TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Penempatan Furnitur Berdasarkan Feng Shui agar Lebih Nyaman

Jangan letakkan tempat tidur sejajar dengan pintu

ilustrasi posisi tempat tidur sesuai prinsip Feng Shui (unsplash.com/Spacejoy)

Feng shui adalah praktik Cina kuno tentang memanfaatkan kekuatan energi alami (dikenal sebagai chi) dalam menata benda, bangunan, dan ruang untuk membawa kenyamanan dan harmoni. Menguasai seni penempatan furnitur feng shui akan memastikan rumah yang kamu tempati adalah tempat yang lebih bahagia untukmu dan keluarga. 

Berikut adalah lima item furnitur penting dan cara mengatur penempatannya menggunakan prinsip-prinsip feng shui.

1.  Tempat tidur

ilustrasi posisi tempat tidur sesuai prinsip Feng Shui (unsplash.com/Spacejoy)

Tempat tidur adalah furnitur terpenting di feng shui karena mewakili kesejahteraan dan kesehatan secara keseluruhan. Kamu menghabiskan banyak waktu di tempat tidur, oleh sebab itu posisi tempat tidur membuat dampak besar pada energimu. 

Lokasi terbaik untuk tempat tidur adalah dalam posisi memerintah, dimana kamu dapat melihat pintu kamar saat berbaring di tempat tidur. Posisi memerintah ini akan membantumu merasa tetap tenang dan nyaman karena pada tingkat bawah sadar dapat menyadari apa pun yang mungkin datang ke arahmu. 

Posisi memerintah bukan berarti tempat tidurmu harus sejajar dengan pintu, justru hal ini tidak diperbolehkan dalam aturan feng shui. Jika tempat tidurmu berhadapan langsung dengan pintu dan tidak mungkin dipindah, maka gantung bola kristal feng shui di antara tempat tidur dengan pintu. 

Namun, jika kamu memiliki kamar tidur yang cukup kecil sehingga tidak memungkinkan untuk memposisikan tempat tidur di posisi memerintah, maka cermin adalah solusinya. Letakkan cermin di mana kamu dapat melihat pantulan pintu dari tempat tidurmu. 

Baca Juga: 10 Tips Dekorasi Rumah dengan Feng Shui untuk Pemula

2. Sofa

ilustrasi penempatan sofa dengan prinsip Feng Shui (unsplash.com/Vakhtbovych)

Sofa biasanya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga dan mewakili harmoni rumah karena menjadi tempat untuk berkumpulnya keluarga. Untuk penempatan sofa feng shui terbaik, posisikan dalam pengaturan yang memungkinkan setiap anggota keluarga duduk dengan nyaman. Sofa berbentuk L adalah pilihan yang bagus untuk ide tempat duduk karena berfungsi untuk meningkatkan aliran percakapan. 

Posisi optimal sofa adalah bersandar pada dinding yang kokoh untuk memberikan perasaan aman. Hindari meletakkan sofa di tengah ruangan karena dapat menyebabkan orang menjadi tegang.

3. Televisi

ilustrasi televisi (unsplash.com/Jens Kreuter)

Bagi sebagian besar keluarga, televisi adalah alat penting untuk menghibur anak-anak, membantu orang dewasa bersantai, dan memfasilitasi malam film yang menyenangkan. Dalam feng shui, perangkat elektronik diyakini memancarkan energi yang  mengganggu. Oleh karena itu, televisi disarankan diletakkan jauh dari kamar tidur. 

Tempat terbaik untuk meletakkan televisi adalah di dalam ruang keluarga. Televisi yang diposisikan di sisi utara ruangan akan membawa keberuntungan dalam karier, sementara yang diposisikan di selatan ruangan akan meningkatkan peluang ketenaran dan rasa hormat. 

Ketika televisi tidak digunakan, sebaiknya letakkan penutup di atasnya untuk menghilangkan efek cermin negatif. Artinya, jika televisi mati, itu dapat berubah menjadi cermin yang tidak disengaja akan mencerminkan kekacauan, yang dapat memberikan chi buruk di ruangan. 

4. Meja kerja

ilustrasi penempatan meja kerja sesuai prinsip Feng Shui (unsplash.com/Spacejoy)

Meja kerja di rumah akan mewakili karier dan kemakmuran, sehingga penempatannya  harus diberi perhatian ekstra. Sama seperti tempat tidur, meja kerja harus berada dalam posisi memerintah di dalam ruangan, dimana kamu dapat melihat pintu masuk ruangan saat duduk di depan meja kerja. 

Jika tidak memiliki ruang untuk mengatur meja dengan cara ini, maka gunakan cermin dan posisikan sehingga kamu dapat melihat pintu masuk ke ruangan. Meja kerja juga tidak boleh berhadapan langsung dengan pintu masuk, kecuali jika kamu menggantung kristal feng shui di tengah-tengah antara pintu dan meja kerjamu.

Meja kerja yang menghadap ke dinding juga kurang baik menurut prinsip feng shui. Terakhir, hindari meletakkan meja di posisi dimana kamu membelakangi pintu masuk ruangan. 

Baca Juga: 7 Tips Feng Shui untuk Rumah dan Apartemen Sempit

Verified Writer

Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya