essential Oil dan Fragrance Oilunsplash.com/@kellysikkema

Aroma yang dimiliki oleh fragrance oil lebih beragam dan lebih menarik daripada essential oil karena digunakan untuk memberi aroma pada kosmetik dan perawatan tubuh. Sedangkan essential oil memiliki wewangian yang natural seperti daun, kayu, dan herbal, sesuai dengan bahan pembuatannya yang murni terbuat dari seratus persen bahan alam.

5. Essential oil relatif lebih mahal dibandingkan dengan fragrance oil

Jangan Tertukar, Ini 5 Perbedaan Essential Oil dan Fragrance Oilunsplash.com/@kellysikkema

Baca Juga: 6 Jenis Essential Oil Ini Ampuh Atasi Insomnia

Dari segi harga, essential oil relatif mahal dibandingkan dengan fragrance oil. Jika dilihat dari bahan dan khasiatnya, essential oil memiliki segudang manfaat yang tidak diragukan lagi.

Pasalnya, tidak hanya dijadikan sebagai aromaterapi, minyak jenis ini juga dapat dijadikan obat untuk berbagai masalah kesehatan.

Itulah lima perbedaan essential oil dan fragrance oil, keduanya memang memiliki wangi yang menenangkan, namun tidak keduanya memiliki sifat penyembuhan terapeutik.

Tuhfatussalisah Photo Verified Writer Tuhfatussalisah

Be your own kind of beautiful!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya