TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Ide Layout Dapur Sempit, Cocok Buat yang Punya Rumah Mungil

Ala-ala studio apartment 

Berbagai sumber

Kenyamanan dapur tidak boleh dilupakan dalam setiap rumah. Karena dengan dapur yang nyaman, kamu jadi semangat masak sendiri. Dengan masak sendiri, kamu bisa menabung untuk keperluan lain yang mungkin sedang kamu usahakan. 

Nah, ada baiknya nih kamu mulai memikirkan membuat dapur atau merenovasi dapur untuk rumah atau apartemen mungilmu. Berikut beberapa inspirasi dapur yang cocok untuk rumah mungil.

1. Kompor dan talenan dalam satu meja, hemat banyak tempat

instagram.com/apartmenttherapy

Cukup satu meja besar yang cukup mewadahi kompor dan talenan kamu. Bawahnya tetap pergunakan jadi laci untuk menyimpan perkakas dapur. Praktis untuk memasak makanan-makanan yang mudah dibuat. 

2. Gunakan rak troli dan meja makan portable, bisa dipindah ke pojokan saat tidak dipakai

instagram.com/apartmenttherapy

Rak troli dan meja makan portable bisa kamu pindah-pindah sesuai kebutuhan. Lipat dan letakkan di pojokan saat tidak dipakai. Praktis dan tak makan banyak tempat. 

Baca Juga: 5 Desain Kabinet Dapur Unik, Pasti Jadi Favorit buat yang Hobi Masak

3. Mini bar sekaligus meja makan, optimalkan fungsi meja sempit panjang ini

instagram.com/apartmenttherapy

Tak perlu meja makan besar, cukup meja panjang dan sempit ini yang bisa kamu manfaatkan sebagai minibar sekaligus meja makan. Cocok nih buat yang masih single, tak perlu yang berukuran besar. 

4. Gunakan dominasi warna putih untuk kesan luas di dapur yang sempit

instagram.com/apartmenttherapy

Warna putih bisa membuat ruangan tampak lebih luas dan ringkas, seperti dapur petak ini. Risikonya, jangan malas buat membersihkannya secara rutin, ya. 

5. Dapur memanjang yang hype karena perpaduan warnanya pas

instagram.com/apartmenttherapy

Hanya punya ruangan memanjang, jadikan perpaduan rak-rak penyimpanan di bagian atas dan bawah meja. Perpaduan warna yang hype seperti di atas bisa bikin dapur memanjang biasa tampak lebih keren. 

6. Jendela bisa bikin dapur sempit terlihat lebih lapang

instagram.com/suolamaella

Jika memungkinkan, lengkapi dapurmu dengan jendela seperti ini agar kesan lapang pun bisa tercipta. Kesan vintage dapur ini dapet banget, meski warnanya yang dipilih terkesan kusam ia tetap terlihat menawan, bikin rajin masak. 

Baca Juga: Pilihan Bagi Keluarga Baru! Ini 7 Inspirasi Dapur Konsep Scandinavian

Verified Writer

Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya